Iklan
Oleh: masshar2000 | 13 Januari 2017

Jutaan Rakyat Iran Hadiri Prosesi Pemakaman Mantan Pemimpinnya Ayatullah Rafsanjani

image

M2000 – Pemandangan yang luar biasa ditunjukkan rakyat Iran saat memberikan penghoramatan terakhir kepada mantan pemimpinnya Ayatullah Rafsanjani.
Teheran, ibu kota Iran, jutaan rakyat tumpah ruah di satu tempat. Selasa kemarin (10/1/2017) pemandangan itu hadir dalam suasana haru biru prosesi pemakaman seorang figur besar Iran Ayatullah Hasyemi Rafsanjani, mantan presiden Iran yang di akhir usianya menjabat Ketua Dewan Kebijaksanaan.

Jutaan orang laki-laki, perempuan, tua dan muda dari berbagai elemen turun ke jalan untuk mengikuti shalat jenazah dan prosesi pemakaman tokoh yang wafat pada usia 82 tahun ini.
Shalat jenazah digelar di dalam komplek Universitas Teheran, tempat yang biasa dipakai untuk shalat Jumat, dan diimami oleh Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei.

Mereka serempak dan berulang-ulang memekikkan kalimat; “Berkabung, berkabung hari ini, Hasyemi Sang Pahlawan sekarang berada di sisi Allah.”

image

Kantor berita Iran , IRNA menyebutkan bahwa kehadiran anak-anak muda dan kaum remaja menggambarkan suatu fakta tersendiri. Mereka tak mengalami suka duka revolusi Islam di akhir tahun 1970-an maupun era pertahanan melawan agresi militer rezim Baath Irak, namun ternyata dapat menghayati kebesaran figur Rafsanjani.

Masyarakat berdatangan sejak dini hari, dan kemudian berubah menjadi lautan manusia dari jam ke jam. Tengah hari mereka mengiringi peti jenazah dengan wajah penuh derai air mata.

Padatnya umat membuat mobil yang membawa peti jenazah berjalan lambat dan memakan waktu sekitar dua jam dari Universitas Teheran di pusat kota Teheran menuju area pemakaman Baheshti Zahra, tempat Imam Khomaini dimakamkan di sisi selatan ibu kota Iran ini. Sementara di lokasi makam pendiri Republik Islam Iran ini juga sudah terbentuk lautan manusia yang menanti kedatangan jenazah.

image

Jenazah Rafsanjani akhirnya disemayamkan di sisi makam Imam Khomaini, sementara ucapan belangsungkawa mengalir dari berbagai negara, tak terkecuali Amerika Serikat (AS) yang notabene musuh besar Iran.
Dan anehnya , justru Arab Saudi yang diberitakan tidak menyampaikan pernyataan bela sungkawa.

Juru bicara Gedung Putih Jos Earnest mengatakan, “Mantan Presiden Rafsanjani adalah tokoh besar dalam sejarah revolusi Islam Iran, dan AS mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan para pecintanya.”

Library : liputanislam

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: