Iklan
Oleh: masshar2000 | 7 Juli 2017

Kontroversi Kemal Ataturk , Bapak Pendiri Turki Yang Menghapus Kekhalifahan Ottoman

image

Kemal Ataturk

Masshar2000.Com – Tidak banyak yang tahu tentang sejarah Turki , atau tepatnya sejarah berakhirnya kekhalifahan Ottoman pada awal abad 20 lalu.
Turki menjadi mendunia saat ini saat dipimpin presiden Erdogan . Dengan keberaniannya menentang dominasi barat dan timur , Turki yang berbatasan langsung dengan Suriah yang sedang dilanda konflik ,  seperti tidak mendapatkan teman dilingkungannya , Namun dari situlah Turki menjadi mendunia .

Turki menjadi sorotan di Indonesia saat kemarin presiden Jokowi berkunjung kesana dalam acara kunjungan balasan .
Yang menarik adalah saat Jokowi mengunjungi makam atau pusara pendiri republik Turki Kemal Ataturk .
Jokowi tampak menaruh rangkaian bunga di atas pusara bapak Turki.

Media pun ramai membicarakan perihal ini , karena menurut media garis keras , Jokowi seharusnya tidak pantas menaruh karangan bunga diatas pusara si pengkhianat islam .
Tentu saja perhatian publik menjadi terpecah antara yang pro dan kontra , bagaimana mungkin sang pendiri atau bapak bangsa Turki bisa disebut pengkhianat islam , padahal seluruh rakyat Turki termasuk presiden Erdogan juga menghormatinya .

Untuk mengenal Kemal Ataturk si bapak Turki , mari kita simak bersama siapa Kemal Ataturk sebenarnya .
Pada artikel kali ini kita ambil jalan tengah yang sepertinya lebih masuk akal .

image

Bapak Bangsa Turki atau Ataturk menjadi gelar yang diberikan kepada Mustafa Kemal atas apa yang dilakukannya. Dilihat dari kacamata umum, gelar ini mungkin sangat layak diberikan kepada pria kelahiran Yunani itu. Tapi, kalau kita telusuri dari sisi yang lain dan mengambil sumber dari media islam garis keras , maka  Mustafa Kemal mungkin tak lebih dari seorang penjahat bengis yang kejam.

Dalam sejarah bangsa Turki , Mustafa Kemal dikenal akan aksinya merevolusi Turki menjadi bangsa baru yang lebih modern serta dianggap sebagai penyelamat si Negara Seribu Masjid dari penjajahan.
Alhasil, ia pun dipuja-puja bahkan sampai dikultuskan, sama seperti orang Korut menghormati Kim Il Sung. Bagi sebagian orang Mustafa Kemal mungkin dianggap berjasa besar, tapi bagi sebagian yang lain ia justru penghancur.

Ya, kekhalifahan yang sudah bertahan ratusan tahun hancur olehnya. Sebenarnya bukan oleh Kemal , tapi oleh tentara sekutu karena kekalahan Ottoman Turki pada perang dunia 1.
Dan kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Mustafa Kemal yang kemudian menjadi presiden dan merubah sistem khalifah dengan Republik .
Banyak juga muslim yang mendukung berkhirnya kekhalifahan Ottoman di Turki , karena sistem khalifah di Turki adalah berupa kerajaan atau Monarki , sementara sistem khilafah sepeninggal rosul adalah bukan berupa kerajaan dan menurut mereka ini sudah menyimpang .
Terlepas dari pro dan kontra , yang jelas  semenjak Kemal menjabat sebagai presiden , tradisi islam mulai terkikis.

Dan berikut beberapa kebijakan Kemal Ataturk yang dirasa menyimpang :

1. Konspirasi Mustafa Kemal Untuk Menjadi Pemimpin Turki

Turki sedang goncang setelah kalah di Perang Dunia I. Di saat yang carut marut seperti ini, muncul sosok yang digadang bakal mampu menyelamatkan Turki dari keterpurukan. Mustafa Kemal, merangkak sedikit demi sedikit hingga akhirnya menuju puncak.
Sebelum menjadi Bapaknya orang Turki, diketahui Mustafa melakukan intrik-intrik khusus. Misalnya memposisikan dirinya sebagai pahlawan dengan mengusir Inggris dan Yunani dari tanah Turki.

Terkesan heroik, tapi ada yang aneh dari upaya ini. Hal tersebut adalah ketika Kemal mengusir bangsa penjajah tanpa perlawanan bersenjata. Sungguh hal yang mustahil. Dari sini banyak yang kemudian menganggap jika ada semacam kerja sama terselubung antara pihak Kemal, Inggris dan Yunani untuk melakukan skenario tersebut.
Oya . arsip dari wikipedia , Kemal memang lahir di Yunani ..Sedangkan menurut situs garis keras .. Kemal adalah orang Yahudi yang menyamar .

2. Kemal Menghancurkan Kekhalifahan

Naiknya Kemal menjadi presiden menimbulkan konsekuensi yang buruk bagi kekhalifahan. Ya, tidak mungkin ada dua pemimpin saat itu. Dan rakyat sendiri sepertinya cenderung untuk memilih Kemal untuk memimpin Turki . Lalu, akhirnya direalisasikanlah rencana penumbangan Khalifah yang sudah berdiri ratusan tahun itu.

image

Sultan Abdul Majid, khalifah Turki terakhir

Sultan dilucuti dari kekuasannya dan diusir dari Turki beserta keluarganya, serta menyita kekayaan untuk diberikan kepada negara. Langkah ini mendapatkan kecaman dari Muslim dunia. Berbagai usaha dilakukan untuk tetap mempertahankan kekhalifahan, namun pada akhirnya tak mampu terselamatkan.

3. Mustafa Kemal Diduga Membenci Islam

Kalimat ini mungkin kontroversial, tapi hal tersebut bukanlah sekedar tuduhan semata. Mustafa memang Kemal tidak terang-terangan mengatakan membenci Islam, tapi hal tersebut terlihat dari beberapa aturan kontroversial yang pernah diberlakukannya di tanah Turki.

image

Kemal Ataturk

Pertama adalah pemberlakukan adzan berbahasa Turki di masa kekuasaannya. Hal ini tentu saja sangat kontroversial dan mengada-ada. Aturannya, adzan harusnya tetap dalam bahasa Arab, termasuk bacaan-bacaan dalam sholat. Aturan berikutnya yang membuatnya terkesan seolah membenci Islam adalah mulai menghapuskan sistem-sistem yang berbau keislaman di berbagai sisi. Ia kemudian mengadopsi sistem barat sebagai penggantinya termasuk mengganti huruf arab menjadi latin .

4. Rumor Kematian Mustafa Kemal yang Sangat Buruk

Banyak rumor yang mengatakan Mustafa Kemal mendapatkan kematian yang sangat buruk. Menurut cerita, di masa ajalnya ia mengalami sakit yang amat parah. Diduga menderita penyakit dalam dikarenakan alkohol. Perutnya membuncit dan banyak cairan yang keluar dari lubang-lubang tubuhnya.

image

Kematian Mustafa Kemal Ataturk

Keadaannya sungguh sangat miris dan sama sekali tak nampak kegagahannya sebagai sang Bapak Turki. Konon , masih dari beberapa situs garis keras , Kemal merasa selalu kepanasan , bahkan disetiap tidurnya selalu disediakan air di sampingnya , bahkan pernah di bawa ke tengah laut dengan kapal dalam ruangan khusus agar selalu dingin, namun tidak juga berhasil hingga akhirnya, pada tanggal 10 November 1938, Mustafa Kemal menghembuskan nafas terakhirnya.

Bahkan saat pemakamannya pun sempat ditolak bumi , yang artinya tidak bisa dikubur .
Konon pemerintah akhirnya menutup jasad Kemal dengan batu dan akhirnya dicor hingga seperti saat ini .Namun berita seperti itu ternyata hanya dimuat di media-media garis keras , sementara media-media lain tidak demikian . Artinya berita itu belum bisa diyakini kebenarannya .

Makamnya sendiri dibangun teramat megah dan masih rutin dikunjungi banyak orang tiap tahunnya hingga hari ini.
Mustafa Kemal Ataturk, di satu sisi dianggap sebagai pahlawan, tapi bagi sebagian orang ia juga merupakan penjahat besar. Menghilangkan kekhalifahan yang sudah dirintis sejak ratusan tahun lalu dan menjadi simbol kebesaran umat Islam, tentu saja ini adalah sebuah hal gila yang mungkin tak termaafkan.

Terlepas dari semua hal buruk yang pernah dilakukannya, Kemal Ataturk tetap menjadi sosok paling dihormati di tanah Turki , bahkan presiden Turki Erdogan pun menaruh hormat kepadanya .
Hampir mirip dengan kisah bapak pendiri bangsa Indonesia Sukarno , beberapa kalangan membencinya karena pernah mengijinkan PKI mendirikan partai .Namun sebagian besar lainya tetap mencintainya sebagai bapak bangsa .

image

Silahkan baca biografi Kemal Ataturk di Wikipedia


Bagaimana menurut anda ?

Iklan

Responses

  1. tapi anit kabir(lokasi komplek makamnya si att) emang aura nya ga ngenakin sih, anak saya nangis jerit2 masuk museum nya disana, rewel bgt, begitu keluar anteng2 aja, masuk tempat sejarah yg lain dia biasa aja ga seajaib ke anit kabir. cukup sekali aja kesono.

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: