Iklan
Oleh: masshar2000 | 9 April 2017

Beda Dengan Sebelumnya , Begini Cara Paspampres Mengawal Jokowi Ke Istana

image

M2000 – Paspampres adalah pasukan khusus yang mengawal kemanapun presiden pergi . Mereka tidak harus menggunakan seragam kepolisian ataupun TNI , kadang mereka menggunakan batik saat mengawal presiden atau keluarganya belanja ke supermarket atau di tempat keramaian lain .

Mungkin kalian pernah mendengar kabar soal mobil Presiden Joko Widodo, RI 1 yang terkena macet. Ternyata hal itu memang benar terjadi. Pasalnya Jokowi sebagai presiden merombak aturan yang mengharuskan presiden harus selalu diberikan jalan .

Paspampres dan aparat lainnya saat melakukan pengawalan Presiden Joko Widodo mengutamakan santun dan saling menghormati di jalan.
Jakarta memang sudah terkenal dengan lalu lintasnya yang macet. Namun hal itu tidak menjadi alasan pejabat tinggi negara boleh melakukan tindakan semena-mena.

Kalian tentu ingat jaman presiden terdahulu , ada kejadian fatal yang menyebabkan korban jiwa saat mereka diberhentikan tiba-tiba sehingga terjadi tabrakan beruntun gara-gara RI 1 mau lewat  .Ini yang sekarang di hindari .
Walaupun secara undang-undang memang seorang RI 1 diberi akses khusus di jalan , namun ternyata Jokowi tidak memakai cara itu.
Menurut undang-undang lalu lintas , yang berhak mendapatkan keutamaan dijalan adalah mobil ambulance , mobil pemadam dan juga mobil pejabat seperti presiden dan wakilnya juga tamu-tamu negara .
Jadi jangan protes dan ngiri ya kalau ada pejabat lewat kamu tiba-tiba diberentiin di jalan , sudah ada undang-undangnya kok . Atau kamu bisa seperti itu jika kamu jadi pejabat tinggi , kalau susah ya sudah deh kamu naik ambulance aja , pasti dikasih jalan .

Nah , baru-baru ini Kementerian Sekretariat Negara RI mengunggah video pada 6 April 2017 di Youtube.
Rekaman tersebut memperlihatkan bagaimana pengawalan RI 1, Presiden Indonesia Joko Widodo.

Persiapan Paspampres kawal Jokowi
Saat persiapan, pemimpin mengingatkan untuk santun dan saling menghormati di jalan.
Pertama, cek kondisi kendaraan bila ada kendala nanti dilaporkan. Kedua, tidak ada penutupan jalan, semuanya mengalir seperti biasa,” katanya.

Selama di jalan tetap sopan santun, apabila kondisi macet buka jalan satu jalur, tidak ada menggunakan sirine, semua harus santun, acungkan jempol apabila masyarakat sudah memberi akses sebagai tanda terima kasih” tambahnya.
Kemudian saat pengawalan di jalan dilakukan.
Presiden Jokowi sudah masuk ke mobilnya.
Saat itu Paspampres melakukan pengawalan Presiden Jokowi dari Bogor ke Istana Jakarta.

Mengacungkan jempol

image

Para pengawal mengacungkan jempol sebagai tanda terima kasih setelah para pengendara lain karena memberikan akses. Kemudian tiba di jalanan yang macet. Namun para pengawal Presiden tidak membunyikan sirine.

Pengawalan saat jalan macet

image

Ini bukan turing moge ya ...

Mereka berjalan pelan satu jalur di tengah mobil-mobil lainnya.
Kondisi jalan raya mulai padat, tetap rapatkan barisan, ambil jalan putus-putus di tengah, Anoa maupun Kobra 608 laksanakan pembukaan jalan dengan santun dan tidak agresif” kata seorang di mobil via alat komunikasi.

image

Tanpa sirine , mereka tetap ikut bermacet-macet ria di jalan

Mereka terus melakukan hal itu sampai tiba di Istana Jakarta.

Santun mengawal Presiden Joko Widodo,
ini bisa menjadi contoh bagi pejabat lainnya saat melakukan perjalanan di jalan.
Tidak ada pengawalan pejabat yang malah merugikan pengguna jalan lain.

Begini komentar netizen terhadap video tersebut ,

“Kok ngga kayak presiden sebelumnya sih? sebelumnya biasanya minta jalan ditutup.. pakai sirine.. kalau bisa aspalnya ganti karpet merah sekalian.. hahaha” kata Gooheojun.

” Seharusnya ambulance di indonesia itu di kasih patwal minimal 1 motor, kasian mesti masyarakat gak mau kasih jalan.sampe pernah lihat bikers yang mengawal ambulance …..” kata Adhi Setiawan.

“Paspampres era Pak Jokowi keren…santun dan tanpa sirine. Terima kasih Paspampres…jagalah presidenku.” kata Tri Sulistyani.

Tapi ada juga netter yang malah komentar lucu soal kode yang diberikan pada masing-masing anggota.
Seperti anoa, kobra, elang dan sebagainya.

” Presiden dikawal sama jaguar, cobra, anoa, elang, hiu, masyrakat makenya kijang atau ga bebek. kelar bray kita dijalan hahahaha” kata Josh P1000.

Berikut videonya ,

Nah , jika rombongan presiden saja tidak menggunakan sirine , bagaimana dengan turing moge yang menyewa patwal dan pakai strobo …?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: