Pawai Pembangunan kota Solo – 70 tahun Kemerdekaan ” AYO GLIDIK “

image

M2000 – Hari ini , dalam rangka memperingati 70 tahun kemerdekaan RI ,  Pemerintah kota Solo menggelar Karnaval yang disebut Pawai Pembangunan.

Pawai dimulai dari stadion Sriwedari melintasi jalan utama kota Solo Jln Slamet Riyadi dan diakhiri di balai kota Solo ( sekitaran Gladak , sebelah utara kraton Solo ) yang menempuh jarak sekitar 3 km.
Dari titik pusat lokasi hingga pusat perayaan di Balai kota, puluhan ribu masyarakat kota Solo dan sekitarnya tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilintasi pawai.

Lanjutkan membaca “Pawai Pembangunan kota Solo – 70 tahun Kemerdekaan ” AYO GLIDIK “”

Iklan

BEGAL DI SUKOHARJO-SOLO TEWAS DI HAJAR MASSA

image

M2000 – Pagi tadi sempet heboh dengan beredarnya kabar dan foto yang menyebar di jejaring sosial dan BBM temen-temen admin.
Katanya ada begal yang tewas di hajar massa pada malam seninnya.

Dan memang benar, kabar tersebut bukanlah hoax.
Memang ada seorang begal asal Teblong RT 003/RW 008, Desa Krajan,
Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Nanang
Kristanto, tewas dihakimi warga, Minggu
(8/3/2015) malam WIB.

Lanjutkan membaca “BEGAL DI SUKOHARJO-SOLO TEWAS DI HAJAR MASSA”

PASOEPATI SOLO ULTAH KE 15

image

M2000 – Suporter Pasoepati hari ini
berusia 15 tahun. Sejak dibentuk pada
tahun 2000 oleh Mayor Haristanto,
suporter asal Kota Solo ini sudah
beranggotakan puluhan ribu yang
tersebar di Solo Raya.
Hari ini, suporter yang mendukung tim Persis Solo ini mengadakan syukuran untuk memperingati hari ulang tahun yang ke-15. Syukuran ulang tahun Pasoepati digelar di Stadion Sriwedari Kota Solo.

Dalam rangka ulang tahun ke-15 Pasoepati (Pasukan Soeporter Solo Sejati), banyaknya ucapan selamat ultah dari berbagai kalangan mengalir, termasuk dari selebritis Darius Sinathrya melalui akun twitternya.
Hari ultah Pasoepati sempat membuat #Pasoepati15Red menjadi trending topic.

Lanjutkan membaca “PASOEPATI SOLO ULTAH KE 15”

PENAMPAKAN POCONG DI BOYOLALI BIKIN HEBOH

image

M2000 – Isu adanya penampakan pocong di daerah boyolali sangat santer diberitakan warga.Di jejaring sosial facebook , terutama di forum-forum /fans page dan juga BBM selalu saja ada yang membicarakan isu ini.

Bahkan portal-portal berita besar di Jawa tengah seperti Solopos, Joglo Semar dan juga portal berita nasional seperti sindonews, okezone dan merdeka.com pun ikut memberitakan berita heboh tersebut.

Isu penampakan pocong itu lokasinya di desa Dibal,
Ngemplak, Boyolali. Isu tersebut membuat  geger warga dan juga warga dari daerah lain yang penasaran ingin melihat dan membuktikan langsung penampakannya.

Lanjutkan membaca “PENAMPAKAN POCONG DI BOYOLALI BIKIN HEBOH”

MALAM 1SURO – live at solo

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Malam 1 suro…atau dalam islam disebutkan malam tahun baru muharam tentunya banyak di daerah – daerah yg merayakannya.
Nah dalam kesempatan ini masshar ingin berbagi artikel tentang perayaan malam 1 suro di solo.

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Muharam atau dalam tradisi jawa disebut bulan suro kraton solo menggelar kirab keliling kraton dan sebagian jalan utama solo. Bulan Suro sendiri menurut kepercayaan kejawen memiliki nilai mistis yang tinggi
karena pada tanggal ini masyarakat percaya bahwa para dewa sedang punya hajatan. Maka tidak ada satu
orangpun yang berani mengadakan hajatan di bulan ini….

Nah..langsung saja deh liputan perayaan malam 1 suro semalem..

image

image

pengunjungnya membludak massbro.
kalau boleh dibilang lebih ramai daripada malam tahun baru masehi…puluhan bahkan ratusan ribu warga dari berbagai kota disekitar kota solo tumpah ruah disini…disepanjang jalan yang dilewati kirab..yang dikasih tanda dengan dipasangnya janur melengkung.
Kenapa saya yakin kalau ini lebih meriah dari tahun baru masehi..alasannya sederhana..kalau tahun baru masehi biasanya kan yang merayakan anak- anak muda…nah kalau yang ini semua usia , semua golongan ikut berpartisipasi…saya sendiri pun ikut berdesak-desakan dengan bapak- bapak dan ibu-ibu yang punya niat sama nonton kebo bule.
Padahal sih kita setiap haripun juga biasa lihat kebo bule ini di alun-alun kidul…lha wong emang kandangnya disitu.
Tapi kalau ini kan lain…kebonya di arak bersama kirab atau pawai para abdi dalem dengan pakaian khas jawa yang mengikuti dibelakangnya dengan nyeker ( tanpa alas kaki ).
sebenarnya di jogjapun ada tradisi ini..cuman tidak ada kebo bulenya.
Bener- bener seru..acara puncak yaitu kirab kebo bule dimulai pukul 01.00 …wah..warga tidak sabar sepertinya seperti saya…nunggu lama banget…padahal jarak saya berdiri dengan kraton tidak begitu jauh…
Kirab pusaka dicucuk lampahi atau di pimpin oleh dekapan ekor kerbau bule keturunan Kiai Slamet.
Kerbau kerbau tersebut merupakan kerbau bule pusaka keraton.
Iring-iringan kirab dimulai dari Kori Kamandungan (pintu utama) menuju ke alun-alun Utara melewati rute
yang ditentukan, 8 kerbau bule menjadi cucuk lampah (pemimpin) barisan diikuti ratusan abdi dalem yang
membawa obor dan tombak prajurit.
Kemudian sekitar pukul 01.30 kebo nya lewat…diawali dengan mogenya polres.
..mobil polres dan perwakilan dari polres yang membawa toa…meminta warga yang berdesak-desakan untuk memberi jalan kpd peserta kirab.
Saya sendiri sempet ditegur petugas saat menyalakan kamera memakai blitz..ternyata tidak boleh massbro ( aturannya )…takut kebonya ngamuk kali..
yo wis cahaya ( blitz ) dimatiin…

image

Nah pas kirab lewat…ternyata suasananya jadi sepi massbro…hening…tidak seperti sebelumnya yang riuh orang becanda…

image

image

image

image

gambarnya sedikit massbro..soalnya susah banget mau ngambil gambar….udah gitu kamera hape china ini gak mendukung bgt buat ngambil gambar di malam hari..kurang tajam.

Acara baru berakhir sekitar pukul 02.00..dan banyak warga yg ikutan berjalan kaki mengikuti rombongan kirab…tapi gak nyeker…alias menyemarakkan saja.. , saya sendiri dan rombongan pulang pukul 02.30.. nunggu agak sepi…lha wong  ribuan motor ngumpul jadi satu..gimana gak macet..

image

Oya sampai lupa…sebelum puncak acara tadi ..di setiap sudut jalan banyak yang menggelar acara alias panggung…ada yg keroncongan…rebana bahkan pengajianpun ada…rame deh pokoknya.

Oke mass bro…semoga di tahun baru ini …kita menjadi insan yang lebih baik.
Bagi warga solo dan sekitarnya …kita bertemu tahun depan lagi disini….di solo kita…The Spirit Of Java.
Jadikan kirab ini hanya sebagai budaya dan tradisi..dan jangan pernah ada unsur kesyirikan…

Selamat Tahun Baru Muharam.

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷