Per 6 Januari 2017 , Biaya Mutasi Kendaraan Naik 300 %

image

M2000 – Setelah pada bulan November sampai 30 desember di sejumlah daerah diberlakukan pemutihan pajak atau amnesti pajak kendaraan , nanti pada bulan januari 2017 , bakalan ada kenaikan untuk pajak , mutasi kendaraan, bahkan pembuatan SIM di seluruh Indonesia.

Pemohon yang mengajukan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Pasalnya dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah No.60/2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Polri terdapat perubahan dalam pengurusan.

Peraturan ini sendiri sudah diundangkan sejak Selasa (6/12/2016) lalu. Namun untuk pemberlakuan tarif baru akan dimulai pada 6 Januari 2017 mendatang. Keberadaan peraturan ini juga menggantikan  PP No.50/2010.

Dengan ditetapkannya peraturan ini maka biaya penerbitan BPKB mengalami perubahan. Jika mengacu di aturan lama (PP No.50/2010), pengurusan BPKB baik baru maupun ganti pemilik untuk kendaraan roda dua hanya dikenakan tarif Rp80.000. Namun dengan peraturan baru maka tarifnya berubah menjadi Rp225.000 per pengajuan.
Hal sama juga terjadi di roda empat yang awalnya hanya Rp100.000 akan naik menjadi Rp375.000. Tarif baru ini berlaku sama, baik untuk yang mengajukan BPKB baru maupun yang ganti nama.

Lebih jauh dijelaskan bahwa penetapan tarif baru dalam PP 60/2016 tidak hanya berlaku untuk penerbitan BPKB. Sebab di dalam aturan tersebut juga menerbitkan SIM baru. SIM C ke depannya hanya untuk kendaraan dengan kapasitas mesin 250 cc.
Sedang untuk pengendaraa motor dengan kapasitas di atas 250-500 cc harus menggunakan SIM C1 dan pengendara motor dengan kapasitas di atas 500-1000 cc diharuskan memakai SIM C2.
Nantinya juga akan ada SIM D1 yang dikhususkan untuk kaum difabel yang ingin mengendarai mobil.

Disebutkan dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 juga terdapat penambahan lain seperti pada tarif pengesahan STNK, maupun tarif Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan atau yang biasa dikenal dengan nomor cantik.

NRKB pilihan satu angka, tidak ada huruf Rp 20 juta, ada huruf Rp 15juta, NRKB pilihan dua angka, tidak ada huruf Rp 15 juta, ada huruf Rp 10 juta.
NRKB pilihan tiga angka tidak ada huruf Rp 10 juta, ada huruf Rp 7,5 juta, NRKB pilihan empat angka, tidak ada huruf Rp 7,5 juta, ada huruf Rp 5juta.

Selanjutnya, pengesahan STNK tahunan, dalam regulasi baru itu ada penarikan biaya yakni untuk roda dua atau pun tiga sebesar Rp 25.000 dan roda empat atau lebih Rp 50 ribu.

Artinya Per 6 Januari Bikin BPKB atau Mutasi Naik 3 kali Lipat. Sebagian memang naik 2 kali lipat , namun sebagian naik  3 kali lipat .

image

Jenis PNBP yang berlaku seperti tarif Pengesahan STNK, Penerbitan BPKB dan Mutasi Kendaraan. Misal untuk mutasi, PP terdahulu surat mutasi ke luar daerah Rp 75.000 , sekarang tarifnya naik dua kali lipat jadi Rp 150.000 untuk kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3.  Sementara BPKB sebelumnya Rp 80 ribu untuk kendaraan roda dua baru, kini menjadi Rp 225 ribu atau mengalami kenaikan 280 persen. Nah mobil bahkan bisa naik 300% .
Lihat tabel diatas.

Jujur ini agak memberatkan , terlebih M2000 sendiri pada desember ini baru saja cabut berkas kendaraan dan belum jadi .
Kata petugas di Samsat , untuk pencabutan berkas diperkirakan memakan waktu kurang lebih 3 minggu , artinya saat M2000 nanti memasukkan berkas baru ke Samsat yang dituju , maka akan terkena tarif baru.

Oya , just info saja , kemarin M2000 cabut berkas untuk Motuba 96 yang terkena biaya hanya 75 ribu saja , untuk motor kata temen yang juga cabut berkas biayanya sama 75 ribu.
Dan ajaibnya , sejak diberlakukan saber pungli oleh pak Jokowi , saat gesek nomor rangka , mesin adalah GRATIS , padahal dulu bisa kena biaya pungli 100 ribu…atau bahasa calonya biaya bantu gesek.
Tapi yah , karena minta didahulukan kita ngasih uang rokok atau uang jasa sama petugasnya ….Hehehe …curang yak ?

Dan tahukah kamu bro , saat iseng kita tanya biaya kalau lewat calo ( biro jasa ) dikenakan biaya 300 ribu , kalau plus masukin berkas ke Samsat baru sekalian dikenakan biaya 600 ribu….Hitung aja bro , datang dan ngurus sendiri 75 ribu , kalau terima beres 300 ribu dan 600 ribu…bener-bener panen duit tuh biro jasanya …karena pas kita kesana , puluhan STNK sudah menumpuk padahal waktu itu masih pagi sekitar jam 9….

Jadi kamu pilih ngurus sendiri apa lewat biro jasa bro …Atau malah pingin jadi calo saja , hehehe….

Iklan

40 thoughts on “Per 6 Januari 2017 , Biaya Mutasi Kendaraan Naik 300 %

  1. misi Gan, mau tanya,
    kalau untuk terhitung pajak bulan September 2017 apa bisa dibayarkan jauh hari sebelumnya ?
    dan juga untuk pembuatan SIM C baru, saya terlewat kunjungan selanjutnya, lebih dari 1 bulan, apakah terhitung pembuatan SIM baru atau bisa melanjutkan proses sebelumnya ?

    Thanks

    Suka

      • kaka mau tanya saya punya motor Mio soul thn 2012.
        pajak stnk mati 22-02-2015
        plat nya sampai 22-02-2017

        saya mau perpanjang sekalian balik nama .
        ktp saya jakarta selatan
        motor jakarta utara
        kira kira memakan biaya brrpa yah . tengks

        Suka

    • Kemarin saya abis dari samsat jakarta timur. Jadi ada pemberitahuan bahwa yang dapat mengurus perpanjangan stnk itu maximal 40hr sebelum masa berlaku habis.. Just info 😊😊🙏

      Suka

    • Iya kalau dulu emang mahal , karena blm ada saber pungli , kalo sekarang pada takut oknumnya …Lagian kemarin pas ada pemutihan…Jasa gesek rangka aja gratis kl tahun lalu bisa kena 75-100 rb .

      Suka

  2. Masih perihal Perpanjangan STNK, masih banyak yg blm diketahui oleh masyarakat ttg kenaikan pembayaran STNK yang disebut dgn kenaikan Administrasi.

    Saya ingin sharing disini ttg pembayaran STNK yg 5 tahun sekali dgn penggantian plat nomer.

    Sewaktu saya membeli mobil 5 tahun yg lalu, saya membeli nomer cantik 3 angka dgn 2 huruf dibelakang nya dengan harga yg tidak murah juga.

    Dgn peraturan yg baru saat ini, maka pembayaran perpanjangan STNK setelah 5 tahun, utk nr cantik 3 angka dgn 3 huruf dibelakangnya, hrs membayar  Nomor Penerbitan Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan sebesar Rp7.500.000 (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah),  lebih dari 2X lipat dari Pajak yg harus saya bayar.

    Kalau peraturan ini berlaku utk pembelian mobil baru, itu masih bisa diterima.  Ini perpanjangan STNK mobil yg 5 tahun, masa sih harus bayar semahal itu. 

    Rp7.500.000 dibagi 5 tahun, sama dengan kenaikan pajak sebesar Rp1.500.000 per tahun…  sama sekali tidak masuk akal.
    Apa yang menjadi dasar dari pengenaan biaya ini, tidak ada penjelasannya.  Apakah mobil2 dgn nomer cantik nempunyai jalur khusus di jalan raya?  Tidak juga.

    Blm lagi mobil yg umurnya sdh diatas 10 tahun dengan nomer mobil cantik, bayar pajak nya tidak seberapa, tapi harus bayar NRKB yang luar biasa mahalnya.   Masa sih ini yang dinamakan kenaikan administrasi ??

    Para wakil Rakyat dan pejabat negara yg semua memakai nomer mobil khusus, apakah mereka juga membayar pajak +  NRKB sama seperti peraturan yg berlaku utk rakyat nya?
    Mungkin juga sama, tapi pastinya mereka tidak akan merasakannya, krn mereka dibayari oleh negara.

    kalau di protes, pasti bilang nya, yang punya nomer2 cantik kan orang2 kaya, jadi tidak masalah dengan pembayaran ini.

    Mau mencari uang kok dengan cara mencekik rakyat seperti ini.  Tidak semua yang mempunyai mobil dgn nomer cantik adalah orang kaya.  Ada juga orang yg sudah pensiun dan mempunyai mobil sdh lebih dari 15 tahun, dan tetap mempertahankan mobil dgn nomer cantik, apa nggak kaget harus membayar mahal utk STNK nya…

    Suka

  3. M2000, permisi tanya, mohon dijawab:
    Kalo ngurus mutasi R4 keluar JKT ke beda propinsi, tapi mobil nya sudah ada di sono, ngga di JKT lagi. Bagaimana urusan cek fisik nya ya buat cabut berkas di JKT nya??
    Please reply.

    Suka

    • Dulu saya mutasi R2 dari Bekasi dan motornya sudah di daerah , saya menggunakan biro jasa , jadi minta bantuan gesek , kalau biro jasa kan punya jaringan , mereka jg punya kertas geseknya kog .Jadi kita terima beres saja .Memang agak lama sekitar 2 bulanan

      Suka

  4. mohon di jawab saya cabut berkas selesai 19 februari, masukin berkasnya hari ini tanggal 19 januari , sedangkan stnk habis tanggal 8 februari itu gimana ya ?perhitungan pajaknya bbn dari kota cimahi ke kota bandung timur terimakasih

    Suka

    • Kalau mau mutasi , tanggal tidak berpengaruh , nanti diperbarui stnk nya sesuai berkas masuk , dan pastinya berubah tdk 8 januari lagi .Harusnya kalau berkas dikumpulkan di samsat , kita akan dpt surat jalan , fotokopi bpkb dan stnk yg sdh di stempel samsat

      Suka

  5. kaka mau tanya saya punya motor Mio soul thn 2012.
    pajak stnk mati 22-02-2015
    plat nya sampai 22-02-2017
    saya mau perpanjang sekalian balik nama .
    ktp saya jakarta selatan
    motor jakarta utara
    kira kira memakan biaya brrpa yah . tengks
    tolong dijawab..

    Suka

  6. kaka mau tanya saya punya motor Mio soul thn 2012.
    pajak stnk mati 22-02-2015
    plat nya sampai 22-02-2017
    saya mau perpanjang sekalian balik nama .
    ktp saya jakarta selatan
    motor jakarta utara
    kira kira memakan biaya brrpa yah . tengks
    tolong dijawab.. disini saja yah
    ..

    Suka

  7. kaka mau tanya saya punya motor Mio soul thn 2012.
    Pajak mati 2 thn
    Platny br mati bln 8 2016
    saya mau balik nama dan mutasi
    ktp saya padangsidimpuan
    motor rantau prapat
    Kemaren sy urus tgl 21 des 2016
    Apa sy dikenakan tarif baru?
    Smntara kt yg ngurus tgl 21 feb 2017 br siap. Trima ksh kk

    Suka

  8. kaka mau tanya saya punya motor Mio soul thn 2012.
    pajak mati 2 thn
    plat nya sampai bln 8 2016

    saya mau mutasi dan balik nama .
    ktp saya padangsidimpuan
    motor rantau prapat
    kemren sy masukin berkas tgl 21 des 2016.dan slsai tgl 21 feb 2017. Ap sya dikenakan tarif lama atau baru ya kk?tengks

    Suka

  9. Maaf kakak mau tanya beli motor didaerah rencana saya mau cabut berkas dan ditawari biro jasa untuk cabut berkasnya 1jt apa segitu mahal apa tidak?

    Suka

  10. Gan yg baik hati mau tnya.
    Saya punya mobil x**ia th 2006 plat B bekasi. Pajak mati mulai 2012. Rencana mau mutasi ke daerah jatim. Yg mau ane tnyakan :
    1. Kira2 berapa biaya cabut berkas di jakarta? BBn di stnk tertera 1.389.000
    2. Klo utk bayar pajak+denda itu bayarnya di jakarta apa di daerah yg dituju ntr ya?
    3. Kira2 brp lama waktu utk proses cabut berkasnya?
    4. Ente menerima proses mutasi utk luar daerah g? Hehehe
    Mkasih gan, moga rejeki ente berkah 😀 🙂

    Suka

  11. Jika pembelian Kendaraan secara kredit, pastinya BPKB ada di Leasing, dan pastinya harus memakai “Biro Jasa Leasing”
    Berapa Jasa pengurusan Mutasi & Balik nama untuk kedaraan (Mobil Daihatsu Terios th 2012) yang harus dibayarkan ?
    Trims

    Suka

  12. Mas saya punya motor gl 100 hanya ada BPKB saja dan saya mau mutasi keluar daerah kira” keluar biaya berapa ya mas?Sama persyaratan nya apa saja, terimakasih

    Suka

  13. Mas saya mau tanya
    Saya mau beli motor di tanggerang
    Mau mutasi ke jawa tengah(banjarnegara)
    Syaratnya apa aja ya mas?
    Terus kalo di samsat tujuan(samsat banjarnegara) nanti masih pake ktp asli yg punya motor dulu apa ktp asli saya selaku pembeli??
    SEMOGA MAS SELALU DIKASIH RIZKY YG MELIMPAH AMIN

    Suka

  14. Kalo nunggu cabut berkas, terus di infoin berkasnya udah jadi hari kamis misalnya, la kalo gak diambil hari kamis itu juga gapapa kan mas?? Apa akan kena denda juga?

    Suka

  15. Saya punya motor narga cuma 4jt an. Mau mutasi dari Bekasi ke Purworejo Jateng… tp lihat tarifnya yg pada naik maka mending ga saya urus,ga dimutasi dan ga bayar pajak…
    Sy rugi,tp pemerintah juga rugi..
    Seharusnya mutasi dipermudah agar rakyat tetap bisa kontinyu taat pajak..
    Lha kalau harga motor 4jt tp biaya urus mutasi sampai 800an ribu yg mending ga usah diurus. Toh motor cuma dipakai ke kebun atau ke warung

    Suka

  16. mau tanya ..Saya punya motor STNK orng JAKTIM dan saya Orang Kab. Tangerang Kira2 Balik nama dan cabut berkas semua nya .biar jadi atas nama saya kira2 abis berapa duit yah?
    Terima Kasih

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s