Iklan
Oleh: masshar2000 | 21 Juni 2016

Tepat Malam Ini , Malam Nuzulul Qur’an

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Sebagai umat muslim tentunya kita akan selalu ingat akan malam 17 atau malam Nuzulul Qur’an.

Perlu diketahui bahwa malam ini kita selaku umat Islam telah memasuki bulan Ramadhan hari yang ke 17. Bukan rahasia lagi bahwa pada hari ini merupakan hari yang paling bersejarah untuk perjalanan kitab suci Al Qur’an.
Tepat pada hari ini, pada 14 abad silam terjadi salah satu sejarah besar bagi umat Islam yaitu peristiwa Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran merupakan awal mula dari Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril untuk disampaikan kepada nabi tercinta umat Islam yakni Nabi Muhammad SAW. Hingga saat ini peristiwa tersebut telah dinamai dengan peristiwa Nuzulul Quran.

Secara harfiah, pengertian dari Nuzulul Qur’an adalah turunnya Al Qur’an sebagai istilah yang merujuk terhadap betapa peristiwa penting terkait dengan turunnya wahyu dari Allah SWT pertama kepada nabi dan rasul paling akhir, Muhammad SAW.

Pertama kali wahyu diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada Nuzulul Qur’an yaitu surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5. Pada saat wahyu tersebut diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang menyendiri pada sebuah gua yang bernama gua Hira. Waktu itu secara tiba-tiba malaikat Jibril datang untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Ternyata tidak ada malam yang sangat istimewa para perjalanan Islam keculai pada malam ini yaitu malam Nuzulul Qur’an. Tepat pada malam inilah terkumpul berbagai macam peristiwa yang sangat penting, istimewa sebagai pedoman dan penuntun bagi umat masnusia yakni Al Qur’an Al- Karim.

Tidak hanya itu, turunnya Al-Quran yang tepat pada bulan puasa ini juga banyak riwayat yang mengatakan bahwa pada malam ini adalah malam seribu bulan atau yang sering disebut dengan malam Lailatul Qadar.Beberapa riwayat juga mengatakan malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil setelahnya.

Nuzulul Qur’an bukan hanya sebuah kisah nyata yang tidak berarti. Kita sebagai umat Islam harus bisa meneladani apa yang ada di dalam kandungan Al Qur’an tersebut dengan cara mempelajari Al Qur’an, membaca serta mengamalkannya. Nuzulul Qur’an merupakan sebuah bukti nyata jika diantara Al Qur’an dan Nabi Muhammad SAW merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan.

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum, ….

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: