Alhamdulillah , Demo Kepung Candi Borobudur Batal

image

Aksi kepung Borobudur batal

M2000 – Beberapa hari yang lalu sempat beredar isu akan ada demo #SAVE ROHINGYA yang akan di gelar di sekitar situs budaya candi Borobudur .

Berbagai pihak yang tidak berkepentingan pun tidak setuju atas aksi tersebut meskipun itu bertujuan baik yaitu menuntut penghentian etnis Rohingya di Myanmar .
Dari isu yang sempat berkembang , aksi dilakukan di sekitar candi Borubudur , karena Borobudur adalah simbol Budha yang sudah diakui dunia , karena Borobudur adalah satu dari tujuh keajaiban dunia yang pastinya nanti aksi demo akan disorot dunia .

Sejumlah tokoh pun tidak setuju , termasuk tokoh Muhammadiah Din Syamsudin yang mengatakan demo di candi Borobudur salah alamat , pun begitu dengan ustadz kondang Arifin Ilham yang memilih menggelar aksi didepan kedubes Myanmar di Jakarta .

Bayangkan jika nanti ada kerusuhan atau bahasa umumnya ada provokator dan sampai merusak candi , betapa malunya Indonesia dimata dunia , dan berapa miliar uang yang akan dikeluarkan untuk memperbaikinya .

Kapolri pun juga sudah mengatakan melarang aksi di candi Borobudur tersebut .
Kapolri Jenderal Tito Karnavian melarang warga melakukan aksi bela Rohingya di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Tito telah memerintahkan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Condro Kirono untuk melarang aksi tersebut. .

Namun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memutuskan menutup  Candi Borobudur untuk wisatawan pada Jumat, 8 September 2017. Kebijakan diambil setelah aksi #SaveRohingya heboh di media.

“Meski aksi di Candi Borobudur tidak jadi, tapi kita bersama TNI dan Polri tetap melakukan pengawasan. Ini juga sekaligus untuk pengamanan kunjungan Presiden pada Sabtu besok,” kata Sekretaris Daerah Pemprov Jateng, Sri Puryono, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu 6 September 2017 seperti dikutip dari metrotvnews.com

Untuk wisatawan rombongan masih diperbolehkan berkunjung ke Borobudur. Alasannya, rombongan wisatawan biasanya sudah merencanakan kunjungan jauh-jauh hari sehingga tak bisa dibatalkan.
Sri Puryono juga telah memastikan aksi #SaveRohingya dipindah di Masjid An-Nur, Magelang. Aksi yang awalnya disebut bakal mengepung warisan budaya dunia tersebut dikemas dengan doa bersama dan penggalangan dana.
.
“Tidak ada demo atau orasi. Adanya salat bersama di Masjid An-Nur, Magelang,” ujar Sri Puryono. Masjid An-Nur memiliki daya tampung 1.500 orang. Dia juga yakin kegiatan di masjid tersebut tidak akan melenceng jauh dari aksi simpatik dan doa bersama. .

“Petugasnya pun dari takmir Masjid An-Nur, bukan orang luar yang memiliki kepentingan lain,” tegas Sri Puryono.

Polda Jawa Tengah juga sudah menaikkan status pengamanan di kawasan candi menjadi siaga satu. Pengamanan dari 2.500 personel Polri-TNI ini akan berlangsung Kamis (7/9) hingga Sabtu (9/9). Seluruh personel gabungan ini bakal mengamankan Jawa Tengah. Terutama, Candi Borobudur yang sempat disebut menjadi tujuan aksi.

Aksi #SaveRohingya yang bakal diselenggarakan pada Jumat, 8 September 2017 itu diklaim bakal diikuti 200 organisasi massa. Aksi dimulai dengan shalat berjemaah di masjid dekat Borobudur. Massa bakal longmars dan mengenakan pakaian bernuansa putih. Munculnya larangan dari Polda Jateng juga langsung ditanggapi. Aksi pun diarahkan pindah ke dipindah ke Masjid An-Nur Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai seorang muslim saya pribadi juga sependapat dengan pernyataan Din Syamsudin yang mengatakan aksi demo di candi Borobudur salah alamat .

image

Spanduk dari paguyuban pedagang Borobudur

Namun seandinya aksi kepung Borobudur tersebut tetap dilaksanakan , saya usul agar ada perjanjian hitam diatas putih antara pengelola candi , paguyuban pedagang , koordinator aksi dan di saksikan polisi setempat yang isinya ” semua peserta aksi wajib membawa sapu dan pengki serta wajib membeli souvenir dari para pedagang di candi Borobudur ” …Adil kan ? …semua tidak ada yang dirugikan ?

Dengan estimasi peserta 50 ribu orang saja ,  betapa bersihnya lokasi candi Borobudur dan betapa larisnya jualan para pedagang disana , apalagi kalau yang datang sampai 7 juta umat …Wow …

Bagaimana pendapat pemirsa ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s