Parahnya Zimbabwe – Dari Uang yang Tidak Berharga Hingga PSK dengan Tarif Termurah di Dunia

image

Masshar2000.Com – Jika ada negara yang keadaannya kacau bukan karena perang , pastilah Zimbabwe .
Ekonomi yang sudah terpuruk beberapa tahun terakhir menyebabkan negeri itu morat marit .

Negara sempat panik dengan keadaan negrinya sehingga mencetak uang dalam jumlah besar . Tentu ini cara yang salah karena kebutuhan uang tidak sebanding dengan banyaknya uang yang beredar .

Hiperinflasi yang terjadi beberapa tahun lalu menghancurkan nilai tukar dollar Zimbabwe. Kini, 1 dollar AS setara dengan 35 kuadriliun dollar Zimbabwe. Jumlah 35 kuadriliun adalah angka 35 dengan deretan 15 angka nol di belakangnya.

Seperti dikutip dari kompas.com , pecahan tertinggi yang pernah dicetak Bank Sentral Zimbabwe (RBZ) adalah 100 triliun dollar yang hanya cukup untuk ongkos naik bus selama sepekan.
Adapun uang sebesar 100 miliar dollar Zimbabwe hanya bisa ditukar dengan tiga telur. Selain untuk naik bus dan membeli telur, apa lagi yang bisa dibeli dengan mata uang dollar Zimbabwe?

image

Jadi jangan heran jika ada uang satu milyar dolar Zimbabwe di jalan tidak ada yang mengambil karena uang segitu disana hanya bisa untuk membeli permen cicak saja .Bahkan warganya menjual uang zimbabwe untuk ditukar dengan dolar amerika .

Lebih parahnya lagi , dengan krisis ekonomi yang berkepanjangan , perilaku masyarakat kelas bawah pun berubah .
Demi sesuap nasi , warga kelas bawah banyak yang menjual diri dengan harga murah .
Disana hampir tiap malam dijalanan terlihat PSK yang berkeliaran secara bebas .

image
Prostitusi merajalela di zimbabwe

Dari penelusuran , hampir tengah malam di dekat pusat perbelanjaan Hoopley, salah satu sudut kota Harare yang miskin. Seorang bocah yatim piatu berusia 15 tahun berdiri di sudut jalan yang gelap. Masceline namanya. Dia terpaksa menjajakan diri karena terdesak kesulitan ekonomi di Zimbabwe yang morat marit.

Masceline harus waspada, para pekerja seks komersial yang lebih senior tak segan-segan memukuli saingan mereka yang lebih belia. Namun tak ada pilihan lain, dia harus melakukannya agar makanan bisa tetap terhidang di meja makan keluarganya.
Saya melakukan ini demi bayi kakak perempuan saya,” kata Masceline.

Masceline tak sendiri, diperkirakan ribuan gadis muda seperti dirinya juga terjun ke dunia prostitusi setelah ekonomi negara ini hancur lebur selama bertahun-tahun di bawah diktator Robert Mugabe. Demikian ditulis Zimbabwe Today tahun 2017 lalu.

image
Membawa uang segerobak adalah potret keluarga miskin di zimbabwe , karena uang disana tidak lebih berharga dari kertas hvs di Indonesia

Kedatangan para PSK yang belia ini juga disambut protes para ‘senior’ mereka di jalan. Para PSK yang sudah berumur terpaksa membanting harga hingga USD 2 sekali kencan. Atau cuma Rp 26.000 jika dikurs ke rupiah. Tarif ini disebut salah satu yang termurah di dunia.
Padahal dulu kami mendapat 10 USD (sekitar Rp 135.000) sekali kencan,” keluh Malaika, seorang PSK berusia 37 tahun.

Kini untuk mendapat 10 USD mereka harus bekerja sepanjang malam. Seringnya malah mereka mendapat jauh lebih kecil dari itu.
Undang-undang Zimbabwe tahun 2015 melarang polisi untuk menangkap para PSK yang berkeliaran di jalan. Awalnya para PSK ini senang, namun kemudian mereka kecewa karena jumlah wanita yang turun ke jalan terus bertambah setiap hari. Saingan mereka pun makin banyak.
Situasinya makin memburuk. Para wanita muda membuat bisnis ini makin sulit,” keluh Malaika.

Talent Jumo, aktivis sosial dari LSM Kastwe Sistahood menilai jumlah gadis muda yang turun ke lembah hitam ini akan makin banyak seiring ekonomi Zimbabwe yang makin memburuk. Tanpa bekal pendidikan, kemampuan dan pengalaman kerja, satu-satunya jalan untuk bertahan hidup adalah menjanjakan diri di jalan.
Banyak bocah di bawah umur dan wanita muda terpaksa melakukan ini karena terdesak kebutuhan dasar untuk mendapatkan makanan,” kata Jumo.

Iklan

One thought on “Parahnya Zimbabwe – Dari Uang yang Tidak Berharga Hingga PSK dengan Tarif Termurah di Dunia”

  1. mengerikan sekali ya, kita doakan saja supaya zimbabwe menjadi negara yang maju ..

    buat kamu yang suka baca baca berita ayo kunjungi website kami dan menangkan iphone X secara cuma cuma di pokerzara.com

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s