Aturan BPJS Terbaru , Tidak Bisa Lagi Menentukan Rumah Sakit Rujukan

image

Masshar2000.Com – Anda pengguna kartu BPJS Kesehatan dan terbiasa menggunakan fasilitas tersebut , perlu diketahui bahwa sekarang ada beberapa peraturan yang berubah .

Rujukan RS yanj biasanya ditentukan oleh Petugas Faskes Tk I yaitu Puskesmas atau berdasarakan keinginan dari pasien, sekarang *TIDAK BISA* seperti itu lagi.
Rujukan Harus ke RS tipe D dulu. Tidak bisa langsung ke tipe C, B apalagi tipe A.

Pilihan RS Rujukan otomatis muncul di PCare BPJS sesuai dengan Diagnosa pasien dan itu RS tipe D. Sehingga untuk pasien-pasien yg sudah menjadi pasien tetap RS tipe C, B atau A, dimana Pasien sudah punya rekam medis di suatu RS tertentu harus berganti RS tipe D untuk berobat.
Sehingga resikonya, pasien harus kembali melakukan pemeriksaan dan pengobatan dari awal lagi.

*Contoh Kasus :*
Pasien A yang rumahnya dekat RS Haji, sudah bertahun-tahun berobat di RS Haji. Data rekam medis lengkap di RS Haji.

Tapi dengan adanya aturan baru rujukan BPJS , pasien A tidak dapat lagi kontrol atau berobat ke RS Haji karena RS Haji termasuk RS Tipe C atau B.
Dan dalam Pilihan RS Rujukan di Program PCare BPJS tidak muncul opsi RS Haji karena termasuk RS tipe diatas tipe D.
Sehingga mau tidak mau, pasien harus memilih untuk berobat pada PILIHAN RS Tipe D yang sudah dipilihkan oleh Program PCare BPJS yang bisa saja letaknya jauh dari tempat tinggal Pasien.

Akibatnya, pasien akan menempuh jarak yang mungkin lebih jauh dari tempat tinggalnya dan mengulang dari awal pemeriksaan penyakitnya, karena pasien A tidak punya jejak  rekam medis di RS tipe D yang baru.

Jadi jangan marah ke petugas puskesmas bila nanti ketika minta rujukan ke RS langganan anda, tapi tidak bisa dilayani karena dalam Program PCare BPJS tidak muncul dalam pilihan RS Rujukan tipe D, dan anda siap-siap untuk berganti berobat ke RS lain yang ber tipe D sesuai pilihan dari BPJS dan bukan sesuai dengan keinginan anda.

image
Contoh type RS untuk kabupaten Klaten

Jika ditarik kesimpulan , maka singkatnya adalah , RS rujukan kemungkinan akan berubah tidak seperti sebelum-sebelumnya yang kita bisa memilih sendiri .

Namun yang menjadi harapan kita semua adalah kita kalau bisa tidak usah memakai karta BPJS , karena kita tidak mau sakit .
Tidak ada yang rugi , karena biaya yang kita bayarkan akan menjadi dana pengobatan bagi saudara kita di tempat lain yang membutuhkan perawatan medis , hitung-hitung kita beramal , makanya harus iklas .

image

BACA JUGA :
Type Rumah Sakit Rujukan BPJS

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s