TiPS iRiT BBM -Kenali motor kamu

Assallamu’alaikum mass n’ miss sadayana.

Ngomongin soal motor tentu gak ada habisnya,karena dari sebagian besar kita pasti lbh banyak yg menggunakan motor dibanding mobil(namanya jg di negara berkembang),apalagi dibanding naik sepeda ontel..yg smakin antik dan menjadi barang langka,,kecuali sepeda sport yg kadang seharga motor.
Nah ,tentunya kita yg setiap hari mengendarai motor,harus mengeluarkan uang extra buat beli bensin.Kalau sehari cuma seliter sih mungkin tdk begitu dipermasalahkan,tp gimana jika setiap harinya bisa 2-3 lite
r karena rumah jauh..nah ini masalahnya.
Tapi bagaimana lagi,wong buat cari nafkah..oleh karena itu pilihlah motor yang irit BBM..gak usah motor yg ber
cc besar kalau itu untuk tiap hari.
,tp jika tetap pingin punya motor sport yg ber CC besar dipakai sekali-sekali aja kalau pas jalan-jalan .
Dan berdasarkan data penjualan motor nasional ternyata motor matic yg paling melonjak dan booming ,lihat aja di jalanan sekarang,semua orang gak tua,gak muda,gak cewe,gak cowok (bencong donk)…semua pakai matic.
Motor matik saat ini memang sedang digandrungi masyarakat.

image

Jalanan yang makin macet membuat para rider beralih dari motor bertransmisi manual seperti motor bebek dan sport, ke transmisi otomatis karena lebih praktis.
Dan ternyata banyak lho cewe yang gak bisa naik motor manual,ternyata matic bisa,seperti temen2 kerja masshar di kantor.
Tapi di tengah populernya motor matik, kini pengguna bakal dibuat sedikit repot, lantaran pemerintah akan menaikkan harga BBM subsidi, yang diperkirakan berlaku dini hari nanti..tepatnya hari jum’at legi 21 juni 2013 jam 22.00 wib atau jam 10 malam. Dan ternyata dari tadi sore antrian di semua SPBU mengular,termasuk yg biasanya sepi karena suka mengurangi takaran bensin pun ikut rame.
Baiknya Untuk matik yang telah dilengkapi sistem fuel injeksi, bahan bakar bukan lagi persoalan serius. Tapi, untuk tipe yang masih menggunakan karburator, matik lebih boros BBM dibanding motor bebek.
Tapi, dengan sejumlah rekayasa, ternyata motor matik (tipe karbu) bisa kencang dan irit bahan bakar. Berikut tips nya :

1.bersihkan karburator secara rutin, minimal sebulan sekali. Karburator mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, sehingga perlu bersih. Saat karburator kotor akan membuat suplai bahan bakar tersendat.

2.ganti oli mesin motor secara berkala dengan jarak tempuh kurang dari 3.000 km. Dengan mengganti oli, komponen yang saling bergesekan tidak cepat aus yang bisa mengurangi kecepatan. Penggantian oli juga akan membuat performa mesin tetap bagus dan halus.

3. gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi( disesuaikan kompresi motor) seperti Pertamax maupun Shell Super. Dengan oktan tinggi, bahan bakar cepat meletup dan terbakar sempurna. Selain itu, oktan tinggi tak banyak menimbulkan kerak pada mesin.

Agar konsumsi bahan bakar lebih irit,  jangan menghentakkan gas. Putarlah gas seperlunya dan kurangi pengereman(jangan sering ngerem yg gak perlu ..seperti orang baru belajar naik motor.

Setelah motor matik Anda lebih irit, pasti ingin merasakan bagaimana  larinya?
Berikut tips untuk membuat motor matik bisa berlari kencang:

1.mengganti roller pada bagian dalam Continuously Variable Transmission (CVT). Karena, dengan mengganti roller, performa tarikan akan lebih bertenaga. Gantilah dengan roller standar, misalkan roller yang digunakan 11 gram, maka Anda ganti menjadi 10 gram.

Roller ini berguna untuk memberikan tekanan keluar pada variator, sehingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive, sehingga motor dapat bergerak.

2. bersihkan busi, dengan begitu pada sektor pengapian akan lebih sempurna, sehingga pembakaran di ruang mesin menjadi lebih baik karena kualitas percikan busi meningkat.

3.mengganti fanbelt dengan ukuran yang lebih tebal dan keras, hal tersebut dapat membuat tarikan lebih responsif.

4.mengganti koil, hal ini guna memberikan percikan api yang lebih maksimal pada pengapian.

5.ganti CDI. Meski CDI standar bawaan pabrik sudah baik, ada baiknya diganti dengan merek lain yang lebih mendongkrak performa.

6. kurangi bobot berlebihan, hindari pemakaian aksesori berlebihan yang dapat menambah beban saat motor berlari. Sebaliknya gunakan variasi yang lebih ringan seperti velg aluminium(kalau perlu diet jg boleh…hehehehe).

Nah mass miss semua pastinya pingin motornya irit dan performa tetap terjaga kan?Mangkanye massbro,motor jgn di neko-nekoin,,dan tahu gak insinyur2 jepang itu ampe botak buat bikin motor irit,eh di indonesia malah pada dibikin boros biar kenceng katanya..padahal speed cuman nambah dikit.
Coba terapkan tips diatas pada motor kamu…..dijamin motor ngacir dan dompet dikantong tetap tebal…kalau ada saran atau tips lain, silahkan di share disini….mari berbagi….

Library: berbagai sumber dan pengalaman pribadi
Powered by :http://masshar2000@facebook.com

Iklan

9 tanggapan untuk “TiPS iRiT BBM -Kenali motor kamu”

  1. motor gue beat karbu
    Klo keadaan mesin mati aq dorong kok ada bunyi kemresek kayak motor non matic yg rantainya udah tua/karatan.mohon infonya gan.

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s