Didukung 8 Partai Besar , Calon Tunggal Di Pati Kalah Dengan Kotak Kosong

   

image

Masshar2000.Com – Pilkada serentak yang di gelar di 101 daerah kali ini menyisakan peristiwa politik yang unik .

Fenomena unik itu adalah adanya calon tunggal yang melawan kotak kosong . Seyogyanya dan umumnya jika ada satu calon itu adalah calon kuat yang istilahnya tak ada lawan …seperti jaman Tri Risma di Surabaya waktu itu .
Awalnya Risma maju dan tak ada lawan yang berani maju karena diprediksi kalah dalam kata lain ” RUGI BANDAR ” kalau sampai maju.
Namun KPU bersikap profesional , partai politik yang tidak mengusung calon tidak boleh ikut pemilu legislatif  tahun berikutnya , alhasil mereka yang belum punya calon terpaksa mengajukan calon , dan hasilnya juga akhirnya mengecewakan , tetap kalah.

Nah , ternyata ada yang lebih unik soal pilkada calon tunggal ini .
Di kabupaten Pati , Jawa Tengah , ada calon tunggal yang maju , yakni calon petahana Haryanto-Saiful Arifin (Harfin).
“Kotak kosong” pun disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk daerah yang hanya memunyai satu pasangan calon kepala daerah tersebut.
Jika pemilih lebih banyak memberikan suara untuk “kotak kosong”, maka pilkada harus diulang.

Hasilnya sungguh aneh , kotak kosong tanpa nama tersebut justru mengalahlah perolehan suara sang calon tunggal tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, peristiwa kemenangan “kotak kosong” tersebut terjadi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati, Jawa Tengah.

Kabupaten Pati hanya memunyai satu pasangan kandidat, yaki calon petahana Haryanto-Saiful Arifin (Harfin).  Jadi mereka diharuskan melawan ‘kotak kosong’. Tapi, setelah penghitungan suara, calon petahana itu justru kalah,” tutur Tjahjo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Uniknya lagi, sambung mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, kekalahan kandidat Harfin tersebut terjadi di Pati yang notabene kabupaten padat penduduk.

Kabupaten Pati, terus Tjahjo, memunyai 1,5 juta penduduk. Sementara kandidat Harfin didukung banyak partai politik.
“Meski banyak parpol pendukung, ‘kotak kosong’ tetap menang,” tukasnya.

Tercatat, pasangan ini diusung delapan partai politik, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB, PKS, Partai Hanura dan PPP.
Seperti kita ketahui , ke 8 partai tersebut adalah partai-partai yang memang masuk ke DPR RI .

Tjahjo menuturkan, peristiwa unik tersebut sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo, berbarengan dengan dokumentasi hasil pilkada serentak.

Saya tadi sudah melaporkan kepada presiden soal pelaksanaan Pilkada berjalan aman, dibantu TNI, Polri, BIN (Badan Intelijen Negara). Bagus semua,” terangnya.

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s