Karnaval 17an Bercadar , Netizen Protes , Kepala Sekolah Dipecat

image

Masshar2000.Com – Seperti yang sudah ramai diberitakan , pada tanggal 18 agustus 2018 kemarin , ada karnaval anak-anak yang videonya viral dan menyedot banyak perhatian netizen .
Bukan karena meriahnya , tapi karena dalam pawai tersebut terdapat pawai anak-anak bercadar yang membawa senapan mainan .

Tanpa menuduh macam-macam , yang jelas dimata publik , pakaian tersebut memang mirip dengan pawai organisasi terlarang ISIS .
Tentu saja , ada yang pro dan kontra , yang pro jelas membela karena cadarnya yang menurut mereka cadar adalah budaya islam , sedangkan yang kontra tentu saja mengaitkan kejadian ini dengan gerakan bawah tanah radikalisasi yang mencontoh ISIS alias mencuci otak sedari anak-anak .

Terkait hal itu Dandim Probolinggo Letkol Depri Rio Saransi menjelaskan jika hal itu merupakan unsur ketidak sengajaan dan tidak ada niat apapun. Pihak sekolah TK Kartika V69 juga menjelaskan jika dalam karnaval ini pihaknya mengambil tema “Perjuangan bersama Rasulullah untuk meningkatkan iman dan takwa” pada anak-anak sejak dini.

Kami tidak ada niat apa-apa, apalagi menanamkan jiwa kekerasan. Semua hanya niat pawai dengan memanfaatkan properti yang ada sehingga lebih hemat,” ucap Hartatik Kepala Sekolah TK Kartika.

Irvan Harimurti pengamat sosial yang juga menyoroti viralnya berita mengenai anak TK yang ikut pawai menggunakan cadar dan membawa senjata merupakan hal yang tidak perlu ditanggapi serius karena momentumnya karnaval dengan berbagai macam tema.
.
Kalau yang disoalkan masalah anak-anak bawa senjata bukankah dari dulu sudah banyak bahkan tiap agustusan selalu ada pawai anak kecil menggunakan properti mirip senjata (replika). Apalagi TK Kartika dibawah naungan TNI AD, masak TNI mau menyebarkan radikalisme?” ujarnya.

Lantas bagaimana kelanjutannya ?

Atas desakan warganet dan juga komunitas Gusdurian yang melaporkan kasus ini agar  diusut , akhirnya Kepala Sekolah Paud Kartika dicopot dari jabatannya .

image

Kejadian ini ternyata juga menarik media arab untuk memberitakannya .
Bahkan di salah satu media online saudi , menyebut seragam itu sebagai seragam ISIS .

image
Media arab menyebut pawai tersebut sebagai pawai berseragam ISIS

Foto tentang TK yang terletak di Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo itu awalnya viral di WAG salah satunya SMPN 1 Class 97 kemudian diupload oleh FP Probolinggo (Facebook) dan dishare sebanyak 4.4rb orang dengan berbagai tanggapan pro dan kontra.

Pihak sekolah juga meminta maaf jika tema yang diambil oleh pihaknya menjadi pro kontra dan akan mengevaluasi untuk kegiatan pawai tahun depan. 

Hemat saya sih , untuk acara karnaval 17an , sebaiknya memang memakai pakaian adat , atau seragam profesi yang ada di Indonesia , seperti pakaian dokter , pns , polisi atau tentara saja dan pastinya tidak menimbulkan perdebatan .

Bagimana menurutmu sob ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s