Besuk , 6 Agustus Malam Minggu Matikan Lampu Dan Kita Lihat Pemandangan Menakjubkan Alam Semesta

image

M2000 – Kita semua tahu , bumi tempat kita berpijak yang di huni milyaran manusia ini hanyalah kecil seperti butiran debu , bahkan tidak lebih besar dari bintang kecil yang biasa kita lihat setiap malam.

Alam semesta memang sangat luas dan tidak akan terjangkau akal pikiran manusia , percayala semua yang kita tahu hanyalah metode kira-kira yang didengung-dengungkan para ahli dan dipatenkan dan anda harus setuju.

Saat melihat alam semesta, kita pasti bertanya, mengapa langit malam begitu gelap. Kerlap kerlip bintang pun tampak sangat kurang. Ada rasa tidak puas dalam diri.
Anda mau rasa tidak puas itu hilang?
Coba besuk matikan lampu rumahmu pada Sabtu, 6 Agustus. Iya, malam Minggu besuk 6 agustus 2016.

Pada malam Minggu itu, akan ada hal menakjubkan yang diakui akan memanjakan mata kita.
Seperti dilansir dari Kompas.com, menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, jika warga mampu ikutin gerakan ini, maka keajaiban akan tampak secara kasat mata.

image

Pemandangan "Segitiga Musim Panas".

Ya, trio yang terdiri dari bintang Vega, Deneb dan Altair membentuk segitiga. Ketiga bintang ini merupakan gugusan legendaris yang dalam bahasa Jepang disebut Ginga atau Gingga. Seluruh Indonesia, menurut Thomas akan dapat melihat dengan mata telanjang rasi bintang lainnya.

Angsa (Cygnus), Salib Selatan (Crux) dan Kalajengking (Scorpio). Selain itu, pada Sabtu malam tersebut kita juga bisa melihat Mars, Saturnus dan bintang Raksasa Merah Antares yang juga membentuk segitiga.

Saturnus sendiri jarang terlihat di tengah cahaya di kota-kota. Maka, dengan gerakan mematikan lampu ini akan mengurangi terpaan cahaya. Menurut Thomas, paling tidak setitik cahaya Saturnus akan terlihat. Meski begitu, untuk melihat cincinnya harus menggunakan telekop.

Thomas juga menjelaskan, gerakan “Malam Langit Gelap” ini digunakan untuk atasi polusi cahaya yang bukan hanya untuk mengamati keindahan langit, tapi juga sebagai langkah riset.
Thomas menambahkan kalau 80 persen wilayah Bumi telah dilanda polusi cahaya.

Penelitian astronomi yang dimaksud Thomas pun penting bagi eksistensi manusia. Hasil riset ini dapat menguak dunia baru sekaligus memberikan makna baru bagi kehidupan di Bumi. Pengurangan polusi juga membuat manusia lebih sehat.

Alasan terakhir juga karena pada tanggal 6 Agustus juga bertepatan dengan Hari Keantariksaan. Kemudian, hal ini juga terkait musim kemarau Agustus yang berpeluang untuk menunjukkan langit cerah bertabur bintang.

Nah, apakah anda tertarik untuk menyaksikan bintang-bintang indah dari alam semesta?
Yuk ikuti gerakan “Malam Langit Gelap” besok.

image

Jangan lupa matikan lampu diluar ruangan , karena dengan kondisi gelap , maka pemandangan langit akan tampak lebih indah , atau ke tengah lapangan aja , bisa juga ke tengah area persawahan .
Ingat ya …jam 8-9 malam saja …jangan terlewat !

Iklan

One thought on “Besuk , 6 Agustus Malam Minggu Matikan Lampu Dan Kita Lihat Pemandangan Menakjubkan Alam Semesta

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s