Iklan
Oleh: masshar2000 | 20 Desember 2016

Jokowi Resmikan Uang Rupiah Baru

image

M2000 – Cintailah rupiah , atau gerakan cinta rupiah memang wajib dilakukan oleh warga negara Indonesia yang baik.

Mencintai rupiah adalah wujud kecintaan warga negara kepada kedaulatan dan kemandirian bangsa Indonesia. Setiap lembar rupiah adalah wujud kedaulatan negara dan warga negara Indonesia tidak seharusnya bertransaksi di dalam negeri dengan mata uang negara lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika meresmikan peluncuran dan peredaran 11 pecahan uang rupiah tahun emisi 2016 di Bank Indonesia, Senin (19/12/2016). Presiden menyatakan setiap lembar rupiah adalah bukti kemandirian bangsa di tengah kancah perekonomian dunia.

“Saya mengajak insan di Tanah Air untuk terus mencintai rupiah dengan cara nyata, selalu menggunakan rupiah setiap transaksi keuangan di dalam negeri, menyimpan tabungan dalam bentuk rupiah,” ungkap Presiden.

Presiden mengemukakan kecintaan rupiah juga berarti tidak membuat dan menyebarkan gosip aneh dan kabar bohong tentang rupiah. Pasalnya, kata Jokowi, menghina rupiah sama saja dengan menghina Indonesia. Rupiah, lanjutnya, tidak akan diganti dan tidak akan tergantikan.

Dia menekankan rupiah adalah ciri khas dan identitas rupiah, sehingga setiap WNI wajib menjaga martabat dan kedaulatan rupiah, baik di dalam negeri maupun di seluruh dunia.

Terkait pemalsuan rupiah, ujarnya, Presiden menginstruksikan agar unsur pengaman pada uang rupiah perlu terus diperkuat. Dia meminta teknologi pengamanan yang digunakan oleh negara tidak boleh kalah dengan para pemalsu rupiah.

“Saya minta perhatikan dengan benar ketersediaan rupiah di setiap penjuru Indonesia, di daerah terpencil, gencarkan ketersediaan dan semangat penggunaan rupiah di seluruh daerah,” kata Presiden.

image

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi, Tirta Segara mengatakan peresmian ini sekaligus menandai sebelas pecahan uang tersebut mulai berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kesebelas uang Rupiah TE 2016 terdiri dari tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan dan empat pecahan uang Rupiah logam.
Uang Rupiah kertas terdiri dari pecahan Rp100.000 TE 2016, Rp50.000 TE 2016, Rp20.000 TE 2016, Rp10.000 TE 2016, Rp5.000 TE 2016, Rp2.000 TE 2016 dan Rp1.000 TE 2016.
Sementara itu, untuk uang Rupiah logam terdiri dari pecahan Rp1.000 TE 2016, Rp500 TE 2016, Rp200 TE 2016 dan Rp100 TE 2016.

“Peresmian pada hari ini bertepatan pula dengan peringatan Hari Bela Negara,” kata dia seperti dilansir Solopos.com, Senin (19/12/2016)

Dengan berlakunya uang Rupiah TE 2016 ini, uang Rupiah yang beredar saat ini masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran.
Dan dari informasi yang beredar uang pecahan   rupiah yang lama akan tetap beredar sampai 5 tahun kedepan sebelum nantinya benar-benar ditarik dari peredaran.

Library : solopos

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: