Sebagai Wapres , Kenapa Jusuf Kalla Sering Tidak Hormat Pada Bendera , Ada Apa Dengan Pak JK ?

image

Masshar2000.Com – Sebagai warga negara yang baik , kita harus menghormati sang saka merah putih saat dikibarkan , itulah yang diajarkan di sekolah-sekolah sejak kita sekolah dasar.

Namun , setelah kita dewasa , justru kita sering melihat Jusuf Kalla atau pak JK yang juga wakil presiden ini seringkali tertangkap kamera tidak menghormat pada bendera merah putih , padahal disampingnya ada presiden Joko Widodo.

Nah , ternyata kebiasaan pak JK ini jadi bahan pembicaraan gara-gara beliau terlihat seringkali tidak ngangkat tangan tanda hormat waktu bendera lagi dinaikin pada masing-masing upacara pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Merdeka, Jakarta, termasuk upacara bendera 17 Agustus 2016 lalu .

Bener tidak sih tindakan pak JK ini ?
Apa jangan-jangan beliau lagi ngelamun sampai ketinggalan hormat ?
Suk simak penelasannya :

1. Beda sama yang lain, JK tidak pernah hormat

image

Waktu bendera lagi dinaikin, idealnya setiap peserta upacara mengangkat tangan kanan sebagai tanda hormat pada bendera Merah Putih. Termasuk Presiden sebagai inspektur upacara walau. Namun Pak JK jadi berdiri tegap tanpa ada hormat nih Gan.

2. Kebiasaan Pak JK ini dipertanyakan

Rutinitas Pak JK yang sekian kali menunjukkan bila beliau tak hormat itu juga buat geger netizen. Bahkan juga banyak yang ngebully di medsos dan mengatakan bila beliau tak menghormati Indonesia. Bagaimana tuh?

3. Jubir : Tindakan Pak JK telah sesuai PP

image

Deresnya berita yang beredar inipun buat Husain Abdullah, jubir Pak JK, mulai bicara. Menurut Husain JK tak salah karena langkah menghormati pengibaran bendera sudah diatur dalam Pasal 20 Peraturan Pemerintah (PP) No 40 Th. 1958.

Dalam PP itu, kata Husain, ketika upacara memberi atau turunkan bendera kebangsaan, banyak orang yang ada memberikan hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka ke arah bendera hingga upacara selesai.

Masihlah menurut PP, peserta upacara yang gunakan baju seragam dari satu organisasi dapat memberikan hormat menurut langkah yang diputuskan oleh organisasinya itu.
Untuk yg tak berseragam, hormat pada bendera dapat ditangani dengan meluruskan lengan ke bawah dan menempelkan telapak tangan pada paha. Semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, dan serban.

4. Jadi, sikap pak JK waktu upacara kenegaraan sudah benar dong ?

Jawabnya adalah iya , sikap prima yang ditangani Pak JK kemarin yaitu sikap hormat, persis sama dengan sikap hormat Bung Hatta saat mengikuti Bung Karno.
Nah, inget kan?

image

Wah, ternyata hormat pada bendera itu tidak harus mengangkat tangan seperti yang biasa kita lakukan ya guys ..

Iklan

One thought on “Sebagai Wapres , Kenapa Jusuf Kalla Sering Tidak Hormat Pada Bendera , Ada Apa Dengan Pak JK ?

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s