Penahanan Habib Bahar Merubah Doktrin Kriminalisasi Ulama

image

Masshar2000.Com – Seperti kita ketahui , Habib Bahar bin Smith sudah ditahan karena kasus penganiayaan anak .
Namun penetapan tersangka sekaligus penahanan Habib Bahar bin Smith oleh Polda Jabar langsung memantik aksi protes dari kubu Prabowo-Sandi.

Penahanan itu dianggap sebagai upaya penguasa melakukan kriminalisasi terhadap ulama dan diskriminasi hukum terhadap oposisi. Begitulah komentar elit Gerindra,Fadli Zon menanggapi penahanan Habib Bahar, lewat akun twiternya, Rabu (19/12/2018).

Fadli seperti enggan menanggapi kasus penganiayaan yang dilakukan Habib Bahar kepada dua remaja sebagai kasus kriminal murni. Sebaliknya, Fadli berupaya menggiring opini publik bahwa penahanan terhadap Habib Bahar semata-mata dilakukan sebagai cara membungkam oposisi.

Diketahui, Habib Bahar juga berstatus tersangka di Polda Metro Jaya atas kasus dugaan ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi , namun penahanan dirinya bukanlah karena kasus penghinaan pada presiden tetapi karena penganiayaan anak , itu yang harus dicatat .

Dari PKS, pembelaan juga datang dari Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin. Dilansir detikcom, Rabu (19/12/2018), Suhud berharap agar polisi menangani kasus tersebut secara profesional dan jangan sampai terkesan ada muatan politik tertentu.

Namun apapun pembelaannya, aksi penganiayaan yang dilakukan Habib Bahar secara langsung justru telah menggugurkan isu kriminalisasi ulama dan malah merubah stigma di masyarakat bahwa kriminalisasi ulama yang sering didengungkan kubu oposisi ini nyatanya hanya tidak berdasar dan omong kosong .
Publik malah menilai , selama ini ” kriminalisasi ulama ” yang dituduhkan kepada pemerintah tidak lebih dari penggiringan opini untuk melemahkan wibawa pemerintah .
Alasannya sederhana, karena Habib Bahar terlibat aksi kekerasan secara fisik dan ditahan pun dianggap kriminalisasi ulama .

Sehingga apapun dalilnya, sangat sulit mencari celah bahwa Habib Bahar tidak melakukan kesalahan dalam kasus tersebut. Fatalnya lagi, kesalahan itu berupa kontak fisik yang mengakibatkan korban secara nyata. Dan videonyapun tersebar luas .

Namun dengan aksi kekerasan Habib Bahar, polisi memiliki dasar yang kuat untuk melakukan penahanan. Karena bagaimanapun, sangat sulit membela aksi main fisik. Itu berarti, membela Habib Bahar dengan meniupkan isu kriminalisasi ulama sepertinya tidak lagi manjur.

image
Jokowi menegaskan kasus hukum atau kriminal urusannya dengan polisi bukan presiden

Merekapun sebenarnya juga bingung kalau ditanya balik ,letak kriminalisasi nya di mana .
Karena selama ini mereka penceramah atau dai yang ditahan memang memiliki kasus hukum yang kuat .
Sedangkan arti dari kriminalisasi sendiri adalah menangkapi atau mengkriminalkan seseorang walaupun tidak ada kasusnya .
Jadi sudah clear dan terang benderang kalau istilah kriminalisasi ulama adalah hoax .

Nah sudah tercerahkan dengan masalah ini ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s