Hukum Ziarah Kubur Saat Idul Fitri ( Setelah Sholat Ied )

image

Masshar2000.Com – Hari lebaran adalah momen dimana keluarga bisa berkumpul , yang diperantauan pun biasanya pulang ke kampung halaman setelah bekerja di setahun di tanah rantau .
Selain momen bersilaturahmi ke sanak sudara , biasanya pada hari lebaran atau setelah sholat ied ,  masyarakat juga memanfaatkan untuk berziarah kubur .
Ternyata hal ini juga dilakukan umat Islam di Mesir sebagaimana difatwakan oleh Syaikh Athiyah Shaqar (Fatawa al-Azhar 8/391).

Ziarah kubur memang merupakan tradisi yang masih melekat hingga saat ini. Ziarah kubur bertujuan untuk mendoakan orang tua dan sanak saudara yang telah lebih dulu berpulang ke Rahmatullah , selain itu agar kita juga mengingat mati .
Meski mendoakan orang yang meninggal bisa di rumah, namun mendatangi langsung ke tempat peristirahatan terakhir sudah menjadi keharusan.

Lalu bagaimana sebenarnya hukum berziarah di dalam Islam?

Ustaz Syamsul Arifin Nababan, pendiri pondok pesantren mualaf An Nabba Center menjelaskan bahwa ziarah kubur hukumnya sunah. “Ziarah kubur adalah sunah,” kata Ustaz Nababan seperti dilansir merdeka.com, Senin (19/6).

Akan tetapi menurut dia, tidak boleh menentukan waktu khusus untuk ziarah. Seperti hanya melakukan ziarah pada saat hari raya Idul Fitri. Sebab, umumnya pada Idul Fitri umat Islam beramai-ramai berziarah.
“Iya boleh (berziarah) asal tidak dikhususkan ziarah di Idul Fitri saja,” terangnya.

Kata ustaz Nababan, kapan pun berziarah kubur boleh dilakukan. Karena Rasulullah pun tidak menganjurkan waktu untuk berzairah. “Tidak boleh menentukan waktu-waktunya karena tidak dianjurkan oleh Nabi untuk menentukan waktunya,” tutup ustaz Nababan.

Yang dimaksud dari pernyataan tersebut tentu saja agar tidak mengkhususkan atau meritualkan hari tertentu atau diharuskan pada hari tertentu hingga seakan-akan menjadi wajib , karena memang ziarah bisa kapan saja , kecuali memang bagi orang-orang diperantauan yang pulang kampung halaman saat lebaran saja , maka sangat dianjurkan untuk berziarah kubur karena waktunya memang hanya saat itu saja.

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s