Puan Maharani Ketua DPR Perempuan Pertama di Indonesia

M2000.Jakarta – Anggota DPR RI periode 2014-2019 sudah berakhir masa jabatannya dan sekarang sudah masuk anggota baru .

Mereka sudah dilantik pada 1 oktober 2019 dan malamnya adalah pelantikan pimpinan DPR RI . Sesuai UU MD3 ,5 partai pemenang adalah yang berhak mengisi pimpinan DPR.Diurutkan dari partai perolehan tertinggi PDIP sebagai ketua DPR , disusul 4 partai suara tertinggi yaitu partai Golkar , Gerindra , Nasdem dan PKB.

Dalam acara maraton tersebut juga telah menggelar rapat pengganti, rapat Badan Musyawarah untuk menentukan jumlah fraksi di DPR RI periode 2019-2024. Hasil rapat menyepakati bahwa terdapat 9 fraksi di DPR RI.

“Untuk menetapkan fraksi-fraksi di DPR RI dengan kata lain dapatlah barangkali kalian sudah tahu itu ada 9 fraksi,” kata pimpinan sementara DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019).

Untuk Ketua DPR menurut Abdul, PDIP mengajukan adalah Puan Maharani, sementara untuk wakilnya Golkar adalah Aziz Syamsuddin, Gerindra memberikan Nama Sufmi Dasco Ahmad, NasDem mengajukan Rahmat Gobel. Sementara untuk PKB, kata Ketua Fraksi Cucun Syamsrijal mengajukan nama Muhaimin Iskandar.

Berikut nama-nama pimpinan DPR yang telah dilantik

Dengan demikian , Puan Maharani yang juga anak dari ketua umum PDIP tercatat sebagai Perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI . Hal ini tentu mengingatkan pada sosok ibunya Megawati yang juga menjadi presiden perempuan pertama di Indonesia .

Selamat kepada Puan Maharani dan segenap pimpinan DPR RI , semoga tetap amanah menjalankan amanat rakyat .

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s