Iklan
Oleh: masshar2000 | 23 Oktober 2017

Survey : Jika Pilpres Digelar Hari Ini , Jokowi Unggul Telak Dibanding Prabowo

image

M2000 – Dinamika politik tanah air selalu berubah menurut kondisi dan isu yang berkembang dimasyarakat .

Berbagai lembaga survey pun mengambil celah untuk membuat survey berdasarkan jajak pendapat di masyarakat .
Survey yang paling menarik perhatian tentunya soal pilpres 2019.
Sejumlah nama beken disodorkan sebagai kandidat yaitu Joko Widodo , Prabowo , Agus Yudhoyono , Gatot Nurmantyo , Yusuf Kalla dan Hari Tanoe .

Salah satu lembaga survey yang mengambil momen tersebut adalah Roda Tiga Konsultan (RTK) yang melakukan survei dari tanggal 15 hingga 29 September 2017.
Survei itu dilakukan untuk menanyakan siapa yang pantas menjadi presiden jika pilpres digelar hari ini, dengan metode stratified systemic random sampling, sebanyak 2.600 responden dengan margin error 1,96 persen.

Menurut Direktur Riset RTK, Rikola Fedri menyebutkan, survei itu dibagi empat tahap. Pertama diambil di seluruh Indonesia lalu hingga tahap empat ke masing-masing RW sampai RT.

Jika pelaksanaan pemilihan langsung presiden dilaksanakan pada hari ini Joko Widodo mencapai 29,8 persen, Prabowo Subianto 17,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,3 persen, Yusuf Kalla 1,8 persen, Gatot Nurmantyo 1,6 persen, dan Hary Tanoesoedibjo 1,5 persen,” ujarnya di Mandailing Cafe, Jalan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (22/10) seperti dikutip dari Merdeka.Com

Prabowo dan Jokowi hingga kini masih terus bersaing. Dari elektabilitas presiden, RTK menyodorkan beberapa nama dengan yang akan dipilih masyarakat secara terbuka juga semi terbuka.

“Kalau kita kerucutkan beberapa nama, Jokowi mencapai 40,2 persen, Prabowo 25,9 persen, AHY mencapai 5,0 persen, dan Gatot Nurmantyo 2,5 persen,” ujarnya.

Dari beberapa nama itu, RTK mengambil kembali beberapa nama yang ditanyakan kepada responden. Di mana Jokowi head to head dengan Prabowo.

“Jokowi mencapai 43,3 persen, lalu Prabowo 29,3 persen. Ini selisihnya mencapai 14 persen,” pungkasnya.

Selain nama Jokowi dan Prabowo, adapula Wakil Presiden Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan, yang masuk dalam bursa capres di Pilpres 2019.

Walaupun sebuah survey jelas tidak bisa menggambarkan secara keseluruhan , namun setidaknya sudah bisa menggambarkan keadaan atau isu yang berkembang .
Dengan hasil 43% untuk Jokowi , jelas menggambarkan kepercayaan publik kepada kinerjanya selama ini cukup tinggi dan isu yang berkembang saat ini seperti isu PKI , reklamasi maupun kriminalisasi ulama yang berhembus begitu kencang nyatanya tidak banyak berpengaruh pada dukungan masyarakat kepada Jokowi .

Survey seperti ini jelas sedikit banyak memukul kader Gerindra yang jauh-jauh hari mengatakan popularitas Jokowi mulai tergerus dan rakyat menginginkan presiden baru .

image

image

Bagaimana menurutmu ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: