Jasad Kyai Tetap Utuh Setelah 31 Tahun Dikubur

image

M2000.Blitar – Allah SWT kembali menunjukkan kuasanya dan disaksikan langsung khalayak ramai.

Jasad seorang kiai di Blitar yang bernama Kiai Anwar Sudibyo masih utuh setelah terkubur setelah 31 tahun. Kala itu, keluarga dan masyarakat hendak memindahkan jasad pendiri Pondok Pesantren Tambakan di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar tersebut dari makam umum ke makam keluarga.

Mereka pun kaget melihat kondisi jenazah yang masih utuh. Mulai dari jari kaki sampai kepala kiai itu masih menyatu dan terbungkus kafan. Di kain kafan juga tidak ditemukan robekan. Hal ini dibenarkan oleh anak kelima Kiai Anwar, Moch Munib.

Iya memang benar Kamis itu makam bapak saya dipindah. Dan saya melihat sendiri, jasadnya masih utuh. Utuh,” kata Munib, Selasa (19/3/2019), dilansir dari Detikcom.

Kiai Anwar diketahui bernama lengkap Mochd. Anwar Sudibyo.
Dia dulunya adalah Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar pada periode 1982-1987 dan dikenal sebagai ulama pendiri Ponpes Tambakan.

Selain pernah sebagai Rais Syuriah PCNU, abah juga Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan tokoh Tarekat Kodiriah wa Nasyabandiyah Blitar,” imbuh Munib.

Kiai Anwar meninggal dunia pada tahun 1988 saat menjadi imam jemaah salat subuh di Masjid Baitul Rauf. Anaknya berkata bahwa semasa hidup sang ayah tidak pernah lepas dari zikir. Dia menduga kebiasaan itulah yang menyebabkan jasad ayahnya tetap utuh.

Kian Anwar juga dipercaya mendapat karamah weruh sak durunge winarah (Tahu sebelum kejadian terjadi). Munib bercerita bahwa dulu ayahnya pernah berkata akan memimpin Ponpes Tambakan dan itu memang benar menjadi kenyataan.

Kiai Anwar juga dikenal sebagai sosok bersahaja dan dakwahnya bisa diterima oleh semua golongan.

Kiai Anwar berhasil menyatukan nilai-nilai Islam diakulturasi dengan kearifan lokal Jawa. Tidak pernah memaksa. Makanya dakwah beliau bisa diterima semua golongan. Baik di golongan NU, Muhammadiyah bahkan partai politik apapun. Islam Nusantara, itulah kalau istilahnya sekarang,” kata Agus Sudibyo, salah seorang santri.

Jadi masihkan kamu ragu dengan kuasaNya ?

View this post on Instagram

Jasad seorang kiai di Blitar yang bernama Kiai Anwar Sudibyo masih utuh setelah terkubur setelah 31 tahun. Kala itu, keluarga dan masyarakat hendak memindahkan jasad pendiri Pondok Pesantren Tambakan di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar tersebut dari makam umum ke makam keluarga. Mereka pun kaget melihat kondisi jenazah yang masih utuh. Mulai dari jari kaki sampai kepala kiai itu masih menyatu dan terbungkus kafan. Di kain kafan juga tidak ditemukan robekan. Hal ini dibenarkan oleh anak kelima Kiai Anwar, Moch Munib. ⠀ "Iya memang benar Kamis itu makam bapak saya dipindah. Dan saya melihat sendiri, jasadnya masih utuh. Utuh," kata Munib, Selasa (19/3/2019), dilansir dari Detikcom. Kiai Anwar diketahui bernama lengkap Mochd. Anwar Sudibyo. Dia dulunya adalah Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar pada periode 1982-1987 dan dikenal sebagai ulama pendiri Ponpes Tambakan. "Selain pernah sebagai Rais Syuriah PCNU, abah juga Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan tokoh Tarekat Kodiriah wa Nasyabandiyah Blitar," imbuh Munib. Kiai Anwar meninggal dunia pada tahun 1988 saat menjadi imam jemaah salat subuh di Masjid Baitul Rauf. Anaknya berkata bahwa semasa hidup sang ayah tidak pernah lepas dari zikir. Dia menduga kebiasaan itulah yang menyebabkan jasad ayahnya tetap utuh. Kian Anwar juga dipercaya mendapat karamah weruh sak durunge winarah (Tahu sebelum kejadian terjadi). Munib bercerita bahwa dulu ayahnya pernah berkata akan memimpin Ponpes Tambakan dan itu memang benar menjadi kenyataan. Kiai Anwar juga dikenal sebagai sosok bersahaja dan dakwahnya bisa diterima oleh semua golongan. "Kiai Anwar berhasil menyatukan nilai-nilai Islam diakulturasi dengan kearifan lokal Jawa. Tidak pernah memaksa. Makanya dakwah beliau bisa diterima semua golongan. Baik di golongan NU, Muhammadiyah bahkan partai politik apapun. Islam Nusantara, itulah kalau istilahnya sekarang," kata Agus Sudibyo, salah seorang santri. ⠀ Follow, like, komentar dan tag temanmu untuk ikut bersama kita guys!

A post shared by INDOZONE – #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s