Iklan
Oleh: masshar2000 | 29 Juni 2017

Tarif Listrik Naik , Bagaimana Cara Mendapat Subsidi ?

image

Masshar2000.Com – Maraknya pemberitaan miring oleh haters pemerintah rupanya ditanggapi serius oleh pihak-pihak terkait . Setelah pihak PLN mengklarifikasi bahwa tidak ada kenaikan tarif dasar listrik , Menteri ESDM, Ignasius Jonan juga mengatakan, subsidi listrik tidak banyak berubah dari perencanaan.
“Setiap tiga bulan PLN terus berupaya menurunkan harga jual listriknya,” kata dia, di Komplek Gedung DPR, Jakarta.
Maksudnya adalah bahwa selain dari yang sudah direncanakan sebelumnya tidak akan ada kenaikan lagi.

Menteri Jonan menjelaskan hanya sebanyak 4 juta penduduk miskin yang mendapatkan subsidi untuk 900 VA. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang merasa tidak mampu namun tidak mendapatkan subsidi listrik dapat melaporkan hal tersebut melalui pusat pengaduan.

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyediakan layanan pengaduan listrik bersubsidi terkait program kebijakan subsidi listrik tepat sasaran dalam jaringan (daring) lewat laman http://www.subisidi.djk.esdm.go.id.

“Bagi masyarakat pengguna listrik daya 900 Volt Ampere yang merasa berhak mendapatkan subisidi namun tidak terdata dapat mengajukan pengaduan menggunakan aplikasi elektronik di desa atau kelurahan,” kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi dikutip Antara.

Ia menyampaikan hal itu pada sosialisasi subsidi listrik tepat sasaran diselenggarakan Kementerian ESDM bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Menurutnya mekanisme pengaduan diawali dengan pengambilan formulir pengaduan yang tersedia di desa dan keluarahan atau mengunduh laman http://www.subisidi.djk.esdm.go.id.

Setelah diisi formulir serahkan ke kelurahan dan desa untuk dibawa ke kecamatan.

Ia menerangkan jika di kecamatan ada akses internet maka akan dilakukan entri data secara daring ke posko pengaduan pusat dan jika tidak ada akan dilakukan di kabupaten.

Ketika data telah masuk di Posko Pengaduan Pusat akan dilakukan pencocokan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan jika memenuhi syarat sebagai penerima subsidi akan dilaporkan ke Dirjen Ketenagalistrikan, ujarnya.

Kemudian PLN akan melakukan penandaan identitas konsumen pengadu sebagai penerima subsidi, lanjutnya.

Ia mengungkapkan berdasarkan data terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang dikeluarkan Kementerian Sosial bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, saat ini terdapat 4,1 juta rumah tangga miskin dan tidak mampu yang merupakan pelanggan daya 900 VA, namun data dari PLN total pelanggan 900 VA ada 23 juta rumah tangga.

“Artinya ada 18,9 juta pelanggan yang tidak berhak mendapatkan subsidi listrik karena mereka mampu secara ekonomi,” katanya.

Oleh sebab itu pemerintah secara bertahap melakukan penyesuaian harga setiap dua bulan bagi pelanggan 900 VA yang dinilai mampu, terangnya.

Nah , sudah jelas bukan , bagi anda yang merasa tidak mampu , jangan hanya mengomel dan menghujat kebijakan pemerintah di sosmed .
Semua ada solusinya … kini tergantung anda , jika merasa tidak mampu tinggal mengajukan pengaduan seperti cara diatas , jikapun berkas permohonan anda ditolak , berbahagialah bahwa pemerintah lewat PLN sudah mengecap anda sebagai golongan orang mampu .
Jangan berjiwa miskin lah , apalagi teriak-teriak di sosmed mengatas namakan rakyat sementara anda sendiri menghabiskan ratusan ribu rupiah perbulan hanya untuk bersosmed ria .

Jadi solusinya sebarkan berita ini kepada teman-teman anda yang merasa keberatan dengan kenaikan listrik , siapa tahu ada yang dapat subsidi .

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: