Kisah Ahli Ibadah Yang Dilaknat

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

Masshar2000.Com : Sudah banyak kisah tentang seorang ahli ibadah yang ibadahnya belum atau tidak diterima oleh Allah .
Banyak orang menjadi sombong dan merasa menjadi ahli surga bahkan mengkapling-kaplingkan surga seenak jidatnya saat dirinya sudah menjadi ahli ibadah .

Mereka mengira paling pantas mendapatkan surga karena merasa lebih beribadah daripada yang lain dan mengira bahwa yang memasukkannya kedalam surga adalah karena ibadahnya . Sifat sombong inilah yang bisa memicu gugurnya amal ibadah seseorang .
Padahal sesungguhnya urusan surga dan neraka itu urusan Allah dan hak prerogratif Allah sendiri . Dan seandainya seseorang dimasukkan ke surga itu sudah pasti karena rahmat dari Allah bukan karena ibadahnya .
Bukankah setiap kita berdoa , kita hanya meminta agar amal ibadah kita diterima Allah ?

Nah , berikut ini adalah kisah ahli ibadah yang sombong yang dimasukkan Allah kedalam neraka jahanam .

“Saya lebih baik dari dia..” kata Iblis kepada Tuhan sambil menunjuk Nabi Adam as.

Iblis jelas tersinggung karena ia beribadah begitu lama kepada Tuhan dengan nilai ritual yang tiada duanya di kalangan bangsa jin manapun.
60 ribu tahun bukan waktu yang sedikit. Ibaratnya tuh jidat udah gosong  dipake sujud.

Dan sekarang dengan seenaknya Tuhan menciptakan seorang manusia dihadapannya dan menyuruh dia , si ahli ibadah ini untuk tunduk kepadanya ?
No..No..No…Tidak ..Kalau bahasanya deny siregar ,
“Nehi !” Kata iblis membuang muka dengan aksen india dan siap-siap mencari pohon untuk menari di baliknya.

Iblis dulunya adalah pelaku ritual yang maha dahsyat. Tidak ada satupun kalangan jin yang mampu menandingi ritualnya. Ia bahkan dianggap sebagai “malaikat” karena kehebatan ritualnya.

Tapi apakah ritual ibadahnya itu menyelamatkan dirinya ? Ternyata tidak.

Tuhan Maha Tahu bahwa dibalik kuatnya ibadah iblis, ada rasa kekaguman terhadap dirinya sendiri atau kesombongan yang tiada batas.
Ada perasaan meninggikan diri dan merendahkan ibadah jin lain. Ada rasa bahwa ia lebih mulya daripada bangsa jin yang lain.

Perlahan-lahan iblis menanamkan benih kesombongan dalam dirinya. Benih yang tumbuh menjadi pohon dengan ranting dengki dan iri, batang hawa nafsu yang penuh curiga dan kebencian yang maha dashyat. Dan semua itu berasal dari satu benih yang ia pupuk setiap hari, yaitu sombong.

Kitab suci Al-Qur’an mengabarkan bahwa Iblis kemudian dikutuk dan dilaknat Allah dan akan dimasukkan kedalam neraka dan kekal didalamnya karena ketidak-taatannya itu.

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat; “Sujudlah  kamu kepada Adam,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis, dia enggan dan takabbur dan adalah dia termasuk golongan yang kafir.  [Surah Al-Baqarah : 34]

Iblis lalu meminta satu permintaan saja kepada Tuhan, “Bolehkah aku menyesatkan anak cucu manusia yang Kau ciptakan itu, Tuhan ?”

Tuhan itu Maha Adil. Entah karena Iblis pernah beribadah dengan baik atau apa , maka dibalaslah ibadah itu dengan meluluskan permintaannya bahkan Tuhan menangguhkan kematiannya hingga hari kiamat kelak .

“Jadi dengan apa Iblis menggoda anak cucu Adam ?”
Pertanyaan yang penuh penasaran bukan ?

“Iblis tidak suka ketika ada anak cucu Adam yang lebih taat darinya kepada Tuhan. Maka ia merusak semua ritual ibadah seseorang dengan menanamkan benih kesombongan, karena tidak boleh ada dari manusia yang bisa mengalahkannya dalam hal keimanan…”

Dari sini kita bisa belajar dan mengambil hikmah dari kisah tadi , bahwa iblis merusak manusia justru ketika manusia itu mulai merasa ia sedang beriman.

image

العظمة إزاري، والكبرياء ردائي، فمن نازعني واحداً منهما عذبته

Firman Allah Azza wa Jalla dalam hadits Qudsi, “Keagungan adalah pakaianKu, kesombongan adalah selendangKu, barangsiapa yang mencabutnya dariKu salah satu dari keduanya, maka Aku akan mengazabnya.”  [Hadits Qudsi riwayat Abu Daud, Ibnu Majjah, Ahmad, dishahihkan oleh al-Albani]

Apakah anda sekarang merasa paling beriman dan merasa agama anda paling benar dibanding teman-teman anda ?
Anda tidak sedang mengikuti iblis kan ?

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum…

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s