Iklan
Oleh: masshar2000 | 1 Juni 2017

Berstatus Tersangka dan Visa Umroh Berakhir 12 Juni , Apakah Habib Rizieq Akan Pulang Ke Indonesia ?

image

Masshar2000.Com – Kasus chat berkonten pornografi yang dialami antara Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab dan Firza Huzein sudah memasuki babak baru .
Setelah seminggu yang lalu Firza sudah ditetapkan sebagai tersangka , kini pimpinan FPI itupun sudah ditetapkan sebagai tersangka .

Pihak kepolisian sebenarnya sudah melayangkan surat panggilan hingga dua kali dengan status sebagai saksi . Namun karena tidak di indahkan dan tidak mau pulang ke Indonesia , maka statusnya ditingkatkan menjadi tersangka .
Rizieq Shihab sebenarnya sudah selesai menjalankan umroh pasca kemenangan gubenur muslim Anies-Sandy sesuai nadzarnya .Namun saat selesai umroh , Rizieq malah ke Malaysia dan kembali lagi ke Arab Saudi hingga kini .

Berbagai tokoh termasuk tokoh muslim yaitu imam besar masjid Istiqlal juga pernah mengatakan sebaiknya Habib Rizieq segera pulang dan menghargai proses hukum di Indonesia , termasuk tokoh Muhammadiah Dien Syamsudin yang mengatakan bahwa di Indonesia tidak ada diskriminalisasi ulama .
Namun hingga kini Rizieq belum juga pulang bahkan menurut kuasa hukumnya , di Arab Rizieq sudah merancanakan Revolusi putih yang entah apa maksudnya .

Masyarakat Indonesia pun termasuk yang muslim juga mengharapkan Rizieq Shihab segera pulang dan membuktikan diri bahwa dirinya tidak bersalah .Bagaimanapun Rizieq adalah ulama yang harus menjadi teladan bagi pengikutnya .

Saat ini kabar yang beredar adalah Rizieq akan segera pulang sebelum lebaran , selain karena pemerintah akan membekukan paspor kunjungannya ke Arab Saudi setelah ditetapkan sebagai tersangka dan DPO pada 31 mei 2017 kemarin , juga karena visa umrohnya di Arab Saudjh sebentar lagi akan habis masa berlakunya .

Ketua Tim Advokasi Pembela Ulama dan Aktivis, Eggie Sudjana mengatakan selama di Arab Saudi, Rizieq menggunakan visa umrah yang berjangka waktu selama 30 hari.
Masa berlakunya pun akan segera habis. Meski tak dapat memastikan, Eggie menyebutkan ada kemungkinan besar kliennya bakal pulang ke Indonesia.
Namun Eggy juga mengungkapkan kalau kliennya tersebut dekat dengan keluarga kerajaan Saudi , jadi gampang untuk memperpanjangkan lagi masa berlakunya .

“Visa umrah, habisnya tanggal 17 Ramadhan (12 Juni) nanti,” kata Eggie di kantornya, Jl Tanah Abang III, Jakarta, Kamis (1/6).

Eggie lantas menanyakan kapan kepastian Rizieq pulang. Saat ditanya, Rizieq menjawab mau pulang asal polisi berjanji tak akan melakukan penahanan.
“Saya bilang ‘oke’, Habib pulang dengan catatan pihak kepolisian, menjamin (Habib) tidak ditahan, kalau dimintai keterangan, kami oke,” katanya.

Setelah Rizieq pulang, Eggie berharap kepolisian dapat mengabulkan keinginan untuk melakukan gelar perkara. Menurut Eggie, gelar perkara dapat dilakukan karena mengacu Pasal 15 Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana.

Eggie menyebut gelar perkara dapat dikabulkan karena ada komplain atas kasus ini dari pihak berperkara atau penasihat hukumnya. Maka, gelar perkara masuk kategori gelar perkara khusus.
Tak hanya itu, Eggie meminta jaminan dari Presiden Joko Widodo agar dapat menjamin jika kliennya pulang tak akan ditahan.
Ini yang mungkin sulit dikabulkan presiden , karena Jokowi sering mengatakan bahwa presiden tidak akan mencampuri atau menginterverensi kasus hukum yang menimpa siapapun dan ini sudah dibuktikannya dalam kasus Ahok , hingga Ahok dipidana hukuman penjara 2 tahun .

“Kita minta Presiden tolong berikan jaminan pada Habib untuk pulang tidak ditahan, kami siap gelar perkara menurut ilmu hukum,” ujarnya.

Permintaan Eggy ini sebenarnya bertolak belakang dengan apa yang dituntut kelompok FPI dalam kasus Ahok , yang mana waktu itu mereka meminta agar presiden tidak menginterverensi kasus Ahok .

Library : okezone , tribunnews

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: