Tidak Semua Keturunan Nabi Bertampang Arab , 2 Pendiri Ormas ini Contohnya

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Tahukah anda bahwa di Indonesia ini ada ribuan habib /keturunan nabi yang tentu saja semuanya tidak berprofesi sebagai penceramah atau ulama , ada yang jadi pengacara , guru , bahkan tukang obat .

Sebagian dari mereka bahkan tidak bertampang arab , bahkan cenderung berwajah jawa atau pribumi .

Jika kita hanya berpatokan bahwa asal ada darah keturunan nabi maka disebut habib maka akan ” mendegradasi ” gelar habib itu sendiri .

Mereka yang keturunan nabi itu pasti sayyid atau syarif tapi belum tentu habib .Habib sendiri artinya dicintai , di gunakan oleh alim ulama yang gelarnya diberikan oleh gurunya atau jamaahnya , jadi tidak boleh mengangkat dirinya habib .

Sebagai contoh adalah habib Syech Solo , beliau diberi gelar habib oleh habib Anis cucu dari habib ali bin Muhammad al habsy Hadramaut pengarang kitab Simtudurrar .

Dan tahukah anda siapa saja tokoh keturunan nabi yang tidak bertampang arab .

Kedua tokoh ini contohnya ,

Mereka adalah pendiri ormas terbesar di Indonesia , Hasyim Asyari dan Ahmad Dahlan .

Kenapa mereka tidak menggunakan gelar habib ? Kemungkinan karena nasab mereka terputus . Misalnya begini , jika ada laki-laki syarif dia harus menikah dengan syarifah (keturunan nabi perempuan) , begitu seterusnya .

Kalau nasabnya terputus misalnya menikah dengan pribumi , maka keturunan mereka akan menanggalkan gelar habibnya dan menggantikannya dengan kyai atau nyai atau raden atau tadak mas .

Seperti yang dituturkan oleh Ustad Adi Hidayat LC MA, ia menerangkan bahwa pendiri NU dan Muhammadiyah juga merupakan keturunan Rasulullah SAW.

Dalam sebuah tayangan video pengajiannya, Ustad Adi Hidayat mampu menyebutkan jalur nasab keturunan kedua ulama besar itu yang bersambung hingga Rasulullah.

Sebagaimana diketahui KH. Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan tidak memiliki ciri fisik orang Arab, akan tetapi mereka diketahui mempunyai nasab atau garis keturunan dari Rasulullah SAW.

Tidak banyak orang tahu bahwa dua orang ini merupakan keturunan Rasulullah Muhammad SAW,” kata Ustad Adi Hidayat LC, MA seperti dikutip dari channel Youtube Audio Dakwah yang diunggah 2 April 2018,

Dalam ceramahnya, Ustad Adi Hidayat juga menyebutkan nasab atau garis keturunan dari pendiri Muhammadiyah yang sebagai berikut:

1. KH Ahmad Dahlan Pendiri PP Muhammadiyah.

2. KH. Abu Bakar

3. Kyai Ilyas

4. Ki Demang Juru Kapindo

5. Ki Demang Juru Sapisan

6. Ki Ageng Gribig

7. Sunan Giri atau Raden Ainul Yaqin

8. Maulana Ishaq

9. Sayyid Syaikh Jumadil Qubro atau Jamaluddin Akbar Al-Khan

10. Sayyidina Muhammad Al Baqir bin

11. Sayyidina ‘Ali Zainal ‘Abidin bin

12. Al-Imam Sayyidina Hussain

13. Al-Husain putera Ali bin Abu Tholib dan Fatimah Az-Zahra binti Muhammad

14. Fatimah Az-Zahra

15. Nabi Muhammad SAW

Sedangkan pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari disebutkan oleh Ustad Adi Hidayat, sebenarnya masih saudara dari pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan.

Nasab mereka berdua bertemu di Maulana Ishaq yang bila ditarik ke atas merupakan sampai kepada Fatimah Az Zahra putri Rasulullah Muhammad SAW.

Dari beberapa literasi menjelaskan bahwa Kyai Hasyim Azhari , Gus dur , Said Agil Siroj , Ma’aruf Amin memang keturunan nabi dari marga Asmat khan atau Ashomat Khon yang waktu ke tanah jawa menikah dengan warga pribumi .

Di Indonesia sendiri sudah ada wadah atau organisasi yang bertugas mencatat warga negara yang masih keturunan nabi bernama Rabithah Alawiyah .

Namun yang perlu dicatat adalah bahwa tidak tidak semua keturunan nabi tercatat di Rabithah Alawiyah .

Semoga bermanfaat ,

Wassallamu’allaikum…

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s