Iklan
Oleh: masshar2000 | 14 September 2017

Inilah Deretan Negara Yang Tidak Punya Hutang

image

M2000 – Maju atau tidak , kaya atau tidak , f
aktanya hampir semua negara di dunia memiliki utang dengan rasio utang terhadap GDP yang berbeda-beda. Termasuk Indonesia, yang juga punya utang.
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatatkan total nilai utang pemerintah pusat hingga posisi November 2016 sebesar Rp 3.485,36 triliun dan sampai akhir agustus 2017 mencapai 3.700 triliun .

Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, China, Jepang pun memiliki utang negara yang sangat besar. Hanya sedikit negara yang bebas utang, alias tidak memiliki sepeser pun utang pada pihak manapun.
Kebanyakan adalah negara-negara kecil.
Nah, negara mana saja?
Berikut daftar negara yang tidak memiliki utang seperti dilansir dari highestearning, awal  tahun 2017 lalu : 

1. Macau
Banyak yang mengira Macau adalah salah satu kota di negara Cina , tapi ternyata Macau adalah sebuah negara .
Macau adalah surga bagi para penjudi di Asia. Bahkan orang menyebut Las Vegasnya China. Negara kecil tetangga dari Hong Kong ini disebut sebagai salah satu negara yang tak memiliki utang.
Menurut Ecnonomist Intelligence Unit (ENU), Macau dipercaya menghasilkan US$ 40 miliar per tahun di 2013. Naik 19 perssen dari tahun sebelumnya. Macau memiliki populasi 557.672 jiwa.

2. British Virgin Island
Sebuah wilayah non-berdaulat Inggris, juga dikenal sebagai ‘Virgin Islands’ memiliki sistem pemerintahan yang independen. Negara ini juga mencuat saat ada kasus Panama Papers di mana banyak orang membuat perusahaan di negara ini.
Selain tak punya utang, British Virgin Island adalah negara bebas pajak.
Negara ini juga adalah yang terkaya di Kepulauan Karibia. Salah satu hal menarik dari British Virgin Island adalah Anda tak perlu visa untuk datang ke sini.

3. Liechtenstein
Negara ini memiliki populasi 35 ribu orang dan berlokasi di perbatasan Austria dan Swiss. Luasnya hanya 62 mil persegi dan menjadukannya negara terkecil keenam di dunia.
Di dunia, negara ini juga berada di peringkat kedua dengan angka pengangguran terendah. Tak hanya itu, Liechtenstein juga punya ekonomi yang kuat, dengan GDP per orang mencapai US$ 95 ribu.

4. Palau
Palau adalah negara kepulauan yang memiliki 300 pulau. palau juga dikenal sebagai surga bagi turis yang hobi snorkeling. Populasi dari negara bebas utang ini hanya 21 ribu orang. Penduduknya beragam, yaitu 70 persen warga asli Pulaun, 15 persen orang Filipina, 5 persen orang China, 2 persen kulit putih dan 8 persen Asia.

5. Brunei Darrusalam
Brunei menjadi negara yang merdeka secara resmi pada 1 Januari 1984.
Negara ini dekat dengan jalur laut penting melalui Laut Cina Selatan menghubungkan Pasifik dan Samudra Hindia, negara tetangga Malaysia dan Indonesia.

Dengan jumlah penduduk 408.786 itu sangat bebas utang. Anda mungkin menemukan mayoritas warga ini bekerja di ladang minyak, karena produksi gas yang menyumbang 90% dari PDB, itu membuat 167.000 barel minyak per hari.
Dengan harga minyak di AS saat ini sekitar US$101 Anda dapat melakukan penghitungan untuk mencari margin keuntungan yang diperoleh mereka. Hanya 2% dari lahan Brunei menjadi pertanian.

Bagaimana dengan Turki , katanya tidak punya hutang ke IMF ?
Ya benar , Turki memang tidak punya hutang ke IMF , namun  Turki lebih memilih berhutang ke bank swasta lokal .

Bagaimana dengan negara kaya minyak Arab saudi , apakah juga bebas hutang ?
Tidak , Arab Saudi pun tidak lebih baik dari Indonesia .

BACA :

Siapa Bilang Arab Saudi Tidak Punya Hutang ?

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: