Benarkah Malam Jum’at Angker , Begini Pandangan Islam

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Kita mungkin seringkali mendengar tentang kisah atau cerita keangkeran malam jum’at .
Pernahkah kita menyaksikan atau mengalami sendiri keangkeran malam jum’at , atau jangan-jangan hanya cerita saja . Atau malam-malam lain juga sama angkernya , kenapa harus malam jum’at ?

Beberapa televisi swasta seringkali menayangkan program ‘reality show’ dengan konsep mengupas alam gaib. Kebanyakan, pada program tersebut dinyatakan bahwa pengambilan gambarnya dilakukan pada malam Jumat.
Hal ini secara tidak langsung sebuah usaha menanamkan pola pikir, bahwa malam Jumat itu angker, banyak setan bergentayangan.

Padahal, dalam pandangan Islam, justru malam Jumat itu malam yang paling mulia.
Lantas bagaimana Islam memandang malam jum’at ?

Hal ini, sesuai dengan pendapat Imam Jafar Ash-Shadiq (sa) yang menyatakan, “Barangsiapa yang mati di antara matahari tergelincir hari Kamis hingga matahari tergelincir hari Jum’at, Allah melindunginya dari siksa kubur yang menakutkan.”

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda, “Sesungguhnya malam Jum’at dan harinya adalah 24 jam milik Allah Azza wa Jalla. Setiap jamnya ada enam ratus ribu orang yang diselamatkan dari api neraka.”

Begitulah fakta yang sebenarnya, namun justru media televisi mengaburkannya. Upaya menjadikan malam Jumat sebagai malam yang menyeramkan tentu sebuah pendangkalan akidah Islam.
Padahal kebermanfaatan beribadah pada malam Jumat ternyata begitu luar biasa. Oleh sebab itu, sebagai umat muslim kita mesti berhati-hati dengan propaganda yang disebarkan media tak bertanggungjawab.

Bahkan secara tegas Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari Jum’at adalah penghulu semua hari, di dalamnya Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar.

Hari Jum’at adalah hari Allah menambah jumlah orang-orang yang dibebaskan dari neraka. Tidak ada seorang pun manusia yang memohon perlindungan di dalamnya dan ia mengenal hak-Nya serta yang diharamkan-Nya, kecuali Allah berhak membebaskan dan menyelamatkan ia dari neraka.

Bagi anda yang biasa begadang , pasti akan merasakan sama saja malam jum’at dengan hari-hari lain , hanya yang membedakan adalah kalau tiap malap jum’at jarang orang keluar malam , tidak banyak lalu lalang di jalan , jadi mungkin itu yang menyebabkan malam jum’at jadi sepi , hening dan anda merasa takut karena kesunyiannya.

Apakah anda masih belum percaya ?
Bukankah setiap malam jum’at , umat muslim disekitar anda tetap berani keluar rumah dan justru mengadakan yasinan atau semacamnya.
Jadi percayalah malam jum’at tidaklah se-angker yang anda kira , sama saja dibanding hari-hari lain , justru banyak berkah dimalam ini.

Kalau anda masih belum percaya , berarti anda masih beranggapan malam jum’at adalah malam minggunya makluk gaib , sehingga pada keluyuran.

Semoga bermanfaat ,

Wassallamu’allaikum…

Library : islampos

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s