Iklan
Oleh: masshar2000 | 21 September 2016

Kenapa Harus Ada Tax Amnesty …Karena Kekayaan WNI Diluar Negri Mencapai 3.250 Triliun

image

M2000 – Tax Amnesty atau pengampunan pajak memang harus ada , setidaknya itu adalah iming-iming dari pemerintah untuk menarik dana atau uang para WNI kaya raya agar menyimpan uangnya di negri ini, tentu saja dengan keringanan pajak sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan US$250 milliar atau sekitar Rp 3.250 triliun kekayaan orang Indonesia disimpan di luar negeri. Sebanyak US$ 200 miliar atau sekitar 2.600 triliun di antaranya berada di Singapura.
Bisa dibayangkan jika uang sebanyak itu masuk ke Indonesia , alangkah besar sekali pendapatan pajak pemerintah dan akan membuat negara kecil seperti Singapura Kolab.
Masuk akal bukan ?

Singapura adalah negara kecil yang luasnya tidak lebih besar dari satu kabupaten di Indonesia yang tidak punya sumber daya alam melimpah dan hanya mengandalkan pajak dari perusahaan atau kekayaan para konglomerat .
Ya , Singapura ibarat sebuah tempat atau pusat perkantoran saja , jadi kalau kantor-kantor tersebut pindah , tentu Singapura tidak lagi jadi pusat atau barometer bisnis kawasan Asia Tenggara ….The end .
Makanya tak heran jika Singapura berniat menjegal tax amnesty di Indonesia , bisa bangkrut dia …the end.

“Studi oleh satu konsultan international yang cukup kredibel menjelaskan bahwa dari US$250 milliar atau sekitar Rp 3.250 triliun kekayaan high net worth individual, yaitu orang-orang yang memiliki kekayaan sangat tinggi dari Indonesia yang ditempatkan di luar negeri terdapat sekitar US$ 200 miliar atau sekitar 2.600 triliun yang disimpan di negara Singapura sendiri,” kata Sri Mulyani di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Sri Mulyani menjelaskan, dari total nominal yang ditempatkan di Singapura sekitar US$ 50 miliar atau sekitar Rp 650 triliun disimpan dalam bentuk non investable asset dalam bentuk real estate sedangkan yang US$150 miliar atau sekitar 1.950 triliun diinvestasikan dan disimpan dalam bentuk investable asset seperti contohnya deposito atau surat berharga, serta saham.

“Data mengenai jumlah harta orang-orang di Singapura yang berjumlah lebih dari 2.500 triliun tersebut belum termasuk data dari dana serta harta yang disimpan di negara atau yuridiksi lainnya, seperti Hongkong, Macau, Labuan, Luxemburg, Swiss, dan negara-negara tax haven lainnya, termasuk Panama,” paparnya.

Bagaimana menurut anda dengan program tax amnesty ini ?

Library : bimber

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: