TEKNOLOGI INJEKSI – MEMBUNUH BENGKEL RUMAHAN

Selamat pagi,siang,malam buat bro sis semuanya, kpn saja kamu baca artikel ringan ini..
Buat kamu2 yg kesehariannya menggunakan sepeda motor..kamu mesti tahu sedikit2 tentang dunia motor…minimal kerusakan2 kecil, apalagi yg sering pulang malem dan maaf “wong ndeso” ky saya, setiap bolak-balik kerja lewat jalan2 sepi dan tdk ada bengkel buka…
Well..gimana ya seandainya rusak, atau minimal ban bocor dulu deh…Oke, tentu saja kt tdk mungkin membawa ban serep ky mobil kan.,jadi solusinya adl segera pasang ban tubless pd motor kamu..selain tapak ban lebih nempel ke aspal, ban ini jg gak bakalan kempes kl cuman tertusuk paku..krn karet yg kuat mencengkeram paku yg menancap..setelah sampai di tempat tambal ban tubles baru lepas tu paku dan tambal deh..kelar…mudah dan aman kan?

Oke sekarang masalah sesungguhnya,yaitu jika motor kita injeksi..
Kebanyakan bengkel2 rumahan adl bengkel2 standart. Jadi blm memiliki alat untuk diagnosa mtr injeksi..
Oya alat injeksinya honda namanya HIDS (Honda injection Diagnostic Tool),alat ini khusus untuk motor honda yg dijual kisaran 3,6 jt..spt yg saya dpt info dr jual beli online ini.

image

” Dijual alat HIDS (Honda
Injection Diagnostic
Tool) alat pengecek
sistem injeksi yang
canggih untuk semua motor
Honda.
Kelengkapan :
1. unit HIDS
2. Kabel DLC-DB9
3. Buku Manual (petunjuk
pemakaian)
4. Tas
Harga promo 3,6 juta.”

Sedangkan untuk yamaha namanya beda lagi, sebenarnya fungsinya sama yaitu untuk mendeteksi perangkat injeksi..

Ok,kembali ke topik awal tentang kerusakan motor.
Dgn harga yg jutaan itu tentu tdk semua bengkel rumahan bisa memilikinya..alhasil bengkel rumahan lama2 mulai ditinggalkan..yang salah siapa? Teknologikah?
Mmm.. Tentu kita tdk bs menyalahkan teknologi..dgn adanya sesuatu yg baru tentu akan mengorbankan yg lama..(sudah hukum alam).
Dan bengkel2 rumahan hrs mengikuti perkembangan ini,supaya bengkelnya punya alat injeksi..krn kedepannya semua motor akan injeksi sesuai aturan euro3 dari pemerintah.
Tapi lagi2 masalah harga brosis, tdk semua bengkel rumahan sanggup membeli alat semahal itu, tentu dgn pertimbangan untung rugi dong.
Mmm…jadi gimana donk?
Yah…itu terserah yg punya bengkel,bagi kita para motomania alias bikers..tentunya jg pingin kl setiap bengkel rumahan tu punya alat injeksi..
Coba bayangkan, jk kamu pas jalan malem,tiba2 motor mogok,injeksi lagi..wadew bs berabe kan, paling2 dorong sampai rumah..gempor brosis..

Yah, itulah masalah yg bisa saja terjadi di setiap pemilik motor injeksi…
Disatu sisi motor ini lbh irit dan minim perawatan, tp di lain sisi jg, motor ini jg hrs ke diler resmi buat service…kalau malam?

Mmm…dari analisa saya pribadi, sepertinya bengkel2 rumahan akan byk yg gulung tikar,.miris memang, jika itu satu2nya mata pencaharian mereka..
Mereka hanya akan menjadi montir2 motor tua(karbu)..tapi menurut pengamatan saya..saat ini msh byk org yg masih lebih percaya dan suka karbu dibanding injeksi..jadi untuk 2-5 tahun kedepan, bengkel2 rumahan msh bisa bertahan…tetapi untuk 5-10 th kedepan diprediksi akan gulung tikar..jk msh berkutat ke motor karbu,..sedih ya..tp gimana lagi kt tdk bisa menyalahkan teknologi..

image

Jadi..dari uraian panjang lebar tersebut dpt ditarik kesimpulan bahwa :
” TEKNOLOGI INJEKSI MEMBUNUH BENGKEL RUMAHAN ”

Hehehe,.. judulnya serem yak ?

Powered by:http://masshar2000@facebook.com

22 tanggapan untuk “TEKNOLOGI INJEKSI – MEMBUNUH BENGKEL RUMAHAN”

  1. mari jadi karbumania macam saya….biaya sparepart murah….lifetime mitorcycle…
    karbu still the best…..

    Suka

  2. Bengkel umum harus lbh kreatif, ga gengsi tambah skill+pengetahuan & tentunya peralatan yg up to date kl mau maju & bersaing dg bengkel resmi. Kalo ga ya segitu2 aja… standar2 wae, hehe.

    Suka

  3. Tapi di sisi lain, karena tidak semua bengkel sedia alat tsb, motor injeksi yg mengalami kerusakan jg tidak mudah menemukan bengkel yg bs menangani. Apalagi bengkel besar susah ditemui di desa2…

    Suka

  4. Emang saat ini harga toolnya masih mahal soalnya kan masih panas”nya….ntar kalo da lama” hrgnya pasti turun kalo produksinya da massal…..tentunya bengkel umum pun pasti akan memilikinya…..mungkin setahun lg akan keluar tool yg bisa buat segala motor injeksi….
    Motor injeksi lebih banyak rewelnya di bandingkan motor yg menggunakan karbu,jd pastinya msh banyak yg akan menggunakan karburator……pengguna motor injeksi cuma 5% ajha……
    tdk bisa di pungkiri,cara perbaikan motor injeksi lebih cepat asalkan ada toolnya….tdk perlu bongkar kiri kanan…cuma itu ajha kelebihannya…kalo masalah iritnya cuma beda tipis aja….

    Suka

    1. diprediksi sih 2-3 tahun kedepan..akan imbang…dan 5 tahun lagimotor karbu akan jadi motor tua..secara sekarang pabrik udah stop produksi.ky sekarang ibarat motor 2 tak juga udah langka..krn emang pabrik gk produksi lagi…tinggal ninja doang yg msh dijual.

      Suka

  5. Wah dengar2 malah..klo di india motor injeksi kalah laku ketimbang motor karbu…..kok di indo malah sebaliknya……ndlongop tenan….ngowoh

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: