Kudeta Militer Turki Gagal , 1500 Tentara Ditangkap

image

M2000 – Kudeta militer Turki yang berupaya menggulingkan kekuasaan Presiden Erdogan , ternyata hanya berlangsung sehari.
Namun , upaya militer Turki yang terpecah belah akhirnya gagal karena hanya sebagian kecil saja militer yang ikut kudeta.
Terlebih seluruh rakyat masih mendukung pemerintahan Erdogan .

Seperti diberitakan , kudeta terjadi saat presiden Erdogan melakukan kunjungan keluar negri .
Erdogan pun memerintahkan agar rakyat turun ke jalan .Rakyat menggunakan seluruh masjid di seantero Turki untuk menyiarkan penggagalan kudeta dengan turun kejalan menentang kudeta.
Alhasil jutaan rakyat Turki turun ke jalan untuk menggagalkan upaya kudeta dan berhasil.

Merasa tidak mendapat dukungan , militer yang melakukan kudeta akhirnya menyerah . Seperti tampak dalam foto , rakyat yang turun ke jalan menghakimi militer yang melakukan kudeta.

image

image

image

image

Sedikitnya 2800 orang ditangkap termasuk 1.500 personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta Turki ditangkap. Sementara 5 jenderal dan 29 kolonel diberhentikan dari jabatannya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (16/7/2016), kudeta ini menelan 181 korban tewas .Sebagian besar warga sipil dan sebagian lainnya polisi yang terlibat baku tembak dengan tentara.

Pendukung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merayakan kesuksesan memukul mundur kelompok militer yang berupaya melakukan kudeta di Istanbul. Mereka mengibarkan bendera Turki.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armananta Nasir menyampaikan, 60 warga Indonesia yang sempat terjebak di Bandara Atatturk, Istanbul, dalam kondisi selamat.

Setelah pertempuran sepanjang malam, kini suasana di Istanbul kembali tenang. Beberapa warga sudah mulai beraktivitas pada Sabtu pagi.

Kendaraan berat juga dikerahkan untuk mengangkut truk militer dan tank yang ditinggalkan pasukan militer pemberontak setelah mereka menyerahkan diri.

Ya, Kudeta militer ini ternyata gagal setelah mendapat perlawanan dari rakyat Turki yang turun ke jalan-jalan. Selain itu, sebagian besar pasukan militer lainnya juga tidak mendukung kudeta tersebut.
Padahal sebelumnya , pada jum’at malam militer sudah mengatakan menguasai keadaan dan merasa menang melalui saluran radio pemerintah yang juga sudah dikuasai.

Selamat buat Mr. Erdogan …anda pemimpin yang luar biasa ..dicintai rakyat seantero negri.

Simak videonya,

Baca juga : Kudeta Militer Turki , presiden Erdogan siap untuk mati

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s