TRADISI MUDIK DAN DAFTAR MUDIK GRATIS 2013

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik sendiri
berasal dari bahasa jawa ” Mulih Disik ” yang artinya pulang dulu.Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar
keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik hanya ada di Indonesia.
Sebenarnya di negara berumpun melayu melakukan tradisi ini ,tapi mungkin namanya aja yg beda, di cina juga ada tradisi mudik saat gong xi fat cai, atau tahun baru cina dan menjadi tradisi pulang kampung terbesar di dunia, konon berjumlah 1 milyar lebih keturunan chinesse dari berbagai penjuru dunia kembali ke negara china ..kalau di india juga ada, cuman namanya apa dan pas hari besar apa, saya lupa.
Dan india ini paling extreme massbro, kl di indonesia biasanya pada bergelantungan di kereta api, di india bergelantungannya di kapal…tahu sendiri kan, india biarpun negara daratan , tapi sungainya besar-besar dan panjang, mungkin kalau di indonesia seperti borneo atau pulo kalimantan.

image

Tapi anggap saja mudik ini adanya hanya di indonesia, lha wong asalnya dari basa jawa ” mulih disik “., emang di india ama china ada tembung mulih disik…ndagel.
Oya massbro konon tradisi mudik ini dipopulerkan pertama kali oleh sunan bonang…( belum ada bukti otentik ).
Oke massbro , yg kebetulan besuk pada mau mudik, hati-hati di jalan ya..dan berikut daftar instansi dan partai yg menyelenggarakan mudik gratis :

1.PT.JITC
Warga Jakarta Utara yang ingin mudik ke
tujuan Surabaya dan Malang tahun ini, bisa
menggunakan bus gratis yang disediakan pengelola terminal peti kemas, PT Jakarta International Container Terminal (JICT).
“Untuk melengkapi momen berbagi tahun ini, JICT menyediakan 28 unit bis tujuan Surabaya dan Malang untuk masyarakat yang ingin merayakan lebaran di
kampung halaman,” kata Presiden Direktur JICT, Albert Pang dalam keterangan tertulisnya.
Selain menyediakan, bus gratis, JICT juga menyalurkan santunan ramadan bagi anak yatim dan dhuafa di wilayah Koja Jakarta Utara.
Selain itu bantuan Al- Quran, sajadah, baju koko dan sarung juga diberikan kepada masjid dan pengurusnya di wilayah pelabuhan Tanjung Priok. “Kami menaruh perhatian yang besar kepada anak-anak yatim ini karena mereka merupakan aset masa depan bangsa. Dukungan mereka dan masyarakat menjadi motivasi bagi kami dalam menjalankan bisnis,” ujar Albert.

2. PARTAI HANURA
Bagi masyarakat yang tidak mempunyai
biaya cukup tapi tetap berkeinginan untuk mudik ke kampung halaman tidak perlu khawatir. Pasalnya, Partai Hanura menggelar acara mudik gratis ke berbagai daerah.
“Kita menyelengarakan mudik gratis untuk jurusan Surabaya, Semarang, Solo ,Yogyakarta, Cirebon, dan Tasikmalaya,” ujar Kepala Bidang Bapilu Partai Hanura,
Wijaya Kusuma.
Persyaratan yang diajukan tidak rumit. Bagi masyarakat yang berminat ikut mudik gratis bareng Hanura cukup dengan cara menyerahkan salinan Kartu Tanda Penduduk yang nantinya ditukar
dengan tiket di kantor DPW Perindo DKI Jakarta, Jalan Kota Bumi No 15, Jakarta Pusat.
Pendaftaran mulai dibuka mulai tgl 1 agustus 2013.
HANURA menyediakan tiga bus ke daerah Surabaya melewati Yogyakarta, empat bus disediakan ke daerah Cirebon,
dan tiga ke daerah Tasikmalaya,jadi total ada 10 bus siap dioperasikan.
Adapun pemberangkatan para pemudik ke daerah tujuan akan dilakukan pada Minggu 4 Agustus 2013 sekitar pukul 10.00 WIB di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

3. PARTAI AMANAT NASIONAL
Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar
mudik gratis menjelang Idul Fitri 1434 H tahun ini.
Mudik gratis yang rencananya dimulai pada 3 Agustus 2013 itu rencananya bakal dilepas oleh Ketua Umum
PAN Hatta Rajasa.
“Di tahun 2011 mengangkut lebih 5.000 pemudik, 2012 sebanyak 10.250 pemudik, dan pada tahun ini direncanakan lebih dari 13.559 pemudik,” ujar Wakil
Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN, Laurens Bahang Dama.
Dia membantah jika program mudik gratis ini sebagai bentuk pencitraan, melainkan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian kepada rakyat. Adapun pemudik gratis ini
berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).
“Tujuan terbanyak pemudik yakni Jawa Tengah 8.296 pemudik, Jawa Timur 3.245 pemudik, DIY sebanyak 895 pemudik, Jawa Barat 335 pemudik, Lampung 124 pemudik dan Sumatera Selatan tujuan Lahat dan Palembang 295 pemudik. Total bus yang
dikerahkan sebanyak 255 armada, dan semuanya bus eksekutif.

4.Kementrian Perhubungan
Sebanyak 6.000 unit sepeda motor akan
diberangkatkan dalam program Operasi Mudik Gratis Sepeda Motor 2013 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.
Dalam rilis yang diterima, disebutkan ada 13 titik kota tujuan Mudik Gratis Pengguna Sepeda Motor di antaranya Lampung, Yogya, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Cirebon, Tegal, Magelang, Tasikmalaya,
Cilacap, Solo, Purwokerto dan Semarang
(menggunakan Kapal Ro-Ro ASDP).
Pendaftaran untuk program ini sudah dibuka sejak 16 Juli sampai 1 Agustus 2013 di Kementrian Perhubungan, dan Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang dan Depok.
“Syaratnya adalah memiliki sepeda motor, maksimal pengendara 2 orang dewasa dan satu orang balita, fotokopi KTP, SIM dan STNK, serta pada saat penyerahan, sepeda motor dalam keadaan tangki kosong dan dalam keadaan standar,” kata Direktur
Keselamatan transportasi Darat Kemenhub, Hotma.
Hotma menuturkan program ini merupakan salah satu antisipasi untuk mengurangi angka kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor.
Kata Hotma, akan ada 35 unit truk yang akan mengangkut motor dan 80 unit bus yang siap membawa masyarakat pulang ke daerahnya. “Jadi
pemberangkatan pemilik motor dan motor berbeda.
Motornya akan diberangkatkan terlebih dahulu, baru kemudian pemilik motornya yang akan diangkut.
Untuk pemberangkatan gelombang I, , yakni
tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Solo, Purwokerto, motornya akan diberangkatkan pada tanggal 2 Agustus 2013 dan penumpangnya akan
diberangkatkan pada 3 Agustus 2013.
Sementara untuk pemberangkatan gelombang II yakni tujuan Cirebon, Tegal, Magelang, Tasikmalaya, dan Cilacap, Motor akan dikirim pada tanggal 4 Agustus 2013..dan penumpang akan diberangkatkan 5 agustus 2013.
Disamping itu jg masih banyak  lagi yg menyelenggarakan mudik gratis missalnya honda dan yamaha, tentunya wajib pake STNK nya.

Ocre bro…mudah-mudahan selamat sampai kampung halaman dan menjadi mudik yg menyenangkan.
Kalau masshar sendiri udah gak mudik lagi, lha wong sekarang udah di kampung halaman, bosen mudik lagi dah nyaman hidup didesa…sembilan tahun di ibukota dah cukup , capek massbro…tapi menyenangkan sih…hehehe

Powered by : http://facebook.com/masshar2000

Iklan

6 tanggapan untuk “TRADISI MUDIK DAN DAFTAR MUDIK GRATIS 2013”

  1. luar biasa ya ternyata penanganan pulang kampung ini. sukurnya sy pulkam gak jauh2 banget, cukup dua jam perjalanan kalo lancar

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s