Iklan
Oleh: masshar2000 | 6 Agustus 2017

Karena Wanita Ingin Dimengerti

image

M2000.Com – Jika anda membaca judul diatas , mungkin anda mengira ini akan mengulas lagu hits nya ADA BAND atau jangan-jangan anda mengira ini ada afiliasi dengan produk pembalut kewanitaan.

Hmm…wajar sih , namun saya bukan akan mengulas keduanya , tapi tentang seluk-beluk wanita …catat ya…seluk-beluk wanita , bukan lekuk-lekuk tubuh wanita ..hehehe , jangan serius gitu dong .

Oke , kita mulai dari sisi si lelaki dulu.
Lelaki itu harus mempunyai dada yang sangat lapang. Saat istrinya mengeluh, mencurahkan gundah, mengutarakan resah. Dia harus mendengarkan dengan penuh perhatian. Meskipun saat yang sama di pundaknya masih ada tumpukan beban yang tak bisa diceritakan. Bukannya tak jujur dan tak mau berbagi, tetapi itu memang bagian seorang lelaki , jadi berusahalah untuk jadi pendengar yang baik , jangan suka memotong pembicaraan seorang wanita kecuali saat sedang becanda .

Lelaki memang harus penyabar. Ingatlah sebuah kisah saat bunda Aisyah ra. cemburu lalu menumpahkan mangkuk makanan yang diantar utusan Shofiyah untuk Nabi SAW. Apakah beliau memarahi Aisyah? …Tidak, bahkan beliau yang memungut pecahan mangkuk dan roti lalu diserahkan kepada utusan itu, sambil mengatakan,” Makanlah, ibundamu sedang cemburu.”

Tahukah siapa yang diperlakukan seperti di hadapan seorang pembantu. Seorang rasul, utusan Allah, pemimpin kaum muslimin.
Lalu lelaki macam apa kita kalau sampai minta dihormati istrinya lebih dari beliau yang setiap perbuatannya adalah sunah (selain yang diwajibkan ).

Ingat pula saat seorang laki-laki menemui amirul mukminin Umar bin Khattab mengadukan hal perangai istrinya, tapi dia terpaku dan membatalkan pengaduannya karena melihat Umar sedang dimarahi istrinya dan hanya diam saja, hingga Umar berkata kepada laki-laki tersebut , ”Bagaimana aku tidak bersabar bukankah dia yang mencucikan bajuku, memasak makananku dan mengurus anak anakku, sabarlah bahwa itu hanya sebentar saja.”

Lalu siapa kita ingin diperlakukan lebih dari mereka ?

Tapi yang perlu dicatat adalah bahwa kisah di atas bukanlah dalil bagi wanita untuk menjadi manja. Bukan hujjah untuk boleh membantah. Tetapi pelajaran besar untuk para lelaki, bahwa memang fitrahnya wanita ingin dimengerti…Nah ketemu kan akhirnya .

Jika orang semulia mereka mampu sedikit mengalah, kenapa kita merasa rendah? Mereka bukan barisan suami takut istri, tetapi suami sayang istri.

Coba perhatikan kutipan ayat berikut ,

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
(Q.S.al-Nisa (4) : 34)

Jangan lupa juga , bahwa setelah suami mau mengerti istrinya , sang istri pun juga harus mengerti suaminya , dan jangan malah bangga jika suami-suami mereka disebut Ikatan Suami Takut Istri .

Maka , istri pun wajib menjaga martabatnya sebagai seorang wanita sekaligus sebagai istri.
Untuk lebih jelasnya , berikut nasihat-nasihat umum dari para ulama tentang kewajiban seorang istri :

1. Seharusnya seorang isteri mengetahui kedudukan dirinya seolah-olah seorang ‘hamba’ perempuan yang dimiliki oleh suaminya atau sebagai ‘tawanan’ yang lemah. Oleh karena itu dia tidak boleh membelanjakan sedikit pun dari hartanya (sendiri) kecuali dengan seijin suaminya karena ia diumpamakan sebagai orang yang dalam kawalan (perhatian).

2. Wajib bagi seorang isteri:
* Merendahkan pandangannya terhadap suaminya.
* Memiliki sifat pemalu terhadap suaminya
* Tidak berkhianat terhadap suaminya ketika suaminya tidak ada termasuk juga hartanya.
* Menunaikan hajat suami (jika diajak oleh suaminya) biarpun di waktu sibuk atau susah (ditamsilkan berada di punggung unta oleh Rasulullah).
* Meminta ijin suami untuk keluar dari rumahnya. Kalau keluar rumah tanpa ijin suaminya maka dia dilaknati oleh malaikat sampai ia bertaubat dan kembali termasuk bekerja diluar juga harus seijin suami.
* Memperhatikan kebersihan dan kerapihan diri, termasuk menjaga kebersihan mulut.
* Bersolek di depan suami , jangan dibalik
* Tidak berhias ketika suami tidak ada
* Menghormati keluarga suaminya

3. Siapa saja di kalangan isteri yang bermuka masam di hadapan suaminya, maka ia dalam kemurkaan Allah sampai ia dapat membuat suasana yang menggembirakan suaminya dan memohon kerelaannya.

Imam Thabrani menceritakan bahwa seorang isteri tidak dianggap menjalankan kewajibannya terhadap Allah hingga ia menjalankan kewajibannya terhadap suaminya, dan seandainya suami memintanya (untuk digauli) sedang ia (isteri) di atas belakang unta maka tidak boleh dia menolaknya artinya harus siap kapanpun , kecuali pada saat-saat yang dilarang agama atau pada saat sakit .

4. Seorang isteri hendaklah menyadari bahwa seorang suami bagi isteri adalah bagaikan ayah bagi seorang anak karena taatnya seorang anak kepada ayahnya dan memohon keredhaannya adalah wajib Seorang suami pula tidak wajib mentaati isteri.

5. Menjadi pendorong serta penasehat dalam hal-hal kebaikan. Pun sang istri harus memahami hal-hal yang digemari dan yang dibenci oleh suami.

6. Setiap perbuatannya juga hendaklah menyenangkan hati suami dan Senantiasa menambahkan ilmu agamanya serta amalan-amalannya dengan berbagai macam cara seperti membaca, mendengar kaset-kaset ceramah agama serta mengikuti majlis- majlis agama.

7. Senantiasa menyediakan air di sisi suami. Selama ia berbuat yang demikian selama itulah ia didoakan keampunan oleh para malaikat. Memasak makanan menurut kesukaan atau selera suami.

8. Ikut kemauan suami pada waktu bersenda gurau, memijat, mengipas dan sebagainya.
Istri jangan berpuasa sunnah kecuali seizin suaminya.

Nah , sudah lengkap kan penjelasannya ?
Setelah anda para wanita bisa melakukan itu semua boleh deh bermanja-manja dengan pasangannya dan pasangan anda pun juga pasti akan memanjakan anda dengan sendirinya ..Karena wanita memang punya hak untuk dimanjakan .

Semoga bermanfaat ,

Bonus video ,

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: