Apakah Rokok Haram …?

image

M2000 – Hingga kini perdebatan mengenai rokok halal atau haram masih terjadi .

Banyak yang beranggapan apapun yang tidak ada manfaatnya bagi tubuh dan malah merusak tubuh adalah haram , namun ada juga , apabila jelas-jelas tidak disebutkan dalam Al- Qur’an ataupun hadist pada dasarnya tidak haram  , namun bisa makruh atau mubah .

Tentu kita sering melihat para kyai atau ulama yang juga merokok , mereka jelas orang yang berilmu soal agama , tapi mereka tetap merokok , jadi rokok tidak haram dong ya ?

Atau mengapa para kyai-kyai itu tidak berani mengeluarkan fatwa rokok itu haram? 
Apakah karna kebanyakan kyai itu ahlul hisab ?… Bukan!
Tapi rokok tidak ada hukumnya yang tertulis dalam Al-Qur’an dan Hadis, maka asal hukumnya adalah boleh, dengan pertimbangan lain dan istinbath, menjadi khilaf hukumnya: bisa haram, bisa makruh, bisa jadi wajib.

Menurut Ning Uswah , Cara berfikir para kyai itu panjang, ora grusa-grusu ( tidak gegabah ), ora waton njeplak ( asal bunyi ), sebab kalau rokok haram, maka apapun yang berhubungan dengan rokok juga akan haram, tidak sekedar yang menghisap saja yang terlarang , pabriknya haram, karyawannya haram, gaji dari perusahaan rokok haram, masuk ke perutnya dan keluarganya jadi haram, yang menjual haram, yang membeli haram, yang mengiklankan haram, yang jadi artis iklan rokok haram, rokok ada pajaknya, kalau pajaknya dibuat bangun infrastruktur juga haram, jalanan yang dilewati jadi haram, subsidi pemerintah dari rokok juga haram.

Ada juga yang menyindir bahkan menghujat pemerintah karena menurutnya pemerintah tidak tegas membasmi rokok .

Lha ini , kalau cara berpikirnya dangkal , gampang mengharamkan sesuatu hanya karena tidak ada manfaat tapi merusak .
Misalkan hanya soal itu yang dipakai untuk mengharamkan , bisa jadi minuman soda berkarbonat juga haram dong , coba cari tahu adakah manfaat minum minuman soda berkarbonat , yang ada juga malah gangguan kesehatan , termasuk juga makanan kaleng yang diawetkan .

Dulu pun dalam sejarahnya kopi sempat di haramkan di tanah arab karena setelah minum kopi badan jadi segar , efeknya seperti orang mengkonsumsi obat-obatan psikotropika .
Akhirnya diralat setelah di teliti apa dalam kandungan kopi . Anda bisa mencari artikel seperti ini di google dengan kata kunci ” sejarah kopi arab “.

Saya sih tidak mau membahas rokok dari segi kesehatan,  ya.., itu urusan anda dengan keluarga anda, saya bahas HUKUM, yang alergi rokok bisa minta perokok-perokok itu pergi dari kehidupan anda .

image

Ini fatwa MUI tentang rokok

Terus , Bank konvensional haram dan Bank Syariah itu halal?
Lo, Bank Syariah ini kan anaknya Bank Konvensional.
Bank Indonesia yang mengedarkan uang kita juga jenisnya Bank Konvensional lo.
Kalau semua ulama sepakat bahwa Bank Konvensional itu haram, maka apapun yang berhubungan dengan Bank juga haram. Daftar haji lewat Bank haram, transfer haram, bayar apapun lewat bank haram, berjalan ke lantai bank juga haram, pakai mbanking/ebanking/ibanking haram, uang yang kita pegang juga haram, thoghut thoghut .
Yang bekerja di bank disebut digaji dari uang haram , sementara dia sendiri nabung di bank alias minjemin uang pada bank untuk di hutangkan kepada nasabah dengan bunga .

Sudah mumet belum ?

Nah kan , sampe segitunya para Ulama berfikir,  mereka tidak asal memberi fatwa.. Lha sekarang kok gampang banget kasih fatwa: hormat bendera itu haram, menyanyikan lagu kebangsaan itu haram, gofood itu haram, gojek itu haram,  mencium tangan dalam rangka tabarrukan itu haram syirik, jomblo iku Haram  dll…
Untuk yang terakhir ini jawabanya cukup simpel ” Halalin Dong “.

Jadi rokok haram atau halal ?

Wah , saya sendiri juga tidak tahu , karena ada beberapa pendapat kuat disitu , saya pun juga tidak berhak menentukan haram tidaknya suatu barang .
Terserah anda memakai pendapat yang mana , tapi yang jelas haram dan dosa itu jika kamu merokok dari hasil ngutang warung tetangga dan kamu tidak membayarnya di kemudian hari.

image

Silahkan para pakar dan para ahli hisab berdikusi di kolom komentar jika berkenan !

Ditulis oleh ustad Abu dan dimodifikasi oleh masshar2000.com

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s