Iklan
Oleh: masshar2000 | 18 Desember 2017

Jokowi – Usaha Mebel Saya Kalah Sama Martabaknya Gibran

image

M2000 – Jujur , dari 7 presiden yang ada , hanya 3 orang saja yang membuat saya tertarik untuk mendengarnya , yaitu Sukarno , Gusdur dan Jokowi .

Entah kenapa saya begitu ingin tahu apa yang mau beliau-beliau ini omongkan .
Ya alm. Gusdur jelas saya bisa mendengarnya secara live waktu itu , apalagi Jokowi yang pidato atau omongannya selalu viral  , sedangkan pak Karno tentu hanya bisa lewat jejak digital atau video .
Bagi saya , mereka ini jago banget untuk mempengaruhi orang lewat omongannya , bahkan hatters pun selalu menunggu setiap omongannya .

Seperti hari ini , saat  menghadiri Enterpreneur Wanted di Bandung , Jokowi yang diundang untuk menjadi salah satu pembicara membuat para peserta tertawa .

image

Berikut cuplikan pidato Jokowi tersebut ,

” Saya sudah 27 tahun jadi pengusaha meubel. Usaha saya sampai sekarang masih berjalan. Perusahaan saya mengekspor meubel ke Eropa, Amerika, lalu sekarang banyak juga ke Korea dan Jepang. Jadi saya tahu betul seluk-beluk berusaha.
Saya tahu betul bagaimana susahnya cari modal usaha di awal-awal, kemudian keliling-keliling mencari pembeli, mengurus perizinan yang rumit, mengisi SPT pajak, mengurus karyawan, pegawai, dan mengurusi alat-alat produksi.
Tapi, terus terang, saya sedih tiga anak saya tak satu pun yang mau meneruskan usaha saya. Kurang apa? Pabriknya ada, alat-alat produksinya ada, karyawannya ada.

Yang bikin “shock”, waktu anak sulung saya Gibran datang: “Pak, saya mau jualan martabak”. Dalam hati saya, “Waduh, jualan martabak.” Tapi kemudian apa yang terjadi? Saya terkejut, hanya dalam rentang waktu lima tahun saja “brand value” pabrik kayu yang saya bangun ternyata sudah kalah jauh dari “brand value” martabak “.

Menarik bukan ?
Kebetulan saya bekerja di Solo yang dekat dengan usaha Markobarnya Gibran , bahkan beberapa kali ketemu Gibran .
Jadi saya setidaknya tahu bahwa usaha Gibran ini memang sudah dirintis sebelum ayahnya menjadi presiden .
Karena banyak orang diluar sana yang mengatakan kalau anaknya presiden jual apa saja juga laku karena terbawa kepopuleran bapaknya .

Nah , ini yang harus di garis bawahi , usaha Gibran termasuk catering Chili Pari yang dirintisnya ini sudah dirilis semenjak bapaknya jadi walikota Solo , jadi bukan baru saja setelah bapaknya jadi presiden .
Walaupun harus diakui juga bahwa Martabak Gibran yang bernama Markobar atau Martabak Kota Barat ini memang mendunia setelah dikenalkan secara luas saat acara resepsi pernikahan Gibran beberapa tahun lalu sebagai menu spesial resepsi . Momennya pas , apa yang salah…Tidak ada , ini adalah strategi marketing .

Kebetulan saya punya teman yang bekerja di salah satu bank swasta di Solo . Menurutnya Gibran ini menjadi salah satu nasabah prioritas di tempatnya bekerja .
Saat saya tanya apa itu nasabah prioritas , dia menjelaskan kalau itu artinya nasabah yang melakukan transaksi diatas 100 juta perbulan dan dana yang mengendap harus minimal 500 juta dan tidak bisa ditarik .
Gimana manteb to usahanya Gibran yang masih muda dan tidak mau ngekor kepopuleran bapaknya yang presiden .

Library : @indonesiavoice

Iklan

Responses

  1. Jasa Maintenance CCTV dan pemasangan CCTV
    https://pthebros.wordpress.com/

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: