Iklan
Oleh: masshar2000 | 12 Agustus 2016

Jihadnya Perempuan , Ya Haji Mabrur

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Jihad Fisabilillah atau berjuang di jalan Allah SWT merupakan perkara yang wajib dilakukan.
Jihad walaupun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara menurut hadist , tapi oleh sebagian besar orang , jihad identik dengan perang atau mengangkat senjata atau membantu dengan harta jika tidak mampu kemedan perang.
Ada pepatah mengatakan ” Hidup mulia atau mati syahid “.

Mati syahid atau gugur sebagai syuhada adalah dambaan setiap muslim yang benar-benar cinta dengan agamanya saat maju ke medan laga, karena inilah golongan utama yang akan masuk surga.
Seorang muslim memang harus rela mengorbankan harta dan nyawanya dalam membela kebenaran. Ia harus berani dan kuat dalam memberantas ketidak adilan di muka bumi ini. Hanya saja, biasanya orang yang berjihad di medan pertempuran dilakukan oleh kaum lelaki. Lalu, bagaimana dengan perempuan?

Tidak berjihad, bukan berarti menutup peluang bagi perempuan untuk memperoleh kedudukan tinggi di hadapan Allah SWT. Ia juga bisa melakukan jalan jihad yang lain selain berperang.
Apakah itu?

Ibadah merupakan jalan yang bisa ditempuh bagi seorang perempuan untuk menggapai ridho Allah SWT.
Nah, salah satu jenis ibadah yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan ialah haji.

Apakah itu?
Arti haji menurut bahasa, melaksanakan suatu pekerjaan yang agung. Sedang arti haji menurut syara’, beberapa amal tertentu yang dilaksanakan pada waktu tertentu, di tempat tertentu dan dengan cara-cara tertentu, seperti thawaf, sa’i, wuquf di Arafah, dan semua manasik haji yang diajarkan Rasulullah ﷺ dalam memenuhi perintah Allah dan mengharap keridhaan-Nya.

Haji adalah salah satu rukun di antara rukun Islam yang lima. Dan termasuk salah satu kewajiban di antara semua kewajiban yang harus dipelajari.
Mengerjakan haji wajib atas semua muslim dan muslimah berdasarkan dalil dari Quran, sunnah dan ijma’.

Allah SWT berfirman, “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Siapa-siapa yang mengingkari (kewajiban haji tersebut), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam,” (QS. Ali Imran: 97).

BACA JUGA : Ini syarat-syarat yang harus dipenuhi calon jamaah haji

Rasulullah ﷺ bersabda, “Islam dibangun di atas lima, kesaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, haji ke Baitullah dan puasa di bulan Ramadhan,” (Muttafaq alaih).

Umat Islam sepakat (ijma’) mengatakan, ibadah haji itu wajib. Dan siapa yang mengingkarinya itu kafir. Pelaksanaan haji ini wajib dilakukan sekali seumur hidup.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, katanya, “Rasulullah ﷺ berkhutbah di hadapan kami, lali beliau bersabda, ‘Hai manusia, diwajibkan atas kamu haji!’ Maka, berdirilah Al-Aqra bin Habis seraya berkata, ‘Apakah harus setiap tahun, ya Rasulullah?’

Jawab Rasulullah, ‘Seandainya aku katakan ya, niscaya dia wajib dilakukan. Dan sendainya dia diwajibkan setiap tahun, Anda tidak akan mampu dan tidak akan sanggup mengerjakannya. Haji hanya diwajibkan satu kali. Siapa yang mengerjakan lebih dari satu kali, maka dia itu mengerjakan yang sunnah (tathawwu’)’.”

Melalui perintah berhaji inilah seorang perempuan bisa berjihad. Dan jihad seorang perempuan ialah untuk menjadi haji yang mabrur. Yang dapat melaksanakan semua proses haji dengan baik sesuai tuntunan dalam syariat Islam. Pelaksanaannya dilakukan dengan penuh kesungguhan karena hanya ingin menggapai ridho Allah SWT.

Jadi, tunggu apalagi ?
Selagi Allah memberikan kecukupan dan kekuatan bagi Anda untuk berangkat ke Baitullah, jangan tunda lagi. Jadilah perempuan yang bejihad untuk memperoleh haji yang mabrur.

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum…

Library : fiqih perempuan , islampos

Iklan

Responses

  1. Mantap mon http://www.otofery.com/2016/08/modifikasi-gl-series-tigermega-pro-160.html?m=0

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: