Iklan
Oleh: masshar2000 | 19 November 2017

Mengenal Citizen Journalism – Jurnalisme Warga

image

M2000 – Zaman now , apa saja beritanya bisa diakses dari genggaman melalui smartphone .
Sebelas duabelas dengan mengakses berita , kini mempublikasikan berita pun bisa dilakukan dengan smartphone dan langsung dari genggaman .

Dengan kekuatan kamera dan juga kuota yang ada pada Smartphone , anda bisa menjadi seorang Jurnalis secara tidak langsung, Karena anda memberikan sebuah berita agar bisa diketahui oleh banyak masyarakat yang membaca baik melalui streaming video maupun bentuk tulisan artikel .

Oke , kini kita akan membahas mengenai Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga. Pada hakikatnya Jurnalisme sendiri artinya adalah orang yang menulis catatan keseharian mengenai kejadian sehari-hari, dapat juga diartikan sebagai surat kabar. Journal berasal dari Bahasa latin diurnalis, yaitu orang-orang yang melakukan pekerjaan seorang Jurnalistik.

Jaman now ,dengan kemajuan internet dan juga kemajuan masyarakat dalam mengolah informasi dan juga mencari kebenaran melalui berita tersebut, sekarang semua orang bisa menjadi Jurnalis, tetapi ada sebutan khusus untuk masyarakat biasa yang meliput berita secara langsung yaitu Jurnalisme Warga.

Jurnalisme warga adalah aktivitas dimana orang biasa mengambil peran aktif dalam proses mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, dan menyebarluaskan berita dan informasi.
Maka tak heran jika saat ini kita bisa melihat atau membaca banyak sekali portal berita yang ada.
Media online yang ada di Indonesia setidaknya ada 43 ribuan , namun hanya ada 234 media online yang terdaftar di dalam Dewan Pers.

image

Beberapa keahlian yang harus dikuarai seorang jurnalisme warga ini antara lain :

* Pengertian berita
* Nilai berita
* Unsur-Unsur Berita
* Struktur naskah berita
* Bahasa Jurnalistik/Bahasa Media
* Etika penulisan berita (kode etik jurnalistik)

Selain itu, ada sejumlah prinsip dasar jurnalisme warga yang harus diperhatikan yaitu :

1. Akurasi, ketepatan.
2. Kecermatan, ketelitian.
3. Transparansi, keterbukaan dalam peliputan berita.
4. Kejujuran
5. Independensi, tidak berpihak dan tidak terikat oleh kelompok mana pun.

Jadi, walaupun hanya seorang masyarakat biasa, kita tetap bisa memberikan berita secara bebas dan juga harus berdasarkan dengan etika dan prinsip yang ada dalam prinsip dasar jurnalisme warga yang sudah saya sebutkan diatas tadi.

Adapun pandangan kontra dan pro pada Jurnalisme Warga yaitu :

Yang Pro :
1. Nilai dari jurnalisme warga adalah kemampuannya untuk mengambil ceruk pasar yang kurang diperhatikan oleh media mainstream.
2. Para amatir memperlakukan blog sebagai panggilan moral dari pada sebagai profesional.
3. Jurnalisme warga menyuarakan suara yang tidak diperhatikan oleh media mainstream.

Kontra
1. Jurnalis warga tidak memiliki sumber daya untuk menghadirkan berita yang bisa dipercaya. Kekurangannya tidak hanya menyangkut keahlian dan pelatihan, namun juga koneksi dan akses ke informasi.
2. Jurnalis warga tidak memiliki pelatihan profesional dalam hal mengumpulkan berita. 3. Begitu banyaknya hal-hal sepele, seperti merek sereal untuk sarapan, mobil favorit, tampil di jurnalisme warga yang sebenarnya tidak atau kurang informatif karena hanya semacam diary elektronik saja .

Dengan banyaknya portal media yang ada, sebagai masyarakat yang cerdas kita juga harus memperhatikan dan memverifikasi dengan apa saja yang diberitakan, mengetahui apakah berita itu valid atau tidak, dan menge-check detil semua informasi. Karena, jika semua berita yang ada kita sampaikan kepada masyarakat tanpa mengetahui kebenaran dari berita tersebut maka akan mencemari jurnalis dan juga etika jurnalis yang sudah dibentuk.

Selain itu , tidak sedikit juga dari portal berita online tersebut yang dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan hoax .
Tentu ini menjadi masalah serius bagi bangsa ini …Jujur , saya pun sebagai seorang penulis sangat prihatin dengan kondisi ini .

Kita tahu berita hoax bisa menjadi sebab pecahnya persatuan anak bangsa .
Penggiringan opini yang menyesatkan sangat berpengaruh sekali bagi generasi muda yang kelak menjadi penerus kita .
Apa jadinya jika tiap hari mereka yang masih haus-hausnya informasi , setiap hari disuguhi berita hoax yang menyesatkan .

image

Jadi please deh , buat rekan-rekan netter , blogger atau apalah namanya yang biasa membuat berita secara online , tolong jaga jari-jemari anda .
Berikan berita yang informatif dan mendidik dan stop penggiringan opini yang menyesatkan .
Jadikan internet sebagai jendela informasi dunia

Semoga artikel tentang jurnalisme warga ini bermanfaat dan menambah pengetahuan.

– Salam Literasi –

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: