Malware Wannacry Ancam 99 Negara , Begini Cara Mencegahnya

image

Masshar2000.Com – Beberapa hari terakhir , dunia diserang sistem komputerisasinya . Tercatat sudah 70 negara yang merasakan dampak dari serangan malware yang bernama wannacry ini.

Bahkan dinas Kesehatan Nasional (NHS) Inggris pun mengalaminya . Menurut badan penegak hukum Eropa, Europol, peristiwa ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Europol juga memperingatkan diperlukan penyelidikan internasional yang rumit untuk mengidentifikasi penyebab hal tersebut.

BACA DULU

Serangan cyber lumpuhkan 70 negara

Serangan tersebut berupa enksripsi data pada setidaknya 75.000 komputer di 99 negara oleh Ransomware pada 12 Mei lalu. Malware tersebut adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan terhadap sistem komputer meminta uang tebusan agar komputer yang telah diserang dapat pulih kembali atau biasa disebut jual program anti virus.

Negara-negara Eropa, termasuk Rusia, merupakan yang paling parah terkena serangan malware. Meski penyebaran malware telah melambat, ancamannya belum berakhir.

Dikutip dari BBC, Minggu (14/5/2017), Europol mengatakan bahwa tim kejahatan sibernya, EC3, bekerja sama dengan negara-negara yang terkena dampak untuk ‘mengurangi ancaman dan membantu korban’.

Di Inggris, sekitar 48 perserikatan Kesehatan Nasional menjadi korban serangan tersebut. Serangan itu membuat rumah sakit dan dokter tak dapat mengakses data pasien dan memicu ditundanya operasi dan konsultasi medis.

Beberapa laporan mengatakan, Rusia menjadi korban yang paling banyak diserang oleh malware. Sejumlah bank, kereta api, dan jaringan telepon genggam turut menjadi korban.

Kementerian Dalam Negeri Rusia mengatakan, sebanyak 1.000 komputernya telah terinfeksi malware. Namun mereka mengklaim dapat menanganinya dengan cepat sehingga tidak ada data sensitif yang disusupi.

Di Jerman, operator kereta api mengatakan bahwa papan elektronik mereka terganggu. Sementara itu produsen mobil Prancis Renault terpaksa menghentikan sejumlah produksinya.

Sementara itu du AS, malware itu menyerang perusahaan pengiriman Fed Ex. Sejumlah sekolah di China, serta beberapa rumah sakit di Indonesia dan Korea Selatan turut menjadi target.

WannaCry Serang RS Harapan Kita dan Dharmais.Memang menyerang ke sistem antrean. Tapi ini efeknya bakal dirasakan juga oleh pasien , bisa jadi antrean pertama akan mendapatkan jatah 3 hari setelahnya , kalau ini urgent , pasti akan membahayakan nyawa pasien .

Sementara , pegawai NHS membagikan screenshot program WannaCry, yang meminta bayaran sebesar US$ 300 atau sekitar Rp 3,9 juta untuk memulihkan kembali komputer.

Infeksi tersebut tampaknya dikerahkan melalui worm sebuah program yang menyebar dengan sendirinya di antara komputer. Saat WannaCry berada di dalam sebuah organisasi, ia akan memburu mesin yang rentan dan menginfeksi mereka pula.

Dan begini cara mencegah virus wannacry menurut kominfo , silahkan di praktekkan dikantor-kantor anda ,

image

Library : liputan6 , merdeka

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s