Iklan
Oleh: masshar2000 | 22 Oktober 2017

Fakta : KEK Mandalika Proyek Mangkrak 29 Tahun dan Kini Diselesaikan Jokowi

image

M2000 – Beberapa hari yang lalu , Presiden Jokowi membuat heboh dengan Vlog nya bersama gubenur NTB Tuan Guru Bajang saat di kawasan Mandalika .
Dalam vlog tersebut , Jokowi mengatakan bahwa KEK Mandalika adalah proyek yang direncanakan 29 tahun dan baru bisa diselesaikan tahun 2017 ini .

Ya harusnya kita bersyukur dong , ada proyek mangkrak dengan duit puluhan triliun yang gak jelas hasilnya kini sudah diselesaikan pemerintah .Tapi kok ya ada saja yang gak suka dengan keberhasilan Jokowi ini …apa pinginnya semua proyek mangkrak ?

Oke , kita kupas saja sejarah KEK Mandalika yang mangkrak sampe 29 tahun dan sekarang selesai diklaim Jokowi dan sepertinya ada yang gak terima itu .

Yang gak suka keberhasilan Jokowi boleh nyari isu lain untuk menjatuhkan Jokowi , karena faktanya KEK Mandalika ini memang proyek mangkrak selama 29 tahun .

Mau tahu sejarah aslinya ?
Mau tahu saja apa mau tahu banget ?
Ya udah deh , inilah sejarah KEK Mandalika yang mangkrak itu :

KEK Mandalika atau Mandalika Resort memang proyek jadul. Dia dirancang di era Soeharto, saat bapak Joop Ave jadi Dirjen Pariwisata sebelum akhirnya menjadi menteri pariwisata , dan pelaksanaanya dipercayakan kepada BUMN Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Lombok.

Belum sempat berkiprah banyak, dan baru bisa menghadirkan Hotel Novotel Lombok, krismon keburu datang di pertengahan 90an dan LTDC pun harus diambil alih oleh BPPN dan penerusnya: PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA). Proyek kembali macet .
Di penghujung 2005, PPA mulai menawarkan Mandalika Resort kepada banyak pihak. Investor pun akhirnya berhasil didapat. Siapa? Pemerintah Dubai, yag diwakili oleh Emaar Properties LLC.

Sebelum kesepakatan diteken pada 19 Maret 2008, Presiden SBY memutuskan untuk mengalihkan aset LTDC ke BTDC, via PP No. 50 tahun 2008.
Walhasil, BTDC jadi pihak yang bekerjasama dengan Emaar Properties LLC.
Sayang, kesepakatan bernilai Rp 21 triliun itu akhirnya berlalu begitu saja karena gonjang-ganjing moneter global pada 2008. Selanjutnya, BKPM pun jadi pihak yang sibuk ke sana-sini mencari investor baru.

Tahun 2013, Indonesia menjadi tuan rumah APEC. Kesempatan ini dijadikan momentum Pemprov NTB dan BTDC untuk ‘mencolek’ Presiden SBY agar ‘ingat’ pada Mandalika Resort.
Maka, 2 tahun sebelum APEC, Juni 2011, rancangan bisnis senilai Rp 30 triliun pun dibuat dan dipresentasikan ke SBY.
Beberapa bulan kemudian, Oktober 2011, tanpa mengatasnamakan APEC 2013, SBY pun meresmikan proyek pembangunan Kawasan Pariwisata Mandalika, berjangka 10 tahun, dan berbiaya Rp 27 triliun.
Juga, menyaksikan MOU BTDC dengan 3 investor nasional yang akan membangun hotel, villa, dan resort: PT Global Land Development (sekarang PT MNC Land Tbk, milik Harry Tanoe, MNC Group), PT Gobel Internasional (milik Rahmat Gobel, sekarang menteri perdagangan), dan PT Canvas Development (milik Peter Sondakh, Rajawali Group).

Peresmian pada Oktober 2011 itu akhirnya terbukti tak berbekas dan hanya Grand Breaking atau peletakan batu pertama saja ibaratnya karena tidak ada kelanjutannya .

Dan dari situs mandalikanews.com yang nanti bisa anda klik dibawah , Kadispudbar NTB mengeluhkan soal kerja SBY yang hanya ” meresmikan ground breaking tanpa ada kelanjutannya .

Pertanyaannya itu 30 triliun uangnya kemana?
Tahukah anda ?
Dan puncaknya, Jokowi datang bersama janji Rp 1,8 triliunnya. Dan janji menjadi nyata tidak sekedar ground breaking saja , tapi pelaksanaan .
Tapi beberapa media menyebutkan 3,3 triliun . Walaupun demikian , kan tidak sampai 27 triliun dan mangkrak .

image

Masih belum percaya ?
Makanya biasakan kalau baca berita , baca  isinya jangan hanya judulnya saja .
Lagian lucu aja , ada proyek mangkrak bisa diselesaikan malah protes .

Baca juga :

http://mandalikanews.com

www.demokrat.or.id

Salam literasi ,

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: