Tegas KSAD Jendral Andika Prakasa akan Pecat Anggota TNI yang Terlibat Kerusuhan Ciracas

Masshar2000.com – Kasus tidak menyenangkan kembali terjadi di dua institusi negara yang justru keduanya adalah aparat keamanan negara .

Seperti diberitakan , ratusan orang tertangkap kamera pengawas melakukan penyerangan Polsek Ciracas pada sabtu dinihari (29/8/2020) jam 02.00 dan juga melakukan perusakan sejumlah kendaraan yang terparkir di halaman Mapolsek dan bahkan membakar bangunan .

Atas kejadian tersebut KSAD Jendral TNI Andika Prakasa terjun langsung untuk mendalami kasus tersebut .

Dalam konferensi pers minggu (30/08/2020) KSAD Jenderal Andika Perkasa menegaskan, akan ada hukuman tambahan bagi anggota TNI AD yang terbukti terlibat dalam penyerangan Polsek Ciracas.

Penyerangan ini diketahui dipicu informasi hoaks yang disebarkan Prada Muharman Ilham bahwa dirinya dikeroyok. Padahal, dia terluka karena kecelakaan tunggal.

“Untuk hukuman, kami ada tambahan hukuman, yakni pemecatan dari dinas militer,” ujar Andika saat konferensi pers di Mabes TNI AD, Minggu (30/8).

Andika Perkasa tidak peduli apa pun peran mereka dalam rangkaian perusakan hingga ke pembakaran Polsek Ciracas. Bila memang terlibat akan ada dipecat dari TNI AD.

Lebih baik kehilangan 31 atau berapa pun daripada nama TNI Ad akan terus rusak oleh tingkah laku tidak bertanggung jawab dan sama sekali tidak mencerminkan sumpah prajurit yang mereka ucapkan dan janjikan pada saat mereka menjadi prajurit TNI Angkatan Darat. Selain itu semua yang terlibat juga akan dibebankan biaya semua kerusakan yang telah dibuatnya .

Sejauh ini sudah ada 12 orang yang ditahan dalam kasus ini. Mereka masih menjalani pemeriksaan intensif untuk benar-benar mengungkap kasus ini.

“12 orang ini adalah prajurit TNI AD. 19 Orang lagi yang sudah ada indikasi dan saat ini sedang dalam proses pemanggilan,” ucap dia.

View this post on Instagram

Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan bahwa para anggota TNI AD pelaku penyerangan Mapolres Ciracas memenuhi pasal di kitab undang-undang hukum pidana militer dan mereka juga dipecat dari dinas militer. . Andika mengatakan, dari 12 orang yang sudah diperiksa, termasuk Prada MI yang menjadi provokator insiden tersebut sudah dipastikan bahwa mereka adalah anggota TNI. . Selain itu, terdapat 19 orang lain yang juga turut diperiksa. Sehingga, total ada 31 orang yang menjalani pemeriksaan. . "Sejauh ini dari hasil pemeriksaan, semua yang diperiksa ini sudah memenuhi pasal di kitab undang-undang hukum pidana militer untuk diberikan hukuman tambahan berupa pemecatan dari dinas militer," kata Andika dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2020). . Ia mengungkapkan, pasal-pasal pidana yang dilanggar oleh para pelaku akan berbeda satu sama lain, sehingga hukumannya pun akan berbeda tergantung tingkat kesalahan. . Oleh karena itu, pihaknya pun memastikan akan memberikan hukuman tambahan kepada mereka semua berupa pemecatan. . "Lebih baik kita kehilangan 31 atau berapa pun prajurit yang terlibat apapun peranannya, daripada nama TNI Angkatan Darat akan terus rusak oleh tingkah laku tidak bertanggung jawab dan sama sekali tidak mencerminkan sumpah dan janji saat mereka menjadi prajurit TNI angkatan darat," terang Andika. . Tak hanya dipecat, Andika juga memastikan bahwa para pelaku harus mengganti rugi segala kerusakan dan seluruh biaya pengobatan para korban akibat ulah mereka. . Pihaknya akan membuat mekanisme khusus agar mereka yang menjadi tersangka dan terdakwa melakukan hal tersebut. . Artikel : Kompas

A post shared by 𝕹𝖉𝖔𝖗𝖔𝖇𝖊𝖎𝖎 (@ndorobeii) on

View this post on Instagram

#TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

A post shared by TNI AD (@tni_angkatan_darat) on

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s