Profil Kyai Abdul Ghufron Al Bantani Pengarang Kitab Samawi

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Beberapa ulama di tanah Nusantara telah banyak kita kenal karena keilmuan dan karangan kitab-kitabnya .Namun tidak banyak yang mengenal kyai yang nyentrik karena berambut gondrong ini .Beliau adalah cicit syaikh Nawawi Al Bantani yaitu Kyai Muhammad Abdul Ghufron Al Bantani al Jawi.

Kiyai pengarang kitab samawi dengan bahasa suryani ini, ternyata juga menguasai bahasa ibrani juga mengerti bahasa binatang bahkan bahasa jin pun beliau kuasaiبِسْــــــــــــــــــم الله الرحمن الرحيم
السّـــــلام عليکم ورحمة اللّه وبرکاتهSyekh Muhammad Abdul Ghufron Al-Jawi Al-Bantani. Kyai gaek yg selama ini selalu sembunyi di dalam terang, mulai di tahun 2020 kini mulai menampakan diri. Kyai yg terlahir dari racikan tangan Guru beliau, Mursyid Kamil Mukammil KH. M. Hasan Armin (Abuya Armin) Cibuntu Pandelang Banten (wafat 1409 H / 1998 M), ini mulai santer terdengar namanya.Dalam waktu yg relatif singkat kemunculan cicit Syekh Nawawi Al Bantani ini langsung menghipnotis banyak orang dan menggemparkan dunia per-Ulama-an di NUsantara.

Kyai yang pernah dikubur hidup-hidup selama 40 hari 40 malam, lalu melakukan perjalanan Musafir keliling nusantara dan banyak negara 40 tahun dengan BERJALAN NYEKER (Tidak beralas Kaki).

Salah satu gurunya, Abuya Mama Armin dgn Ijazah Thoriqoh Qodiriyyah Wanaqsabandiyyah dan dipesani oleh sang Guru : “Sebelum kamu mengenal Jati dirimu, dan bisa menyatukan umat islam, khususnya di Nusantara, jangan sekali2 kamu kembali ke Banten, karena perjalananmu ini adalah makna rahasia Thoriqoh Qodiriyyah Wanaqsabandiyyah yg tujuan untuk menyatukan Umat manusia, Jasad, Hati dan Ruh.”

Guru-guru Beliau Selama Musafira. KH. Hasan Amin ( Abuya Mama Armin) Banten
b. KH. Ahmad Syadzili ( Mama Cikisik ) Tasikmalaya
c. KH. Abdulloh Haq Nuh ( Aang Nuh ) Cianjur
d. KH. Zain Abdussomad (Aang Baden ) Cianjur
e. KH. Abdul Karim ( Mbah Makarim ) Boyolali
f. KH. Shiroj ( Mbah Shiroj ) Panularan Kertosuro
g. KH. Dalhar. Watu Congol Magelang
h. KH. Mukhlis Batu Ampar Madura
i. KH. Arwani. Kudus.
j. KH. Abdul Hamid Abdullah Pasuruan
k. KH. Abdullah Azza (Pak Azza) Lamongan
l. KH. Mbah Juned. Ngimbang Lamongan
m. KH. Ahmad Khudlori ( Mbah Dlori ) Gersik dan masih banyak guru-guru beliau yang tidak di sebutkan di lembaran ini baik dari Nusantara ataupun Luar Negri seperti Makkah, Madinah, Mesir, Baghdad, Cina dsb.

Setelah sekian lama bersembunyi, kini Murid dari Abuya Mama Armin Cibuntu ini mulai menampakan batang hidung nya. Kemunculan Kyai yang satu ini mencuri perhatian banyak orang. Selama sembunyi bertahun tahun lamanya, beliau menyibukan dirinya menulis kitab dgn menggunakan bahasa Suryani, dan kini beliau telah merampungkan 500 kitab.
Sontak saja kemunculan nya menjadi buah bibir dikalangan kyai muda dari berbagai pengasuh ponpes dan para santri.

Karya beliau “Kitab SAWAMI Kalam SURYANI” ditulis menggunakan bahasa yang terbilang langka, yaitu menggunakan bahasa Nabi Adam alaihis salam.Selain menguasai bahas suryani, sufi yang satu ini juga fasih banyak bahasa seperti Ibrani, bahasa burung, bahasa binatang buas, bahkan beliau juga menguasai bahasa jin.

Kyai yang akrab dgn sebutan ABUYA MAMA GHUFRON AL BANTANI atau ABAH GHUFRON, mengaku pernah dihubungi beberapa negara seperi Beirut (Lebanon), Turki, Mesir dan banyak lagi, yang menyatakan ketertarikannya untuk mencetak kitab-kitab karya beliau karena ditulis dgn menggunakan bahasa langka.Dan dapat dipastikan di era modern seperti saat ini hanya Abuya Mama Ghufron Al Bantani lah yang mampu menjinakan bahasa suryani. Ketertarikan tidak berhenti sampai disitu, beberapa negara di Timur Tengah pun menawarkan bekerjasama kepada beliau untuk mendirikan Universitas Suryaniah, universitas yg mempelajari bahasa Suryani.Mursyid TQN ini menjawab tawaran itu dengan elegan.

Unyut saya (Syekh Nawawi Al Bantani) menulis dan mencetak kitab ditimur tengah, saya Ghufron mau menulis kitab dan mencetaknya di tanah Jawa.Sebelumnya tawaran juga datang dari beberapa Ulama, yang menyatakan ketertarikannya untuk memiliki Kitab karya-karya beliau, tidak tanggung-tanggung sampai ada yang menawarkan tiga ratus juta rupiah untuk perkitabnya dari 500 kitab karangan nya.

Bisa dibayangkan berapa pundi-pundi uang yang bisa beliau dapatkan jika perkitab nya ditawar tiga ratus ribu rupiah?Dan beliau telah menyelesaikan lima ratus kitab. Jadi 300.000.000 x 500 ini nilai yang sangat fantastis bukan?

Tapi lagi-lagi tawaran itu tidak membuat beliau bergeming. Saya belum mendapatkan petunjuk langit untuk mengedarkan kitab ini, kalau pun suatu saat nanti kitab ini beredar hasilnya akan saya gunakan untuk membantu membayar hutang Negara, dan setengah lagi akan saya berikan untuk Rakyat.Karena saya kasih sayang semua yg ada di Negeri kita yaitu Indonesia, tutur pengarang HIZIB GHUFRONI ini.

Mendengar jawaban beliau, hanya bisa terdiam dan merenung, ternyata Kyai yang satu ini benar benar telah selesai dengan dirinya sendiri.Apa lagi melihat cinta bangsa dan Negara di dadanya sangat patut untuk dijadikan contoh sebagai pemantik menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda.

Rasanya sangat pantas dan tidak berlebihan jika SINUHUN PAKU BOEWONO XIII Memberikan gelar KEBANGSAWANAN baru-baru ini, apa lagi beliau juga berdedikasi tinggi, serta berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan kehidupan generasi muda penerus bangsa. Dengan cara menggratiskan total Pesantrennya kepada siapa pun yg ingin menimba ilmu Agama di pondoknya, adalah wujud nyata kepedulian beliau kepada sesama.Kyai nyentrik yg satu ini memang punya rasa yg berbeda.

Beliau selalu membuka pintu Pesantrennya kepada siapa pun yg ingin berkunjung. Bahkan setiap Rabu malam beliau juga menggelar pengajian rutin Kitab SAWAMI Kalam SURYANI di Aula Pesantren nya.

Ini menjadi bagian yg paling menarik, beliau selalu meyakin kan jama’ah nya dgn berkata :“KALIAN YANG PERNAH MENGINJAKAN KAKI di PONDOK SAYA, BAIK YANG KELIHATAN ATAU PUN YANG TIDAK KELIHATAN SAYA BERANI BERTANGGUNG JAWAB DI DUNIA dan AKHIRAT. DAN KALIAN YANG PERNAH MENGIKUTI PENGAJIAN KITAB SAWAMI SAYA SIAP BERTANGGUNG JAWAB di DUNIA DAN AKHIRAT, TAGIH SAYA di DALAM KUBUR”.

Tidak main-main , Mursyid TQN ini siap bertanggung jawab dunia akhirat. Ini yang membuat Kyai gondrong yang satu ini punya rasa yang berebeda dengan yang lain nya. Dengan kerendahan hati saya tidak bermaksud membanding bandingkan, tapi rentetan fakta dan penyataan yg rasanya sulit untuk terbantahkan.

Saya amat sangat merekomendasikan generasi muda agar meluangkan waktunya men-sowani beliau. Kalian akan sangat rugi kalau tidak pernah bertemu beliau, karena Ulama seperti ini sangat sulit dijumpai saat ini bahkan sudah tergolong langka.Semoga diberi kesempatan untuk sowan kepada Beliau .. aamiin 🤲🤲

Semoga diberi kesempatan untuk sowan kepada Beliau .. aamiin 🤲🤲

Pengasuh YPP “UNIQ”
KH. M. ABDUL GHUFRON AL-BANTANI

Sekretriat :

Jl. Petukangan Gg. VIII/09
Kel. Ampel, Kec. Semampir – Surabaya 60151
Jawa Timur

Jl. Dulamin Rt/Rw.01/01
Kel. Pamotan, Kec. Dampit – Malang 65181
Jawa Timur Telp: 085 258 203 814 081 233 950 111

Jl. Raya Saketi – Malingping, Cipeundeuy, Malingping, Kabupaten Lebak, Banten ,Malingping, Kabupaten Lebak, Banten

Semoga bermanfaat ,

Wassallamu’allaikumLibrary : http://detikkasus.com http://yppuniq99.blogspot.com and others shared by Al-Faqir Ahmad Zaini Alawi Khodim JAMA’AH SARINYALA

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s