Masshar2000.com – Ada gerhana matahari lagi pemirsa . Pada tanggal 26 Desember nanti Indonesia akan dilewati oleh Gerhana Matahari Cincin.Pada puncaknya Gerhana Matahari dalam siklus Saros 126 ini akan menutupi 96% piringan matahari.

Sesuai dengan data yang dirilis LAPAN, sejumlah daerah di Indonesia yang akan dilintasi oleh bayangan Umbra Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 adalah Provinsi Sumatera Utara, Riau,Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

Gerhana Matahari juga dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia walaupun piringan matahari yang tertutup tidal maksimal , jika cuaca sedang cerah. Di Jakarta, misalnya, gerhana diprediksi terlihat 72 persen.

Selain itu di wilayah sumatera dan kalimantan gerhana dapat terlihat lebih dari 80%. tapi karena sebgian wilayah Indonesia bagian barat sedang mengalami musin hujan,potensi gerhana tertutupi oleh awan cukup besar. Ini tentunya sangat mempegaruhi pengamatan gerhana matahari

Adapun waktu terbaik untuk mengamati fenomena ini, atau saat fase puncak Gerhana Matahari Cincin tersebut adalah pada pukul 12.15 WIB sampai 12.19 WIB, 26 Desember 2019.

Sebelum masuk fase puncak, akan terjadi tahap Gerhana Matahari Sebagian yang dimulai pada pukul10.22 WIB. Sedangkan setelah fase puncak, juga akan muncul Gerhana Matahari sebagian yang berakhir pukul 14.13

Catat , ini daerah yang dilalui beserta jamnya supaya kamu tidak melewatkan kesempatan langka ini ,

Library : tirto.id

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s