Lewis Hamilton Juara GP Austria , Rio Finish Ke-16

image

M2000 – Mengawali start bagus , Lewis Hamilton akhirnya meraih kemenangan dramatis dalam balapan GP Austria. Pebalap Mercedes itu menyalip rekan setimnya, Nico Rosberg, di lap terakhir untuk memenangi lomba.

Dalam balapan sepanjang 71 lap di Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (3/7/2016), Hamilton yang start dari posisi terdepan menyentuh garis finis dalam waktu 1 jam 27 menit 38,107 detik.

Setelah disalip Hamilton, Rosberg yang mengalami kerusakan pada sayap depan mobilnya melambat. Dia akhirnya harus puas finis keempat.

Posisi kedua jadi milik pebalap Red Bull, Max Verstappen. Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, melengkapi podium setelah finis di posisi ketiga.

Tim Manor Racing mendapatkan hasil gemilang dalam balapan di Austria. Mereka untuk pertama kalinya pada musim ini mendapatkan angka setelah Pascal Wehrlein finis di posisi kesepuluh.
Ya inilah point pertama tim Manor setelah 5 tahun berkirah.

Sementara , Pembalap Indonesia yang juga rekan setim Wehrlein, Rio Haryanto, harus puas finis di posisi ke-16 tanpa mengemas point.

Jalannya Race

Hamilton yang mengawali start terdepan dan tak membuat kesalahan saat start. Dia berhasil mempertahankan posisinya di tikungan pertama dan tetap memimpin lomba hingga akhir lap pembuka. Jenson Button naik ke posisi kedua, disusul Raikkonen, sementara Nico Hulkenberg turun ke posisi keempat. Di posisi kelima ada Rosberg.

Pada lap 6, Rosberg mengambil alih posisi keempat dari tangan Hulkenberg. Posisi Hulkenberg kemudian terus melorot setelah dia disalip Verstappen, Vettel, dan Ricciardo.
Raikkonen melewati Button untuk menempati posisi kedua di lap ke 7. Rosberg juga berhasil menyalip Button dan berada di posisi ketiga.

Rosberg melakukan pitstop pada akhir lap 10. Hal tersebut membuat posisinya turun ke urutan ke-15 saat dia keluar dari pit.

Bagaimana dengan Rio ?
Pada lap ke-15, dia menempati posisi ke-13 dengan ban soft. Sementara itu, Wehrlein yang sempat berada di posisi keenam harus masuk pit lebih dulu karena dia memakai ban ultrasoft.
Pada lap ke-19, Rio turun ke posisi ke-16, sementara Wehrlein tepat berada di belakangnya.

Hingga lap ke-21, Hamilton masih memimpin jalannya lomba. Dia diikuti oleh Raikkonen, Vettel, dan Rosberg. Pada lap berikutnya, Hamilton masuk pit. Posisi terdepan pun diambil alih oleh Raikkonen. Sementara Hamilton turun ke posisi keempat.

Tak berselang lama, Raikkonen gantian masuk pit. Vettel pun sekarang memimpin balapan, disusul Rosberg, Hamilton, dan Verstappen, Ricciardo, dan Raikkonen.

Bendera kuning dikibarkan pada lap ke-27. Vettel yang sedang berada di posisi terdepan mengalami insiden. Ban kanan belakang mobilnya meletus dan dia menabrak dinding. Vettel tak mengalami cedera, tapi dia tak bisa meneruskan balapan.

Insiden yang dialami Vettel membuat safety car keluar. Sebagian pembalap memanfaatkan situasi ini untuk masuk pit. Rosberg sementara berada di posisi terdepan, diikuti Hamilton, Verstappen, Ricciardo, dan Raikkonen. Setelah safety car meninggalkan trek pada lap ke-32, para pembalap bisa kembali menggeber mobil mereka.

Pada lap ke-45, Wehrlein menyalip Rio untuk merebut posisi ke-17. Rio pun turun ke posisi ke-18. Di barisan depan, Rosberg masih memimpin lomba, diikuti Hamilton, Verstappen, Ricciardo, dan Raikkonen.

Hamilton masuk pit pada lap ke-55 dan keluar dari pit di posisi ketiga. Pada lap berikutnya, giliran Rosberg yang masuk pit dan ketika keluar pit dia masih berada di depan Hamilton.

Rosberg terlibat pertarungan sengit dengan Verstappen di lap ke-61. Dia akhirnya berhasil merebut posisi terdepan dari tangan Verstappen. Sementara Hamilton masih berada di posisi ketiga.

Di barisan belakang, Rio turun ke posisi ke-20. Sementara itu, Wehrlein terus merangsek ke depan dan menempati urutan ke-12 pada lap ke-61. Akan tetapi, Rio kemudian naik ke posisi ke-17 setelah Felipe Massa, Fernando Alonso, dan Hulkenberg tak bisa meneruskan balapan.

Hamilton berhasil menyalip Verstappen pada lap ke-63 dan merebut posisi kedua. Dia tertinggal 1,6 detik di belakang Rosberg. Menjelang akhir balapan, Hamilton memangkas jarak dengan Rosberg menjadi di bawah 1 detik.

Pada lap terakhir, Rosberg dan Hamilton terlibat pertarungan sengit. Mobil keduanya bahkan sempat bersenggolan, yang menyebabkan sayap depan mobil Rosberg rusak.

Kerusakan itu membuat Rosberg sedikit melambat. Dia akhirnya cuma bisa finis keempat usai dilewati Verstappen dan Raikkonen. Sementara itu, Hamilton tak terhentikan dan berhasil menyentuh garis finis paling depan.

Berikut hasil GP Austria:

image

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s