Penemu Angka Ternyata Ilmuwan Islam , Ini dia Sosoknya

Masshar2000.com – Tahukah Anda,siapa aljabar dan algoritma ?

Mungkin dunia barat sebagai pemilik media atau penguasa internasional sudah merubah paradigma semua umat manusia modern , bahwa siapa penemu hal-hal spektakuler adalah ilmuwan dari barat kalau gak Amerika ya Eropa .

Namun faktanya tidak semua ilwuwan berasal dari sana , namun pihak barat menutupinya dan menjadikan ” orang-orang mereka ” menghiasi buku-buku sejarah dan fisika.

Adalah AL-KHWARIZMI , Salah satu ilmuwan besar yang terlahir pada masa kegemilangan Islam adalah Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi. Dia berasal dari Persia (sekarang Iran) dan hidup pada masa Khalifah Al-Makmun.

Khwarizmi (sekarang Khiva, Uzbekistan). Ada beberapa versi tentang kelahiran beliau, ada yang mengatakan di Bukhara, dan ada juga yang mengatakan di Khwarizm, salah satu Provinsi di Negara Uzbekistan. Belum ada sumber yang menjelaskan secara detail tentang riwayat kehidupan al-khawarizmi, diperkirakan al-Khawarizmi hidup sekitar awal pertengahan abad ke-9 M. Sumber lain menegaskan beliau hidup di Khawarizm, Uzbekistan pada tahun 194H/780 M dan wafat pada 266H/850M di Baghdad, Irak.

Di banyak artikel dan buku yang bercerita mengenai biografinya, Khawarizmi lebih dikenal sebagai penemu angka nol serta bapak al-Jabar dan algoritma. Namun siapa yang menyangka jika intelektual Muslim kelahiran 780 M itu juga pakar di bidang astronomi, musik, filsafat, logika, ilmu hitung, geografi dan kimia.

Angka yang digunakan saat ini, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 0 merupakan sumbangan dari Al-Khawarizmi. Al-Khawarizmi yang memasukan angka nol ke dalam sebuah bilangan dengan status yg berdiri sendiri seperti halnya angka satu sampai sembilan.

Intelejensi yang tinggi menyebabkan pribadi Al-Khawarizmi patut menjadi kebanggaan bagi semua orang Islam. Bahkan, nama Khawarizmi hingga sekarang tetap diagung-agungkan oleh sebagian bangsa-bangsa di Eropa.

Buku paling fenomenal yang ditulisnya al-Jabr wa al-Muqobalah (830 M), yang menjadi pembuktian keilmuannya di dunia intelektual karena karya ini merupakan buku pertama yang membahas mengenai solusi sistemik dari linear dan notasi kuadrat.

Oleh para ilmuwan di Barat, sekarang buku tersebut disalin ke banyak bahasa dan menjadi rumus pedoman untuk menyelesaikan kerumitan ilmu Matematika. Hingga hari ini, studi kesarjanaan yang membahas tentang filsafat dan sejarah Matematika banyak menjadikan kitab tersebut sebagai rujukan utama.

Semoga bermanfaat ,

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s