Inilah Makluk Terbesar yang Allah Ciptakan

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Ilustrasi

M2000 – Beberapa orang menganggap matahari adalah pusatnya jagad raya dan itu adalah ciptaan Allah yang paling besar .
Ada juga yang membantah bahwa galaxy yang paling besar karena matahari adalah bagian dari galaxy .
Namun ternyata ada yang lebih besar lagi yaitu malaikat .

Kita sudah mengenal Jibril, sang pemimpin malaikat dengan 600 sayap.. kita juga telah mengenal Israfil, malaikat yg lebih besar lagi dari Jibril.
Ada riwayat yang mengatakan sayapnya 600, ada pula yg mengatakan 1200, namun kedua riwayat itu sepakat, 1 sayap Israfil setara 600 sayap jibril, dan ternyata ada pasukan malaikat lagi yang lebih besar dibanding Israfil.. ialah malaikat Hamalatul Arsy.. malaikat pemanggul Arsy Allah..

Hamalatul Arsy berjumlah empat malaikat, setelah kiamat akan bertambah menjadi delapan malaikat yaitu Israfil , Mikail , Jibril , Izrail akan bergabung memanggul arsy Allah bersama Hamalat al-‘Arsy .

Didalam Al-Qur’an juga disebutkan para malaikat ini, dalam surah Al Haqqah (69) ayat 17: “Dan malaikat-malaikat berada di berbagai penjuru langit. Dan pada hari itu delapan malaikat menjunjung Arasy Tuhanmu di atas (kepala) mereka. (Al Haqqah, 69:17)”

Berdasarkan hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud dar sahabat Jabir bin Abdillah, wujud para malaikat pemikul singgasana (Arsy) Allah sangatlah besar dan jarak antara pundak malaikat tersebut dengan daging di bagian telinganya (tempat biasa manusia meletakkan anting) sejauh perjalanan burung terbang selama 700 tahun.

Dikatakan pula dalam hadits, bahwa Hamalatul al-‘Arsy memiliki 2400 sayap, dimana 1 sayapnya setara dengan 1200 sayap israfil.

Banyak pendapat mengatakan Hamalatul Arsy adalah malaikat tertinggi dan terbesar karena yang mereka pikul di kepala kepala mereka adalah makhluk ciptaan Allah yang paling besar, yaitu Arsy.

Arsy disepakati ulama sebagai makhluk terbesar, dan tertinggi yang Allah ciptakan. jika saja para pemanggulnya memiliki ukuran jarak daging telinga dengan bahu sejauh 700 tahun perjalanan burung, maka bisa dipastikan benda yang mereka bawa (Arsy) berukuran lebih besar lagi dari ukuran malaikat pemanggulnya.
Kita tidak perlu mendebatkan apakah Arsy adalah makluk atau bukan , karena itu tergantung cara pandang .

Dan di Arsy inilah, Allah Subhanallahu wa ta’ala bersemayam/ beristiwa “… kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy untuk mengatur segala urusan… (Yunus 10:3)”.

Tentunya kita tidak perlu memikirkan bagaimana kedudukan Allah atas Arsy, karena sebagaimana kita tau, Allah tidaklah sama dengan makhluknya.. .

Allahu a’lam

Maha Suci Allah dengan segala cipataan-Nya.

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum …

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s