Ini Dia Calon Kuat Panglima TNI Berikutnya

image

Masshar2000.Com – Pengangkatan Panglima TNI adalah hak prerogratif presiden .
Dan sejak era SBY , panglima TNI dipilih secara bergantian dari AD , AL dan AU , namun  itu sebenarnya juga tidak wajib karena presidenlah yang mempunyai wewenang ini .

Semua Panglima TNI diambil dari pejabat tertinggi di kesatuannya , KaSAD , KaSAL dan KaSAU .
Saat ini Panglima TNI Hadi adalah mantau KaSAU , jika mengikuti alur yang dibuat SBY seharusnya setelahnya adalah giliran KaSAL .
Namun sekali lagi itu tidak harus , bisa jadi dari AU lagi atau malah AD lagi .

Nah , belakangan muncul nama yang sepertinya bakal populer di masa depan , namanya adalah Andika Perkasa .
Seperti kita ketahui, presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai kepala staf TNI Angkatan Darat (Kasad) di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (22/11).

Pengangkatan Andika sebagai kasad tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 97/TNI/Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kasad, yang ditetapkan pada 22 November 2018. Selain itu, Andika memperoleh kenaikan pangkat dari letnan jenderal menjadi jenderal sesuai Keputusan Presiden Nomor 98/TNI/Tahun 2018 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi Perwira TNI.

Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Letnan Jenderal Andika Perkasa, menjadi jenderal TNI,” demikian isi petikan Keputusan Presiden tentang kenaikan pangkat Andika yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden RI, Marsda Trisno Hedardi.

Andika yang sebelumnya menjabat sebagai panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) diangkat sebagai kasad menggantikan Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa purnabakti pada Januari 2019.
Andika lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 21 Desember 1964 yang berarti , saat ini sang jendral sudah berusia 55 tahun .

Sebelum dilantik menjadi kasad, Andika merupakan panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang diangkat pada Juli 2018. Lulusan Akademi Militer 1987 tersebut mengawali karier sebagai komandan Peleton Grup 2/Para Komando, Komando Pasukan Khusus (Kopassus), termasuk komandan tim 3, Sat Gultor 81.

Pada 8 November 2013, Andika dipercaya sebagai kepala Dinas penerangan Angkatan Darat. Ia lantas dipromosikan sebagai komandan Pasukan Pengamanan Presiden pada 2014. Ia juga tercatat pernah menjadi panglima Kodam XII/Tanjungpura. Berikutnya pada 15 Januari 2018, Andika ditunjuk menjadi komandan Kodiklat TNI-AD.

Pengamat militer dari LIPI, Muhamad Haripin menyatakan Andika punya kelebihan dibandingkan rekan satu angkatan dan bahkan seniornya .

Tentara berprestasi dan beredukasi”

Selain menjadi lulusan terbaik Seskoad (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat) pada 1999/2000, dia juga memiliki banyak pengalaman lapangan serta latar belakang pendidikan yang baik, kata Haripin. Ia juga lulus dari Unversitas Harvard dan Universitas George Washington.

Jadi bisa dibilang Pak Andika Perkasa ini punya kelebihan dibanding rekan seangkatannya yang lain maupun senior-seniornya,” ungkap Haripin.

Presiden Joko Widodo sendiri mengatakan alasan pengangkatan Andika Perkasa dikarenakan banyaknya pengalaman di lapangan.

“Kita melihat rekam jejak. Saya kira Pak Andika Perkasa ini pernah di Kopassus, Kodiklat, Pangdam, Kostrad, kemudian sebelumnya pernah di Penerangan juga. Saya kira tour of duty-nya komplet. Pernah juga menjadi Komandan Paspampres. Saya kira komplet semua,” ujar Presiden Jokowi mengomentari sosok Andika selepas pelantikan.

image
Calon kuat Panglima TNI

Jika rata-rata seorang Panglima TNI menjabat dua tahun dan pensiun di usia 58 tahun , maka Jendral Andika Perkasa ini punya peluang besar untuk menjabat Panglima TNI setelah Marskal TNI Hadi Tjahyanto yang usianya satu tahun lebih tua dari Andika Perkasa .

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s