Iklan
Oleh: masshar2000 | 19 September 2017

Jokowi : Film PKI Boleh Diputar Tapi Buatkan Versi Yang Baru

image

M2000 : Entah kenapa pola pikir anak bangsa sekarang ini menurut saya mengalami kemunduran .
Bangsa ini sudah melewati fase yang boleh dibilang kelam untuk masalah demokrasi dan itu terjadi pasca reformasi 98.

Tujuan kita jelas menggulingkan rezim yang sudah berkuasa selama 32 tahun dengan kelebihan dan kekurangannya .
Gerakan anti Korupsi , Kolusi dan Nepotisme jelas kita gaungkan bertubi-tubi dan nyatanya , walaupun belum sempurna setidaknya sudah nampak perbedaannya dibanding saat ORBA yang memonopoli perpolitikan tanah air.
Dan semua presiden pasca Reformasi sudah memerangi KKN dengan segala kelebihan dan kekurangannya dan harus kita apresiasi .

Nyaris di masa ORBA pergunjingan tentang PKI tidak pernah ada kecuali di awal tahun ORBA berdiri .Tapi kini setelah 19 tahun pasca reformasi kenapa isu PKI malah muncul kembali , unik bukan kalau tidak boleh disebut kemunduran .

BACA : Buya Safi’i : Isu Bangkitnya PKI Hanya Dibuat-Buat Untuk Memecah Belah Bangsa

Nah yang lebih unik lagi masalah film G30 S/PKI saja diributin , ini parah banget .
Kita ingat , pasca reformasi film G30 S/PKI ini oleh semua kalangan sudah tidak mungkin diputar lagi karena dinilai ada kesalahan dalam sejarah dan semua stasiun TV pun setuju untuk tidak memutarnya .

Namun kini film tersebut malah diributin lagi , ada yang sangat getol agar film ini diputar lagi entah dengan tujuan apa , tapi ada yang tetap tidak setuju karena memang sejarah harus diluruskan . Namun yang ada , kelompok yang ingin meluruskan sejarah malah dibilang PKI nya …Logikanya dimana coba ?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menanggapi polemik soal film ini . Jokowi  mengusulkan agar film G30S/PKI dapat diperbaharui agar dapat dipahami oleh generasi muda.

“Ya, nonton film apalagi mengenai sejarah itu penting, akan tetapi untuk anak-anak milenial yang sekarang tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka,” kata Presiden Joko Widodo seusai meninjau Jembatan Gantung Mangunsuko di kecamatan Dusun, Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9/2017) seperti dikutip dari Okezone.

Hal itu disampaikan Presiden menyusul rencana Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk memutar film G30S/PKI di lingkup internal institusinya.
“Biar mereka (generasi muda) mengerti tentang bahaya komunisme, biar mereka tahu juga mengenai PKI,” tambah Presiden.

Film versi terbaru itu dinilai penting agar generasi milenial mau juga untuk menonton film yang dirilis pada 1984 itu.

“Ya akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi generasi milenial,” ungkap Presiden.

image

Film yang penuh misteri dan masih menimbulkan perdebatan

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya menyatakan bahwa Mendagri sudah mengizinkannya ketika memerintahkan seluruh anggotanya menonton film garapan era Orde Baru tersebut.
Rencana TNI menggelar acara nonton bersama film G30S/PKI memang menjadi polemik karena ada sejumlah pihak yang menilai film itu tak pantas ditonton lagi.

Menurut Jenderal Gatot Nurmantyo, pemutaran Film G 30 S/PKI dalam rangka menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda Indonesia.
Saat ditanya wartawan bahwa fakta sejarah didalam film tersebut masih menimbulkan pro dan kontra , Gatot menjelaskan ,
“Saya tidak berpolemik dan hanya meneruskan sejarah yang terjadi saat itu kepada generasi muda, kalau menurut sejarah tidak boleh, mau jadi apa bangsa ini,” ujar Panglima TNI ini.

Menurut hemat saya , memang lebih baik dibuatkan versi yang lebih baru seperti yang dikatakan presiden Jokowi .
Fakta sejarah tentang kebiadaban PKI memang harus diketahui oleh generasi penerus bangsa kelak , tapi fakta sejarah juga jangan diabaikan tentang alur ceritanya .

Dulu kita sempat menentang film ini karena dinilai tidak sesuai sejarah dan hanya menguntungkan rezim ORBA dan mengkerdilkan pemerintahan Orde Lamanya Sukarno sang pendiri bangsa  , masa sekarang malah mau mengangkat ORBA yang sudah kita gulingkan …#MikirKeras

Waspada bangkitnya ORBA , kita tahu mereka (Lingkaran Orba) ada di kelompok mana !

Jujur saya sendiri juga kangen dengan film kesukaan saya saat kecil ini , tapi kalau itu memang menimbulkan perdebatan dan perpecahan anak bangsa sebaiknya tidak perlu dipaksakan untuk diputar lagi .
Kalau hanya sekedar untuk menunjukkan kebiadaban PKI sih rasanya tidak perlu karena semua orang juga sudah tahu dan bisa melihatnya melalui internet . Setidaknya daripada menimbulkan polemik dan konflik baru di masyarakat.
Toh PKI nya juga sudah bubar jalan , sudah dikubur dalam-dalam tidak mungkin bangkit lagi . Dinegara asalnya saja juga sudah tidak laku , apalagi di Indonesia yang semua orang beragama , mustahil bangkit lagi .
Kalaupun nongol satu langsung gebuk saja kata pak presiden .

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: