Nabi Nuh Rosul Pertama

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Kita sebagai umat islam wajib mengimani 25 nabi dan rosul yang dimulai dari nabi Adam dan diakhiri dengan nabi Muhammad SAW , karena namanya memang disebutkan di Al Qur’an .Jumlah nabi disebutkan ada 120 ribu dan tentu saja mereka tidak disebutkan seluruhnya dalam Al Qur’an , karena tidak wajib kita ketahui .Nabi pertama adalah Adam yang kemudian mempunyai keturunan bernama Syit , Idris kemudian Nuh .Ibn Kathir mengutip pendapat Ibn jarir bahwa Nabi Nuh lahir 126 tahun setelah Nabi adam wafat, dan ini juga pendapat ulama lainnya. Ada juga berpendapat jarak antara keduanya sejauh 10 abad. Sebagaimana bunyi hadits dari Ibnu Hibban yang menshahihkan sebuah riwayat dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari bahwa ada seorang laki-laki berkata: “Berapakah jarak waktu antara Adam dengan Nuh?”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “10 abad.” Ibnu Katsir berkata: “Riwayat ini sesuai syarat Muslim namun beliau tidak meriwayatkannya.”Jika yang dimaksud dengan kurun adalah seratus tahun sebagaimana pemahaman umum kebanyakan manusia, berarti jarak antara keduanya adalah seribu tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan lebih dari seribu tahun, karena Ibnu Abbas mengatakan bahwa semuanya dalam keadaan Islam sehingga mungkin saja ada beberapa abad terakhir (sebelum Nuh) manusia tidak dalam keadaan beragama Islam. Sedangkan bila yang dimaksud dengan kurun adalah satu generasi, maka umur setiap generasi pada masa itu amat panjang sehingga jarak antara Adam ‘alaihis sallam dan Nuh ‘alaihis sallam adalah ribuan tahun.Nabi Nuh disebutkan sebagai rosul pertama dimana nabi Nuh mendakwahkan tauhid kepada umatnya , namun banyak umatnya yang mengingkarinya termasuk keluarganya . Hingga akhirnya Allah mendatangkan banjir besar setinggi gunung yang membinasakan semua makluk hidup kecuali yang bersama nabi Nuh di bahteranya .Nabi Nuh sendiri dikisahkan berlayar selama 150 hari .

Jadi , bisa disebut kita sekarang ini adalah keturunan nabi Nuh , karena keturunan nabi adam sebelumnya yang mengingkari Allah telah ditenggelamkan semua . Tapi jika anda mengaku keturunan Adam pun juga tidak salah , karena manusia dibumi adalah Adam dan nabi Nuh pun juga keturunan nabi Adam .Tentu anda bertanya , bagaimana ceritanya saat nabi Nuh memanggil keluarganya saat mau diajak naik bahtera , bukankah saat itu kondisinya hujan lebat dan banjir besar melebihi tsunami , apakah mereka memakai alat semacam handphone untuk berbicara. Bukankah menurut pakar sejarah , jaman nabi Nuh adalah era diamana peradaban manusia paling tinggi . Karena secara logika memang tidak mungkin jika dalam kondisi seperti itu Nabi Nuh bisa berkomunikasi jarak jauh dengan keluarganya .Tapi apa yang tidak mungkin bagi Allah , membelah laut di jaman nabi Musa aja bisa .Wallahu’AlamSemoga bermanfaatSumber: Qashashul Anbiya, Ibn KathirLibrary : 🖋 @Rabbanians.id

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s