Pemprov Sumsel Siapkan Sirkuit MotoGP Di Pinggir Danau

image

M2000 – Setelah sirkuit Sentul dinyatakan gagal menggelar MotoGP di tahun 2017 , pemerintah berniat membangun sirkuit baru agar gelaran MotoGP benar-benar terlaksana di Indonesia.

Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan , pemerintah berencana untuk membangun sirkuit MotoGP di pinggir danau.
Sirkuit itu akan menyusuri danau ski air Jakabaring Palembang. Pemerintah Provinsi sudah menyiapkan areal tersebut.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, Pemprov Sumsel merencanakan membangun sirkuit motorGP yang lokasinya berada di seputaran danau tempat pertandingan ski air.
Secara keseluruhan lahan yang disiapkan 120 hektare dan perencanaanya sudah disiapkan, ujar dia.
Lebih lanjut Alex mengatakan, masterplannya sudah dikirim untuk melengkapi persyaratan pembangunan sirkuit tersebut.

“Untuk pembangunannya Pemerintah Provinsi Sumsel akan menggandeng pihak ketiga, karena biaya pembangunan sirkuit motoGP itu cukup besar sehingga perlu investor”, kata dia dilansir Antara.

Pembangunan sirkuit itu diperkirakan selesai selama dua tahun.
Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan, selain masterplan, Dinas PU Cipta Karya juga sudah menyiapkan desain serta semua persyaratan lainnya.
Selain itu juga akan disiapkan infrastruktur yang mendukungnya di antaranya akses transportasi.

Sebelumnya, Menpora siap memberikan rekomendasi MotoGP Palembang, mereka telah menyiapkan rencana membangun sirkuit baru.

Jelas sudah , Indonesia tak bisa memenuhi target menyiapkan sirkuit yang layak dipakai MotoGP 2017 lewat Sentul , maka yang potensial dikejar adalah penyelenggaraan MotoGP 2018 yaitu di Palembang.

Selain mendapatkan lampu hijau dari Dorna Sports selaku operator MotoGP, pemerintah juga menyatakan kesiapan menjadi fasilitator.

Meskipun secara jarak dan kemungkinan tidak akan seramai Sentul karena jauh dari ibukota , namun Palembang memang dirasa cocok untuk gelaran Internasional sekelas MotoGP , juga karena hanya Pemprov Sumsel lah yang selama ini menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah MotoGP .

Kalau menurut M2000 sih , secara geografis Yogyakarta atau Solo sebenarnya lebih cocok untuk dibangun sirkuit Internasional , selain karena aksesnya juga lebih mudah karena memang dekat dengan bandara Internasional , Solo juga sudah beberapa kali menggelar event berkelas Internasional .

Ya , pokok’e entah dimanapun dibangunnya sirkuit nanti , yang penting MotoGP wajib di gelar di Indonesia …dan pemerintah harus serius menangani ini , jangan sampai gagal lagi.

image

Ini kata Marquez

Bagaimana menurutmu bro ?

Library : tribunnews

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s