Iklan
Oleh: masshar2000 | 28 Desember 2016

Mahasiswa Muslim Pun Ikut Melaporkan Habib Riziq Terkait Penistaan Agama

image

Doddy Abdallah (tengah) bersama ke 2 saksi (kanan-kiri)

M2000 – Beberapa hari yang lalu beredar video ceramah Habib Riziq dan menjadi viral di media sosial .
Bukan karena pesertanya membudlak atau apa , tapi karena video tersebut diduga ada unsur penistaan agama .

Ujungnya elemen mahasiswa Katolik PMKRI  melaporkan Habib Riziq ke Polda Metro Jaya.
Dalam laporannya , Habib Riziq telah menistakan agama kristen karena diangap mengolok-olok Yesus yang Anak Tuhan.
Media pun jadi ramai , ada yang membela namun ada juga yang tidak menyukai kata-kata Habib Riziq dalam ceramahnya tersebut .
Memang dalam Islam sudah jelaskan bahwa Allah memang tidak beranak dan tidak diperanakkan .
Namun yang menjadi pokok adalah ucapannya yang seakan mengolok-olok Yesus sehingga menjadi bahan tertawaan para jamaah yang hadir.

Belum juga ditindak lanjuti kepolisian , kini Mahasiswa muslim pun ikut melaporkan Habib Riziq ke pihak berwajib.

Kali ini pihak yang melaporkan dari lembaga Student Peace Institute. Rizieq dilaporkan karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian dengan menyinggung ajaran agama Kristen.

Pihak pelapor yakni Doddy Abdallah, tiba di Mapolda Metro Jaya pada pukul 14.00. WIB, Selasa (27/12/2016).
Ia hadir membawa dua orang saksi yakni Dwi Pratomo dan Dedi. Dalam laporan, Doddy juga turut membawa barang bukti berupa rekaman potongan video dari ceramah Habib Rizieq.

Dalam laporan dengan nomor: LP/6367/XII/2016/PMJ/Dit.Reskrimsus, juga turut dilaporkan akun Twitter @sayareya yang disebutkan ikut menyebarkan ujaran kebencian.

image

“Hari ini kami dari Student Peace Institute, mendatangi SPK Polda Metro Jaya untuk melaporkan saudara Habib Rizieq Shihab atas tuduhan telah menyebarkan di depan publik ujaran-ujaran kebencian yang kemudian berpotensi memecah belah kerukunan beragama di Indonesia,” ujar Doddy kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya.

Kami membawa bukti berupa salinan video di dalam flashdisk yang kami serahkan kepada polisi juga screenshot dari account penyebar awal yang kami serahkan kepada pihak kepolisian,” imbuhnya.

Dalam laporan, Habib Rizieq disebutkan oleh Doddy, melanggar Pasal 156 KUHP Jo. Pasal 28 ayat 2 pasal 45 ayat 2 UU RI No. 11 tahun 2008 tentang ITE.
Doddy menekankan bahwa pelaporannya ini berbeda dengan yang telah dilaporkan oleh Pimpinan Pusat Perhimpunan Mahasiswa Kristen Republik Indonesia (PP PMKRI).

Ini beda. Yang mendatangi kemarin itu dari PMKRI. Kami fokus pada ujaran kebencian.
Disitu ia jelas mengolok ajaran agama lain. Di situ ia mengatakan kalau tuhan beranak siapa yang jadi bidannya?” jelas Doddy.

“Itu jelas kalau kita dengar mengolok. Pihak sebelah ada yang tersinggung buktinya ada yang datang dari PMKRI Itu berpotensi menghancurkan kebhinnekaan Indonesia,” lanjutnya.

Habib Rizieq sendiri belum berkomentar mengenai pelaporan dari Peace Institute ini. Namun terkait ceramah Rizieq ini, FPI memastikan Rizieq tidak melakukan penistaan agama ataupun maksud lain.

“Saya sudah dengar soal pelaporan itu. Itu tidak menistakan agama. Jauh dari menistakan agama. Apa yang disampaikan Habib Rizieq tersebut ada landasannya,” ujar Ketua FPI DKI Novel Bamukmin ketika dikonfirmasi, Senin (26/12/2016).

Landasan tersebut, kata Novel, adalah Fatwa MUI yang dikeluarkan pada 7 Maret 1981. Selain itu, ada Fatwa MUI Nomor 5 Tahun 2005 yang menjadi landasan.

Fatwa MUI 1981 itu menyebutkan memang haram untuk mengucapkan selamat hari Natal,” ujar Novel.

Menurut Novel, Rizieq merupakan sosok panutan untuk umat Islam maupun umat agama lain. Rizieq, kata Novel, rutin melakukan dialog lintas agama.

“Kami melihat ini adalah pengalihan isu. Murahan. Karena pada prinsipnya, kami jauh dari unsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan). Kami sangat hafal dan paham, nggak mungkin Habib Rizieq melakukan penistaan agama,” kata Novel seperti dilansir detik.com.

Ya dalam video ceramah tersebut Habib Riziq awalnya memang mengatakan haram bagi umat muslim untuk mengucapkan selamat Natal kepada umat nasrani , karena dengan mengucapkan selamat natal berarti umat Islam mengakui kelahiran Yesus sebagai anak Tuhan dan itu juga disertai kutipan dari ayat suci Al-Qur’an…tentunya ini adalah kebenaran yang memang harus disampaikan sebagai seorang ulama.

Namun selanjutnya yang membuat umat nasrani marah adalah Habib juga mengatakan kalau Tuhan beranak siapa bidannya yang kemudian disambut tawa oleh para jamaah yang hadir.

Bagaimana menurut anda , apakah ceramah Habib Riziq yang mengatakan kalau Tuhan beranak siapa bidannya termasuk dalam ujaran kebencian dan menistakan agama Kristen dan Katolik ?

Sebelum berkomentar simak dulu potongan video ini ,

Aneh nya , setiap ada kejadian , selalu saja ada yang mengatakan sebagai pengalihan isu , kemarin ada teroris di   Bekasi atau dikenal sebagai kasus bom Bekasi juga dianggap pengalihan isu …Jujur dalam kasus Bom Bekasi ini , penulis cukup tersinggung , Polisi yang sudah mati-matian menangkap pelaku teror sebelum bom diledakkan kog dianggap pengalihan isu …Moralnya dimana ?

Iklan

Responses

  1. […] @ Mahasiswa Muslim pun melaporkan Habib Riziq ke Polisi […]

    Suka

  2. Assalamualaikum wr.wb,

    Cobalah pikirkan, saat -saat maryam yg sendirian melahirkan isa, siapakah bidannya?

    jika seorang beragama yg benar- benar memegang agamanya tidak mungkin menghina seperti ini.Pertolongan Allah hadir saat itu untuk menolong maryam.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustad sayyid

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: