Iklan
Oleh: masshar2000 | 26 Agustus 2016

4 Tingkatan Rejeki Menurut Islam

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Rejeki seseorang memang tidak ada yang tahu , ada yang sudah berusaha mati-matian , namun rejeki tak kunjung datang , namun ada pula yang baru memulai usahanya namun rejeki mengalir begitu deras.
Pun begitu seseorang tidak boleh berprasangka buruk kepada Allah , karena bisa jadi kegagalan yang dialami sesorang hanya ujian yang diberikan sebelum dilimpahkannya rejeki yang sesungguhnya .
Simaklah salah satu hadist Qudzi ” Aku Sebagaimana Prasangka Hambaku “.
Jadi selalu berprasangkalah baik kepada Allah .

Karena rezeki merupakan salah satu hal yang menjadi rahasia Allah SWT sama halnya dengan jodoh dan kematian, sehingga misteri datangnya rezeki tidak dapat diungkap oleh semua makhluk di dunia ini.
Rezeki tidak hanya dipandang berupa materi tetapi kesehatan dan kebahagiaan juga merupakan rezeki yang nilainya jauh lebih tinggi , yang mungkin tidak pernah kita sadari.

Setiap makhluk di dunia ini telah dijamin rezekinya oleh Allah SWT sehingga semua dapat hidup dengan baik. Rezeki dapat berupa kesehatan, kebahagiaan, dan harta yang mereka miliki, namun yang sering diincar oleh manusia adalah rezeki berupa materi yaitu harta kekayaan.
Besar kecilnya rezeki berupa materi tidak tergantung dari tingginya pendidikan seseorang, kecerdasan otak, atau asal usul keluarga ningrat karena Allah SWT memberikan rezeki sesuai dengan yang dikehendaki-Nya.

Dalam Ihya’ Ulumuddin yang ditulis oleh Imam Al-Ghazali telah dijelaskan bahwa Allah SWT memberikan rezeki kepada makhluk yang dikehendakinya bukan berdasarkan tingkat kecerdasan otaknya karena jika hal ini terjadi maka keyakinan manusia kepada Allah SWT akan goyah.

Dalam QS. Ar-Ra’d ayat 26 telah dijelaskan bahwa Allah SWT maha pemberi rezeki kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan rezeki siapapun yang dikehendaki-Nya juga. Rezeki merupakan sesuatu yang sangat rahasia dan tidak dapat diprediksi oleh manusia, tetapi ada beberapa hal yang dapat mempercepat datangnya rezeki…utamanya adalah selalu bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan .
Maka Nikmat Tuhanmu manalagi yang kau dustakan “.( QS. Ar-Rahman 55 )

image

Ada empat tingkatan rezeki yang diberikan Allah SWT untuk makhluk-Nya, diantaranya adalah:

1. Rezeki tingkat pertama
Dalam QS. Hud ayat 6 dijelaskan bahwa Allah SWT telah menjamin rezeki semua makhluk yang ada di bumi yaitu berupa makan, minum, dan kesehatan. Jadi tidak ada makhluk di dunia ini yang kekurangan makan atau minum.

2. Rezeki tingkat kedua
Rezeki selanjutnya adalah rezeki yang diberikan sesuai dengan apa yang diusahakan atau apa yang telah dikerjakan oleh manusia. Jadi jika seseorang bekerja dengan lebih giat dan rajin maka dia akan memperoleh rezeki yang lebih besar juga sesuai dengan porsi pekerjaan yang telah dikerjakannya, inilah sebab-sebab datangnya rezeki.
Rezeki ini tidak memandang manusia tersebut seorang muslim atau kafir. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. An-Namj ayat 39 bahwa manusia akan memperoleh rezeki sesuai dengan yang telah diusahakannya.

3. Rezeki tingkat ketiga
Rezeki untuk tingkatan yang ketiga adalah rezeki bagi seorang hamba yang disayangi Allah SWT. Allah SWT akan menambah rezeki seorang hamba yang selalu bersyukur dan akan memberikan azab yang pedih bagi seorang hamba yang mengingkari semua rezeki yang telah diterimanya.
Seseorang yang selalu bersyukur akan lebih tentram dan bahagia, selain itu semua kebutuhannya akan selalu dicukupkan oleh Allah SWT sehingga mereka tidak pernah merasa kekurangan. Berbeda dengan seseorang yang tidak pernah bersyukur maka meskipun telah memiliki harta melimpah maka dirinya masih merasa kekurangan hingga melakukan perbuatan kriminal seperti korupsi. Inilah penghambat datangnya rezeki yang harus diketahui oleh setiap muslim. Penjelasan ini sesuai dengan QS. Ibrahim ayat 7.

4. Rezeki tingkat keempat
Rezeki selanjutnya adalah rezeki yang hanya diperuntukkan bagi setiap manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Setiap hamba yang bersungguh-sungguh beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT maka Allah SWT menjamin rezekinya di dunia dan jaminan surga kelak di akhirat. Sungguh beruntung bagi setiap muslim yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dengan sepenuh hati. Hal ini sesuai dengan QS. At-Thalaq ayat 2-3.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan , karena rejeki sudah diatur dan sudah ditetapkan , maka tidak sepantasnya kita iri dengan orang lain yang mungkin rejekinya lebih melimpah dari kita.
Selalulah bersyukur , karena dengan begitu Allah akan menambahkan rejeki dan nikmat dan rejeki kepada kita.
Berbahagialah anda jika pandai bersyukur .

Maka nikmat Tuhanmu manalagi yang kau dustakan …”

image

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum….

Library : kumpulan misteri

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: