Yuk Mengenal Tarim

APA ITU TARIM?

Masshar2000.com – Tarim adalah nama sebuah tempat di Hadramaut, Yaman. Kota yang dijuluki sejuta wali itu menjadi medan ilmu dan tempat lahirnya ulama-ulama hebat berketurunan Rasulullah atau Habib.

Di sana semua wanita yang sudah baligh pasti memakai ‘cadar di muka’ yaitu niqab atau burqa. Sangat sukar untuk bertemu dengan wanita di sana. Sangat berbeda dengan wanita di Indonesia.

Di pasar-pasar Tarim pun khusus buat lelaki saja untuk membeli keperluan dapur. Pasarnya sangat menarik di sana, sambil menunggu pelanggan, mereka mengkhatamkan Al-Quran beberapa kali. Jika tiada pelanggan mereka mempelajari kitab sesama mereka sambil menyampaikan ilmu di pasar. Mereka juga selalu mendengdangkan selawat dan qasidah.

Seorang ulama Tarim berkata, “Di pasar Tarim, aku dapati ada 200 lebih orang Wali Allah (Kekasih ALLAH).”

Jika di pasar tempat yang sebegitu saja sudah ada 200 lebih orang wali apa lagi jika yang berada di masjid-masjid ikut dihitung.
.
Ketahuilah hanya Wali ALLAH saja dapat mengetahui siapa wali-wali-Nya.

Di pasar, apabila mendengar azan, mereka terus menutup kedai dan beranjak ke masjid. Jika mereka tidak sempat untuk menutup kedai apabila azan selesai dikumandangkan, mereka akan biarkan dan terus ke masjid tanpa menghiraukannya.

Apabila ditanya, “Kenapa?” Mereka mengatakan, “Adakah dunia lebih penting daripada ALLAH?”

Tiada perempuan di pasar Tarim. Mereka terpelihara suci di rumah mereka atau di madrasahnya.

Lelaki pula kebanyakannya duduk di masjid-masjid. Sungguh banyak masjid di Tarim. Selang beberapa kilometer sudah ada masjid. Masjid mereka penuh dengan jemaah bahkan bilangan jemaah yg bertahajud di tengah malam adalah seperti bilangan jemaah sholat Jum’at .

Siapa yang datang ke Tarim pasti dan pasti tidak mahu pulang ke tanah air. Tarim Kota Akhirat, yg mengingatkan kita pada akhirat. Dan uniknya lagi Tarim ini bukan bagian dari negara Arab Saudi asalnya nabi junjungan kita Muhammad SAW , tapi malah ada di negara Yaman .

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s